Pelajari Ragam Ukuran Plafon Gypsum Sebelum Menggunakannya

Pelajari Ragam Ukuran Plafon Gypsum Sebelum Menggunakannya KPS Steel distributor besi jakarta

Penting untuk mengetahui ukuran plafon gypsum sebelum menggunakannya. Tujuannya untuk efisiensi dan efektifitas kerja. Sehingga nantinya tidak akan ada sisa bahan terbuang karena tidak dapat difungsikan.

Pilihan material ini sangat ideal untuk bagian plafon salah satunya karena terjangkau. Hunian pribadi tipe minimalis dengan luas terbatas paling cocok menggunakan material ini karena sangat hemat.

Sebelumnya Anda perlu mengetahui seperti apa tipe material ini, fungsi, serta ukuran standarnya. Sehingga nantinya lebih mudah untuk menentukan pilihan saat akan membeli dan memasang.

Apa itu Gypsum?

Sebelum mempelajari ragam ukuran plafon gypsum perlu diketahui seperti apa material ini. Gypsum merupakan mineral mengendap akibat konsentrasi ion-ion karena adanya penguapan. Saat konsentrasi garam tinggi bahan ini berubah jadi basanit (CaSO4.H2O) atau anhidrit (CaSO4).

Terbentuk akibat proses penguapan, endapan material kemudian membentuk lapisan antara batuan sedimen, gamping, serpih merah, pasir juga lempung. Material ini memiliki kadar kalsium tinggi.

Anda pasti sering mendengar pengobatan masalah patah atau retak tulang menggunakan gypsum. Membantu mempercepat perbaikan tulang patah. Dimanfaatkan juga untuk industri kecantikan bahkan dijadikan pupuk.

Material ini memiliki sifat tahan api, kedap suara, menahan panas, menjaga suhu ruangan, mudah dibongkar pasang. Menariknya material ini juga bisa didaur ulang saat sudah tidak diperlukan lagi.

Fungsi Gypsum Pada Rumah

Ukuran plafon gypsum digunakan menyesuaikan dengan fungsinya. Ada banyak pemanfaatan material ini dalam rumah. Selain pada plafon juga bisa digunakan untuk bagian lain, berikut diantaranya.

1. Sekat dinding

Biasa digunakan untuk perkantoran, kos-kosan, tujuannya untuk menghemat pembuatan dinding. Lebih hemat waktu, biaya dan tenaga. Setelah jadi nantinya bis ajuga dilapisi dengan cat aneka warna persis seperti dinding permanen.

2. Perekat

Karakteristiknya fleksibel, tidak rapuh sehingga dapat digunakan sebagai perekat. Pada interior bisa difungsikan untuk melapisi dinding serta plafon. Untuk bagian eksterior dapat mengganti acian dan plester pada penyusunan batu bata.

3. Dinding kamar mandi

Alternatif renovasi kamar mandi. Material ini tahan air serta benturan dengan kekuatan yang tidak berbeda dengan batu bata. Namun lebih fleksibel sebab ukuran plafon gypsum lebih besar.

4. Penyubur tanaman

Mengandung sulfur dan kalsium, gypsum bisa juga dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Jika Anda memiliki sisa bahan dari proses renovasi atau bangun rumah, jangan langsung dibuang. Bisa ditaburkan pada area tanaman atau tanah terbuka.

Baca Juga: Cara Membuat Atap Limas yang Ideal untuk Hunian Anda

Cara Memasang Plafon Gypsum

Meski tidak melakukannya sendiri, Anda perlu mengetahui tahapan cara pemasangannya berdasarkan informasi ukuran plafon Gypsum. Nantinya bisa mengetahui apa saja kendala dan kekurangan dalam pengerjaan.

1. Evaluasi

Evaluasi dilakukan pada garis ketinggian plafon ruangan. Buat empat spot setiap sudut menggunakan waterpass selang sebagai alat bantu. Tarik garis lurus dari satu spot ke spot lain menggunakan pensil kemudian beri tanda.

2. Pemasangan Wall Angle

Wall angle adalah penopang plafon. Pemasangannya dimulai dari garis bantu yang sudah dibuat sebelumnya. Lanjut pada proses memaku, bisa juga menggunakan sekrup dan bor. Jangan lupa beri jarak sepanjang 30 cm antar paku.

Jika menggunakan paku, pilih pakai beton. Setelah semua proses pemakuan selesai lanjutkan dengan memasang wall angle. Pertama untuk setiap garis panjang dulu sampai selesai.

3. Evaluasi Wall Angle

Tujuan evaluasi wall angle adalah untuk memasang hollow dengan benar. Evaluasi dilakukan dengan memberikan jarak pinggir bidang dengan dinding 60 cm. Kemudian beri tanda setiap ukuran tersebut, harus sama.

4. Pemasangan Hollow

Pastikan panjang hollow sesuai dengan tanda pengukuran sebelumnya. Lanjutkan dengan memasang skrup kuat-kuat. Lebih mudahnya menggunakan alat batu berupa bor elektrik. Lanjutkan dengan memasang hollow bagian atas setelah bagian bawah untuk mengunci.

5. Buat gantungan hollow atas dan bawah

Atur jarak setiap gantungan antara 80 cm sampai 120 cm. gantungan sendiri bisa memanfaatkan sisa hollow atau menggunakan kawat. Kemudian skrup gantungan pada komponen atas ke rangka atap.

Usahakan tidak ada gantungan yang longgar untuk bagian ini. Selanjutnya tahap terakhir yaitu pemasangan sesuai ukuran dari plafon gypsum. Sekrup setiap jarak 10 cm supaya kuat pada jalur rangka hollow.

Ragam Ukuran Plafon Gypsum

Standar ukuran dari plafon gypsum adalah 1,2 m x 2,4 m, luas 1 papannya 2,88 m2. Namun beberapa merk memiliki ukuran berbeda. Lebih jelasnya berikut beberapa ukuran standar yang umum di pasaran.

Ada juga ukuran plafon gypsum 1,2 m x 0,6 m. Beberapa merk menerapkan ukuran berbeda, untuk penggunaan sesuai fungsi bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Yang jelas setiap jenis material dan merknya memiliki keunggulan masing-masing, seperti berikut ini.

  1. Gypsum Indo Gyp, berat 15,5-16 kg, tersedia jenis anti lembab jadi lebih awet.
  2. Aplus, berat 16-17 kg, kelebihannya tahan api dan kelembaban.
  3. Gyptile Aplus, finishing cat, mampu menahan beban hingga 3 kg.
  4. Aplus Acoustic A711, berat 1,7-3,4 kg per lembar, tersedia tipe Lay in Exposes dan Original reguler.
  5. Aplus Acoustic A3510, tebal 15 mm, kepadatan 280-320 kg/m3, kedap suara.
  6. Aplus Acoustic CATER2, kualitas terbaik, harga bersaing, cocok untuk ruang kedap suara.
  7. Aplus Acoustic Pinhole, kedap suara dan mampu merefleksikan cahaya lebih dari 83%.8.  Aplus G-Strong Premium Board, tahan benturan, fleksibilitas tinggi jadi bisa dilengkungkan.

Jika Anda tertarik untuk memasang plafon gypsum, gunakan rangka besi hollow dari KPS Steel untuk kualitas pemasangan yang baik. Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai ragam produk yang tersedia di KPS Steel.

Baca Juga: Jenis Jenis Genteng yang Paling Populer untuk Hunian Anda

Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu