7 Desain Rumah Konstruksi Baja dan Keunggulannya

Desain Rumah Konstruksi Baja dan Keunggulannya KPS Steel distributor besi jakarta

Saat ini banyak orang tertarik dengan desain rumah konstruksi baja, selain mengutamakan nilai estetika pada bangunan, penting juga untuk menjaga agar konstruksi tetap kuat dan kokoh. Karena bangunan akan berdiri dalam waktu lama, penting bagi Anda untuk memperhatikannya.

Meskipun menggunakan konstruksi baja pada hunian Anda, bukan berarti desain rumah akan terlihat kaku dan kurang menarik. Nyatanya banyak sekali desain inspiratif yang pastinya akan cocok jika Anda mengaplikasikannya, maka dari itu kami akan memberikan beberapa desain.

Desain rumah konstruksi baja cukup diminati saat ini, terutama para generasi muda yang saat ini sedang membangun hunian bagi keluarga mereka. Banyak sekali desain inspiratif yang patut dicoba, dan pastinya dapat disesuaikan kembali dengan selera Anda sendiri.

Dalam memilih desain pada hunian, tentu saja Anda perlu menentukan konsep yang diinginkan, agar suasana rumah nantinya terasa positif dan nyaman untuk ditempati. Namun jangan lupa dengan kekuatan bangunan itu sendiri, jangan sampai Anda salah dalam memilih konstruksi.

Desain Rumah Konstruksi Baja

Selain memiliki berbagai desain unik dan menarik, penggunaan baja pada sebuah bangunan juga bisa menghemat pengeluaran anggaran Anda. Pastinya biaya anggaran yang membengkak saat membangun hunian, menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri yang dialami oleh pemilik.

1. Minimalis Kotak

Salah satu desain menarik dan tidak pernah lekang oleh waktu adalah minimalis, desain ini cukup digemari karena penghuni tidak akan pernah bosan dan lebih mudah memadukannya dengan berbagai jenis furniture ataupun ornamen lainnya didalam rumah.

Jika Anda bosan dengan rumah bergaya minimalis, cobalah untuk membuatnya berbeda dengan membuat denah pada bangunan berbentuk kotak dengan sudut 90 derajat.

2. Melengkung

Desain rumah konstruksi baja lainnya yang menarik untuk dicoba adalah membuat atap/pondasi berbentuk melengkung, Anda bisa membuat dinding pada muka dengan ukuran lebih tinggi. Lalu di bagian belakang lebih rendah, dan pada bagian dinding terdapat garis membentuk atap.

3. Asimetris

Desain selanjutnya adalah asimetris, biasanya gaya ini banyak diterapkan oleh arsitektur modern untuk lebih menonjolkan atap dari bangunan. Dengan tatanan asimetris, rumah akan terlihat lebih menarik meskipun Anda perlu menyiapkan dana lebih tinggi karena lebih banyak bahan yang dibutuhkan.

4. A-Frame

Desain rumah konstruksi baja selanjutnya A-Frame, model ini memang masih jarang diterapkan pada hunian pribadi. Namun tidak ada salahnya untuk Anda menggunakan desain tersebut, A-Frame memiliki model atap yang menyatu dengan bangunan rumah.

Pemilik bisa menggunakan konsep Mezzanine di dalam rumah, nantinya ruangan tersebut akan berada di tengah rumah dan membelah menjadi dua yaitu bagian atas dan bagian bawah.

5. 2 Lantai Minimalis Modern

Hunian dengan dua lantai bisa membuat space menjadi lebih besar, akan lebih menarik jika Anda bisa menerapkan desain minimalis modern dengan konstruksi baja. Dari luar hunian Anda akan terlihat menarik, dan didalamnya akan lebih banyak ruang untuk membuat berbagai ruangan.

6. Industrial Home

Desain rumah konstruksi baja bisa menjadi inspiratif ialah industrial, bangunan yang terlihat belum selesai dibangun ini memang memiliki kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Anda bisa lebih menonjolkan konstruksi bangunan, dengan memperlihatkan semen, bata ataupun besi.

Pemilik juga bisa menggunakan kayu sebagai aspek pada hunian, yang akan membuat rumah terasa lebih homey dan nyaman untuk ditinggali.

7. Industrial ala Europe

Jika ingin mencoba industrial bergaya Europe, Anda bisa mencari tau berbagai desain menarik meskipun desain ini masih jarang diterapkan di Indonesia. Biasanya konstruksi bangunan terlihat asimetris, namun masih menerapkan konsep serupa.

Baca Juga: Kenali Ragam Jarak Anyaman Besi Cor Dak yang Ideal

Keunggulan Rumah Konstruksi Baja

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa penggunaan baja pada bangunan dinilai lebih bisa menghemat pengeluaran. Namun masih banyak keunggulan lainnya yang bisa Anda dapat, jika mengaplikasikan baja pada konstruksi bangunan yang akan meningkatkan nilai estetika.

1. Stabil dan Kokoh

Desain rumah konstruksi baja bisa membuat bangunan lebih stabil dan kokoh, apalagi jika Anda menginginkan bangunan yang bisa bertahan selama bertahun-tahun. Terlebih lagi jika pemilik membangun hunian di tanah yang kurang stabil, atau berada di dataran tinggi atau pegunungan.

2. Ringan

Rumah dengan konstruksi baja dianggap lebih ringan, sehingga lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakan baja ketimbang kayu. Saat ini Anda juga bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko material, dengan kualitas dan harga yang dapat disesuaikan.

3. Daktilitas Tinggi

Desain rumah konstruksi baja memiliki daya daktilitas tinggi, dimana elastisitas baja lebih tinggi bahkan bisa meregang sampai putus, sehingga lebih direkomendasikan jika digunakan pada bangunan yang menopang beban berat.

4. Keuangan Terjaga

Selain itu biayanya yang lebih murah, membuat Anda akan lebih tertarik untuk memilihnya. Dari segi harga, baja memang menduduki posisi pertama ditambah berbagai kelebihannya, selain itu material ini sangat awet dan waktu pembaruannya terbilang lama.

5. Proses Pembangunan Lebih Cepat

Desain rumah konstruksi baja memiliki waktu pengerjaan relatif singkat, karena pemasangan baja pada bangunan sangat mudah.

6. Ramah Lingkungan

Baja yang sudah digunakan bisa didaur ulang dan digunakan kembali, karena itulah pemilihan material ini sangat direkomendasikan, tidak hanya menguntungkan bagi Anda, namun juga memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tips Membuat Bekisting Plat Lantai yang Kokoh

Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai produk besi yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu