Tips Membuat Pondasi Mezzanine Menggunakan Besi Beton

tips-membuat-pondasi-mezzanine-menggunakan-besi-beton

Mezzanine berfungsi sebagai ruang tambahan yang membuat rumah tampak lebih menarik dan terbuat dari besi beton yang kuat.

Mezzanine, tentunya tak asing bagi hunian modern. Dimana mezzanine berfungsi sebagai ruang tambahan yang membuat rumah tampak lebih menarik. Mezzanine sendiri merupakan lantai yang posisinya berada di tengah, yaitu diantara lantai bawah dan plafon, dengan luas sepertiga dari ruangan.

Menurut arsitektur Prancis, mezzanine diartikan juga sebagai ruangan yang dibuat dengan menggunakan partisi, tapi tidak naik ke langit-langit. Pada awalnya dulu, mezzanine digunakan hanya untuk bangunan pabrik atau gudang.

Karena bangunan  ini biasanya mempunyai plafon yang tinggi. Jika ingin menambahkan lantai di gudang dan pabrik, maka akan dibuat lantai mezzanine dengan konstruksi sementara atau semi permanen. Sehingga mudah untuk dimodifikasi. Tapi, sekarang mezzanine banyak digunakan juga pada bangunan gedung perkantoran, toko, apartemen, hotel dan rumah.

Anda tertarik untuk menerapkan mezzanine untuk hunian Anda agar tampak menarik? Simak tips membuat mezzanine menggunakan besi beton beserta manfaat dari mezzanine berikut ini!

Baca Juga: Besi Beton, Penguat Dalam Konstruksi Beton

Tips Membuat Pondasi Mezzanine Menggunakan Besi Beton

Inilah tips yang bisa Anda terapkan bila ingin membuat tampilan rumah Anda lebih menarik dengan pondasi mezzanine:

1. Pastikan Luas Ruangan Mencukupi

Biasanya area yang digunakan untuk mezzanine seluas sepertiga ruangan pada rumah Anda. Karena itu, Anda harus pastikan luas ruangan rumah Anda mencukupi untuk mezzanine, sehingga keberadaannya tidak membuat suatu ruangan jadi sempit.

2. Perhatikan Tinggi Ruangan

Disamping luas ruangan, tinggi ruangan juga tak kalah pentingnya agar mezzanine tidak tampak menyesakkan. Menurut Impresive Interior Design, tinggi minimal untuk ruangan tempat mezzanine dibuat ialah 440 cm, karena mezzanine nantinya akan mengambil sekitar 210 cm bagian termasuk langit-langit.

3. Tentukan Fungsinya

Setelah tahu luas ruangan yang akan dibuat mezzanine, lalu tentukan fungsi atau kegunaan dari lantai mezzanine tersebut. Bila lantai mezzanine rumah Anda cukup luas, Anda dapat menggunakannya untuk kamar anak-anak, ruang bersantai atau ruang kerja. Tapi bila luas Mezzanine terbatas maka dapat Anda manfaatkan untuk perpustakaan atau tempat mebaca.

4. Pencahayaan

Mezzanine ialah sebuah ruangan terpisah yang terhubung dengan ruangan utama. Jadi pencahayaan pada mezzanine sebaiknya menyesuaikan pada fungsi mezzanine agar tidak mengganggu ruangan lain atau  mengganggu ruangan yang berdekatan.

5. Perhatikan Ruangan Dibawahnya

Ketika membuat mezzanine, area atau ruangan pada bagian bawahnya akan memiliki langit-langit yang rendah. Agar aktivitas di  bawah mezzanine tidak menjadi terbatas, sebaiknya berikan pencahayaan yang cukup dengan menambahkan kipas angin bila diperlukan.

6. Material Yang Dipakai

Terdapat 4 jenis material yang biasa digunakan untuk membangun mezzanine, yaitu besi, beton, baja dan kayu.  Anda perlu kayu berkualitas baik dengan ketebalan yang cukup supaya mezzanine dapat berdiri kokoh. Beton sendiri merupakan material yang sering diandalkan kekuatannya.

Sedangkan baja dan besi adalah material yang dapat diterapkan. Apapun material yang dipilih, sesuaikanlah dengan desain interior rumah Anda agar hunian tampak menarik, cantik dan serasi.

Manfaat Pemasangan Mezzanine

Bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan, namun mezzanine juga memiliki manfaat lain yaitu:

  • Memanfaatkan area yang tidak terpakai dalam rumah dengan hemat biaya
  • Dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, ruang kerja, kamar tidur tambahan, ruang anak-anak, ruang bersantai, dan lain sebagainya.
  • Pilihan desainnya yang fleksibel menjadikan Anda dapat memilih mezzanine sesuai keperluan.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Beton Untuk Konstruksi Bangunan

Nah, itulah informasi mengenai tips membuat pondasi mezzanine menggunakan besi beton. Semoga bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan tampilan yang lebih menarik dan selaras.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu