Belum Tentu Bahaya, Ini Penyebab Rangka Atap Baja Ringan Bunyi

penyebab-rangka-atap-baja-ringan-berbunyi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jika rangka atap baja ringan berbunyi, jangan dulu panik. Belum tentu hal tersebut menandakan bahaya. Ketahui berbagai alasan kenapa rangka bisa berbunyi agar dapat memberikan penanganan tepat yang tidak membahayakan para penghuni rumah maupun konstruksi lain. Berbagai kelebihan baja ringan, seperti kokoh, anti karat, dan bobot ringan membuat banyak developer perumahan memanfaatkan material ini untuk proses pembangunan.

Namun, permasalahan yang kerap terjadi adalah timbulnya bunyi dari pemasangan material tersebut. Beberapa orang bahkan mengeluhkan kerap mendengar bunyi-bunyi mengkhawatirkan ketika siang hari. Bunyi muncul sepersekian interval dengan waktu tidak menentu. Yang menjadi permasalahan adalah bunyi tersebut terjadi berulang kali dalam rentang berbeda.

Meskipun kerap mendengar suara aneh, namun sepertinya orang tidak akan berpikir untuk kembali menggunakan rangka dari kayu. Pertama, harga kayu relatif bertambah mahal, sementara dari segi kualitas, kayu dapat dimakan rayap yang akan membahayakan penghuni rumah jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan dan Cara Pasangnya

Penyebab Rangka Atap Baja Ringan Berbunyi

Belum tentu sebagai tanda bahaya, ketika atap berbunyi saat siang hari, itu tandanya material sedang mengalami pemuaian akibat adanya pengaruh panas maupun air hujan. Proses pemuaian atau bertambahnya ukuran ini merupakan hal lumrah pada benda. Sebenarnya baja ringan termasuk material yang kecil kemungkinan mengalami pemuaian maupun penyusutan. Meskipun pada nyatanya ada saja pengakuan bahwa kerap mendengar bunyi dari rangka baja ringan, terutama saat siang hari.

Bunyi yang disebabkan oleh pemuaian adalah faktor alam, namun jika tidak ditemukan penyebab alami tersebut, bisa diperiksa pada saat pemasangan oleh para pekerja. Sebenarnya proses pemasangan baja ringan tidak bisa sembarangan, harus ada pengukuran yang komprehensif. Ini pentingnya sedari awal Anda harus memilih jasa secara tepat melalui berbagai penilaian dari segi profesionalitas. Selain harus menggunakan kualitas barang terbaik, pengerjaan yang dilakukan oleh tenaga ahli profesional juga sangat menentukan keamanan serta keselamatan para penghuni bangunan.

Dalam mengawasi pemasangan rangka baja ringan, Anda bisa mempercayakan dengan pengawasan mandor. Atau, Anda juga dapat langsung turun ke lapangan sesering mungkin untuk melihat kinerja para pekerja setiap harinya.

Cara Mengatasi Bunyi pada Rangka Atap Baja Ringan

Kemudian pertanyaannya adalah meskipun bunyi rangka atap baja ringan disebabkan faktor alam, apakah itu sebagai tanda bahaya? Jawabannya tidak. Sejatinya bunyi berasal dari reaksi baut ketika baja memuai, untuk mengatasinya Anda bisa mengencangkan bautnya. Apabila merasa penanganan mandiri kurang efisien dan masih takut terjadi hal tidak diinginkan maka Anda bisa langsung meminta bantuan ahli. Hubungi jasa reparasi bangunan untuk mengecek rangka atap baja ringan Anda secara komprehensif.

Cara lain untuk mengatasi terjadinya kesalahan teknis jangka panjang adalah memilih material terbaik dari toko terpercaya. Jadi, intinya rangka berbunyi bisa bahaya bisa tidak, bahaya jika memang sedari awal pemasangannya tidak tepat. Tidak berbahaya jika bunyi tersebut hanya berasal dari pemuaian dan bisa dikencangkan kembali hanya dengan membenarkan posisi baut sesuai ukuran bajanya.

Baca Juga: Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tanpa Kuda-Kuda

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk atap di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu