6 Keunggulan Konstruksi Baja Ringan untuk Gudang

konstruksi baja ringan untuk gudang kps steel distributor besi jakarta

Sekarang ini, konstruksi baja ringan dapat digunakan untuk berbagai macam bangunan, biasanya, material yang satu ini dipilih sebagai rangka atap, karena jauh lebih efisien. Bukan hanya hemat biaya, bahan ini juga begitu kuat seperti baja konvensional. Bahkan, konstruksi baja ringan untuk gudang juga banyak dijadikan sebagai pilihan. 

Untuk gudang, umumnya baja ringan tidak hanya digunakan untuk rangka atap, tetapi juga untuk struktur bangunan. Namun jika Anda ingin menggunakan baja ringan untuk atap pahami cara menghitung Kemiringan Kuda Kuda untuk Rangka Atap.

Alasan Menggunakan Konstruksi Baja Ringan untuk Gudang

Ketika mendengar konstruksi baja ringan banyak digunakan untuk bangunan seperti gudang, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa material ini digunakan. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, pada dasarnya bobot dari baja ringan tidak seberat seperti baja konvensional. 

Namun, meskipun demikian, daya tarik yang dimiliki oleh material bangunan ini cukup tinggi. Bahkan daya tariknya dapat mencapai 550 Mpa. Inilah alasan mengapa bahan konstruksi ini sering digunakan menjadi struktur bangunan, bahkan bukan hanya untuk rangka atapnya saja. 

Dengan perhitungan serta rekayasa konstruksi bangunan yang tepat, bangunan gudang akan berdiri sangat kokoh. Umumnya, material baja ringan yang digunakan untuk bangunan gudang ialah grade G450. 

Sedangkan, sistem yang diterapkan adalah menggunakan 2 kolom serta rafter di dalam satu titik. Dengan penerapan ini, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih efisien. Selain itu proses penyusunan elemen struktur  untuk bangunan juga menjadi jauh lebih cepat.

Keunggulan Konstruksi Baja Ringan untuk Gudang

Menggunakan konstruksi baja ringan untuk gudang tentu saja memiliki sejumlah kelebihan. Berikut adalah daftar kelebihan-kelebihan tersebut:

1. Menggunakan Sistem Knock Down

Perlu diketahui, baja ringan adalah salah satu material yang mempergunakan sistem bongkar pasang atau knock down, sehingga pemasangan baja ringan akan sangat mudah dilakukan. 

Ketika proses instalasi, baja ringan umumnya hanya memerlukan mur serta baut agar dapat menyatukan satu potongan baja dengan potongan yang lain. 

2. Tahan Karat

Bahan pembuatan baja ringan adalah karbon yang tahan pada proses korosi atau karat. Dengan daya tahan yang dimilikinya ini, baja ringan bisa bertahan di berbagai cuaca. 

Hal ini juga menjadi alasan mengapa konstruksi baja ringan untuk gudang lebih banyak dijadikan sebagai pilihan, karena bangunan gudang bisa bertahan dalam waktu yang lama. 

3. Sulit Terbakar

Baja ringan adalah jenis logam yang tahan api, sehingga dapat meminimalisir adanya bahaya kebakaran. Hal ini sudah tentu diperlukan dalam struktur gudang, sehingga penyimpanan semua barang menjadi aman serta terhindar dari kerugian yang disebabkan karena kebakaran.

4. Pemasangan Sangat Mudah

Bila dilihat-lihat, pemasangan konstruksi baja ringan lebih sederhana serta lebih mudah. Bahkan, proses pemasangannya juga sangat cepat. Oleh sebab itu biaya yang dibutuhkan untuk membangun gudang lebih kecil, karena waktu pemasangan dan tenaga kerja yang jauh lebih sedikit. 

5. Ringan serta Kuat

Seperti nama yang dimilikinya, baja ringan mempunyai berat ringan, tetapi tetap dapat menahan beban yang mirip dengan baja pada umumnya. Hal tersebut disebabkan karena baja ringan dibuat tanpa proses pemanasan terlebih dulu. 

6. Sulit Memuai

Beda dengan baja yang lain, baja ringan mempunyai sifat yang sulit memuai. Hal ini membuat baja ringan dapat mempertahankan posisi fondasi yang sesuai dengan rencana di awal. 

Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja Ringan untuk Gudang

Saat membuat bangunan gudang, biasanya salah satu hal yang sering menjadi perdebatan adalah biaya. Padahal, konstruksi sederhana bisa dibangun dengan ekonomis saat menggunakan baja ringan. Berikut cara melakukan perhitungan biaya konstruksi baja ringan, antara lain:

1. Membuat Desain

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain atap dari gudang, dalam membuat desain, luas atap serta komponen yang dimilikinya juga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Setelah mendesain atap, berikutnya adalah mendesain bangunan secara keseluruhan. 

2. Menghitung Luas

Setelah melakukan perencanaan desain, berikutnya adalah melakukan perhitungan luas. Anda bisa menentukan serta menghitung luas dan kemiringan atap. Contohnya saja gudang nantinya akan dibangun dengan panjang 10 meter serta lebar 5 meter. 

Kemudian, overstek yang berada di setiap sisi atap adalah 0,5 meter dan kemiringan 30 derajat. Rumus yang digunakan untuk menghitung luas atap adalah (panjang X lebar) / cos derajat kemiringan. Hasilnya adalah 76,212. 

3. Hitung Biaya 

Bila sudah menemukan luas atap, perhitungan berikutnya dilakukan dengan menghitung biaya baja ringan yang diperlukan. Ini penting untuk dilakukan sebelum order di supplier baja ringan terpercaya. Contohnya, baja ringan yang digunakan untuk gudang adalah hollow galvanis yang memiliki ketebalan 1,6 mm. 

Anda dapat melakukan perhitungan dengan cara mengalikan luas atap gudang dengan harga per meter. Bila harga baja ringan tersebut adalah Rp182.500, biaya pembangunan yang harus dikeluarkan adalah Rp13,9 jutaan. 

Tips Memasang Konstruksi Baja Ringan untuk Gudang

Meskipun baja ringan menjadi salah satu bahan yang banyak direkomendasikan untuk konstruksi gudang, tetapi pastikan melakukan pemasangan rangka ini dengan tepat. Berikut cara memasang rangka baja ringan, antara lain:

  • Tiang bisa langsung dicor di bagian kolom beton. Ketebalan yang digunakan kurang dari 75 cm. kemudian, sebagai pengganti dari angkur, Anda dapat melakukan pemasangan stek di tiang. Setiap tiang minimal adalah 4 buah. 
  • Material trekstang serta kres angin dapat menggunakan reng baja ringan berukuran 30 mm. Kemudian, setiap plong 1 jalur. Lakukan pemasangan dengan menggunakan baut skrup. 
  • Sistem sambungan kuda-kuda, regel dan gording dapat menggunakan baut mur. Cara tersebut digunakan dari konstruksi baja profil. Tujuannya adalah mengurangi tekanan yang terjadi di konstruksi, sehingga bangunan tidak roboh. 
  • Kemudian, sebagai pengganti plat baja, Anda dapat menggunakan material galvalum sheet plat 1,2 mm. material ini memiliki fungsi untuk sepatu gording atau alat sambungan bagian kuda-kuda dan regel. 

Ketika melakukan pemasangan baja ringan, pastikan sudah sesuai dengan langkah di atas, bila pemasangan tidak sesuai dengan langkah, bangunan gudang dapat miring, karena tidak bisa menahan beban dan bahkan rangka baja berbunyi. Bukan hanya itu, konstruksi juga dapat berubah lebih lemah, contohnya seperti bagian kuda-kuda dan tiang kolom. 

Pemasangan baja ringan yang tidak tepat juga dapat membuat baja mengalami korosi, dan baut skrup menjadi longgar. Bila hal tersebut terjadi, kemungkinan terburuknya adalah bangunan gudang menjadi runtuh. Oleh sebab itu, pastikan pemasangan dilakukan oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. 

Baja ringan memang dapat menjadi pilihan yang terbaik. Tetapi, bila ingin menggunakan konstruksi baja ringan untuk gudang, pastikan memilih produk yang berkualitas. Anda dapat melakukan pembelian baja ringan di KPS Steel. 

KPS Steel merupakan toko yang menjadi solusi baja ringan berkualitas. KPS Steel menyediakan berbagai macam jenis baja ringan, dan berstandar SNI. Produk baja ringan di KPS Steel dapat Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti pembangunan gudang. 

Untuk memilih mana produk baja ringan yang tepat untuk kebutuhan konstruksi gudang Anda, kunjungi produk kami. Sedangkan, bila ingin melakukan pemesanan, hubungi kontak kami sekarang!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait