7 Kelebihan dan Kekurangan Atap Galvalum

atap-galvalum-distributor-besi-jakarta-kps-steel

Penggunaan atap galvalum saat ini sudah merembet ke hunian modern seperti yang terdapat di perkotaan. Bahkan pelindung bagian atas rumah tersebut juga digunakan oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota kecil. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat mulai memahami manfaat penggunaannya. Namun masyarakat perlu mengetahui selain kelebihan atap tersebut juga masih mempunyai kekurangan agar bisa mengatasinya di kemudian hari.

Sebelum menggunakan atap tipe yang satu ini tidak ada salahnya menambah ilmu Anda mengenai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kami sajikan berbagai kelebihan hingga kekurangannya.

Baca Juga: Ingin Pasang Genteng Metal? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

7 Kelebihan dan Kekurangan Atap Galvalum

Seperti apa kelebihan dan kekurangan atap baja ringan saat digunakan? Kami ajak Anda untuk menengok 7 kelebihan dan kekurangan penggunaan atap baja ringan berikut ini.

1. Produk material berkualitas tinggi

Salah satu keunggulan dari galvalum adalah bahan pembuatannya berkualitas. Meski sama-sama mempunyai bentuk yang menyerupai seng namun atap tersebut dilapisi dengan material penunjang seperti silikon.

2. Mudah Divariasikan untuk estetika hunian

Kelebihan penggunaan atap galvalum juga mudah dikreasikan ke dalam berbagai bentuk saat dipasang di atas bangunan. Tujuannya agar membentuk estetika hunian yang lebih indah dan multifungsi.

3. Memiliki beragam variasi bentuk

Atap baja ringan ini juga seringkali dijual dengan berbagai bentuk pemasangan. Seperti bentuk lurus semi gelombang maupun lengkung yang membuat atap mudah dipasang bersama komponen bangunan lainnya.

4. Tersedia berbagai warna sesuai pilihan

Bosan dengan warna atap hunian atau tempat usaha yang monoton? Jangan khawatir karena produk ini sudah tersedia dalam berbagai macam warna misalnya hijau, merah, silver dan biru.

5. Mudah panas saat terkena matahari

Sayangnya atap yang satu ini mudah menyerap panas matahari, sehingga penggunaannya harus tetap memperhatikan insulasi udara dan material pendukung agar meredam udara panas yang masuk ruangan.

6. Mudah bersuara jika terkena hujan

Penggunaan atap baja ringan cenderung mudah bersuara, sehingga mengganggu saat malam hari. Permukaannya mengeluarkan suara berisik saat terkena material keras atau saat terguyur hujan lebat.

7. Warna memudar seiring masa pakai

Warna yang menempel pada atap baja ringan memudar seiring penggunaannya. Penyebabnya karena warna tidak alami melainkan berasal dari penambahan cat pelapis khusus yang mudah pudar.

Memilih Atap Galvalum untuk Hunian Modern

Seperti apa pelindung atas rumah yang sering disebut galvalum ini? Sebenarnya atap tersebut merupakan salah satu jenis pelindung atas bangunan yang diproduksi menggunakan baja ringan dan lapisan seng atau zinc. Selain lapisan tersebut produksi pembuatannya juga menggunakan silikon dan aluminium. Tujuan coating atau proses pelapisan pada produk tersebut adalah untuk menghindari oksidasi yang menyerang baja. Penggunaan atap baja ringan disebut tidak mudah berkarat meski terkena hujan dan terik matahari.

Oleh sebab itulah pemakaiannya mudah ditemukan pada bangunan yang terletak di wilayah iklim tropis. Penggunaan atap galvalum juga tidak hanya terpasang di hunian saja. Atap baja ringan tersebut dapat digunakan sebagai pelindung ruko, lapangan futsal, garasi rumah hingga tempat umum seperti halte. Hunian yang dibangun di kawasan alkalis seperti pinggiran laut kurang cocok menggunakan atap baja ringan.

Alasannya atap akan sering berbunyi lantaran terkena angin atau gesekan. Oleh karena itu sebelum menggunakan atap modern yang satu ini tidak ada salahnya untuk konsultasi. Anda juga perlu memilih tipe yang tepat sesuai kebutuhan pemasangannya. Jadi, tertarik untuk menggunakan atap baja ringan tersebut untuk kebutuhan hunian atau garasi? KPS Steel dapat memberikan penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Hitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan dan Cara Pasangnya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu