Keunggulan Atap Cremona Baja Ringan yang Perlu Dipahami

atap-cremona-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Dengan berkembangnya inovasi di dalam dunia teknik sipil, kini telah dikenal model atap bernama cremona baja ringan. Atap model cremona ini banyak digunakan karena cocok untuk berbagai bangunan.

Banyak orang berpendapat bahwa bentuk dari atap cremona mirip tangga. Sebab pada satu rangka akan terdiri dari dua batang baja ringan yang terhubung dengan batang pendek.

Struktur dari cremona diketahui sangat kuat. Terlebih dengan penggunaan baja ringan yang memiliki banyak kelebihan. Jika Anda ingin memahami lebih dalam tentang model atap ini, simak penjelasan berikut selengkapnya.

Mengenal Keunggulan Cremona Baja Ringan

Kekuatan dari model atap cremona didukung oleh penggunaan baja ringan sebagai bahan materialnya. Karena sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak orang yang menggunakan baja ringan untuk pembangunan rumah atau gedung.

Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan sehingga menjadi pilihan ketika membangun rumah. Berikut adalah beberapa keunggulan cremona baja ringan yang perlu Anda pahami.

1. Mengurangi Beban Struktur Bangunan

Sesuai dengan namanya, material baja ringan memiliki beban yang lebih ringan. Oleh karena itu penggunaan material baja ringan akan membantu mengurangi beban dari struktur bangunan penopangnya.

Sehingga, atap model cremona dengan penggunaan baja ringan cenderung lebih aman.

2. Anti Rayap dan Anti Karat

Keunggulan dari cremona baja ringan selanjutnya adalah anti rayap karena materialnya terbuat dari baja. Oleh karena itu atap yang menggunakan baja ringan cenderung lebih mampu bertahan lama.

Tentu Anda sudah memahami bahwa rayap merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembangunan. Apalagi jika material yang digunakan tidak anti rayap seperti kayu ataupun material lainnya.

Penggunaan baja ringan akan menghindarkan Anda dari masalah tersebut. Selain itu baja ringan yang bersifat anti karat membuat Anda tidak perlu memberikan finishing cat lagi.

3. Pemasangan Cepat Dengan Model Bisa Disesuaikan

Cremona baja ringan memiliki keunggulan berupa pemasangan yang lebih cepat. Selain itu material baja ringan juga cenderung lebih fleksibel sehingga mudah disesuaikan untuk memenuhi keinginan Anda.

Dengan pemasangan yang lebih cepat tentu akan membantu mengurangi biaya jasa tukang. Selain itu Anda juga tidak perlu menunggu terlalu lama hingga proses pemasangan atap selesai.

Baca Juga: Keunggulan Atap UPVC dan Beragam Jenis-Jenisnya

4. Kekuatan Tidak Perlu Diragukan

Meski memiliki bobot yang ringan, cremona baja ringan tetap mampu menahan beban cukup berat. Selain mampu menahan genteng, material baja ringan juga bisa digunakan untuk menopang genteng berat.

5. Tahan Lama

Material baja ringan juga diketahui memiliki daya tahan yang cukup lama. Secara umum baja ringan mampu bertahan selama 20 hingga 30 tahun tergantung pada posisi dan letak bangunan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi untuk Atap Model Cremona

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki cremona baja ringan, wajar jika banyak orang tertarik menggunakannya. Namun sebelum melakukan pembelian material, Anda perlu mengetahui kebutuhannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu kami akan menunjukkan cara menghitung kebutuhan atap model cremona. Dalam contoh ini, luas atap yang ingin dibangun adalah 4,38m x 4m.

Untuk panjang dari kanal C baja ringan sendiri adalah 6 meter. Sehingga dengan menggunakan asumsi tersebut, akan didapatkan perhitungan kebutuhan baja ringan dan kanopi seperti berikut ini.

Total kebutuhan panjang atap = 33,84m. Dibagi dengan panjang kanal C yaitu 6m. Maka kebutuhan baja ringan untuk bagian panjang dari atap cremona baja ringan adalah 5,64 lonjor.

Total kebutuhan lebar atap = 2,8m. Dibagi dengan panjang kanal C yaitu 6m. Maka kebutuhan baja ringan untuk bagian lebar dari atap cremona tersebut adalah 4,66 lonjor.

Total kebutuhan untuk sambungan rangka adalah sebanyak 10,35m. Dibagi dengan panjang kanal C yaitu 6m. Maka kebutuhan baja ringan untuk sambungan rangka adalah sebanyak 1,72 lonjor.

Total kebutuhan untuk bagian tiang kanopi =8,656m. Dibagi dengan panjang kanal C yaitu 6m. Maka kebutuhan baja ringan untuk bagian tiang atap adalah 1,44 lonjor.

Maka total kebutuhan baja ringan untuk pembuatan atap cremona baja ringan adalah 5,64 + 4,66 + 1,72 + 1,44. Sehingga hasilnya sama dengan 13,46 lonjor.

Sementara untuk kebutuhan kanopi rata-rata lebar spandex adalah sebesar 75 cm. Maka kebutuhan spandex adalah 438 cm dibagi 75 cm yaitu sekitar 6 lembar spandex.

Baca Juga: Fungsi Kuda-Kuda Baja untuk membangun Ketahanan Atap

Untuk mendapatkan baja ringan berkualitas terbaik, Anda perlu membelinya di tempat terbaik juga. Tidak perlu bingung mengenai tempat untuk membeli baja ringan dengan kualitas terbaik.

Karena KPS Steel menjual baja ringan yang bisa Anda gunakan untuk membuat atap. Sehingga Anda bisa membuat model atap cremona baja ringan dari material yang dibeli di tempat kami.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi kanal dan atap. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :
Menu