Kuda-Kuda Baja: Membangun Ketangguhan Untuk Atap

Kuda-kuda merupakan salah satu unsur yang digunakan membangun bangunan. Selain membentuk bagian atap, susunan rangka batang ini juga berfungsi menopang beban, yang kemudian menyalurkannya ke struktur di bawahnya.

Artinya, konstruksi kuda-kuda harus mampu menopang beban kuda-kuda itu sendiri dan beban atap. Selain itu, kuda-kuda harus mampu menahan beban lain yang disebabkan oleh unsur lain, seperti angin dan curah hujan. Sebab, jika kuda-kuda tidak mampu menahan beban, maka bangunan itu sendiri tidak memiliki pondasi yang kuat dan dapat mengalami keruntuhan sewaktu-waktu. 

Konstruksi kuda-kuda adalah rangkaian batang-batang material yang setelah dibentuk dan disusun akan menghasilkan struktur bangunan berbentuk segitiga. Beberapa material yang dapat diaplikasikan berupa kayu, bambu, beton bertulang, baja (konvensional), dan baja ringan. Di antara banyak material, kuda-kuda baja termasuk salah satu bahan yang memiliki daya tahan lama. Bagaimana bisa? KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta akan memberikan penjelasan terkait kuda-kuda baja.

Karakteristik Kuda-Kuda Baja

Beberapa bangunan dan jembatan dengan bentang relatif lebar lebih ideal jika menggunakan profil baja untuk konstruksi kuda-kudanya. Bangunan seperti pabrik, gudang, bengkel, aula, gedung olahraga, dan hanggar pesawat biasanya menuntut ruang tanpa sekat yang sangat lebar hingga lebih dari 20 meter.

Kuda-kuda kayu, bambu dan beton bertulang rata-rata memiliki panjang ideal sekitar 10-12 meter. Sementara kuda-kuda baja bahkan mampu menyediakan ruang yang lebarnya hingga puluhan meter. Material baja yang disusun dengan sistem framework mampu meminimalkan sambungan yang tidak terhindari oleh material kayu yang rata-rata panjangnya 12 meter.  

Baca Juga: Mari Cari Tahu Seluk Beluk Besi Assental Untuk Konstruksi

Kesamaan sambungan batang tarik dan tekan memudahkan perangkaian. Model kuda-kuda dapat dibuat melalui desain dan perhitungan sesuai ukuran bentang. Berbagai jenis profil (Profil I, Profil WF, Profil H-beam, dan Profil Siku) dapat dipilih atau dikombinasikan. Desain dan perhitungan kuda-kuda memerlukan perhitungan yang teliti dari ahli. Distributor besi Jakarta KPS Steel dapat menyediakan berbagai profil model kuda-kuda sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Plus-Minus Kuda-Kuda Baja

Selain menjamin dalam kekokohan dan kestabilan, proses pemasangan kuda-kuda baja relatif cepat dan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja. Proses merakit dapat dikerjakan di pabrik atau lokasi khusus, dan dapat dibantu alat berat dalam pengangkutan maupun pemasangan. Profil baja mampu menahan deformasi sehingga tidak mudah mengalami penurunan kualitas. 

Keseragaman dan elastisitas baja juga membuat kuda-kuda baja tidak banyak berubah setelah waktu lama. Bila pemasangan dilakukan dengan tepat dapat membuat kuda-kuda baja bertahan sangat lama. Kuda-kuda baja memungkinkan untuk melakukan penambahan struktur dilakukan dengan mudah. 

Bagaimanapun, kuda-kuda baja memiliki berbagai kelemahan yang harus dipertimbangkan. Menggunakan bahan baja berarti tidak memiliki ketahan korosi sehingga secara berkala harus dicat ata dilapisi antikarat. Saat melakukan pengerjaan bahan ini, perlu juga melakukan antisipasi kebakaran karena panas tinggi berpotensi menurunkan kekuatannya. Kuda-kuda baja juga harus dihindarkan dari bahaya tekuk dan risiko beban siklis. 

Kuda-kuda baja secara keseluruhan memiliki harga yang lebih murah dan lebih efisien dibandingkan kuda-kuda kayu atau beton. Pengerjaan lebih cepat karena penyambungan profil baja dilakukan menggunakan baut, paku keling atau pengelasan. KPS Steel selaku distributor besi Jakarta bisa membantu Anda dalam pembuatan kuda-kuda baja untuk kebutuhan konstruksi bangunan. 

Baca Juga: Mengenal Spesifikasi Dan Kegunaan Besi Siku

Bahan material memerlukan bahan berkualitas supaya hasil konstruksi juga memiliki kualitas. Untuk kebutuhan profil baja, kami distributor besi Jakarta KPS Steel siap menyediakan dengan penawaran harga terbaik. Anda dapat mengecek harga produk KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :
Menu