Ingin Pasang Genteng Metal? Simak Jenis dan Plus Minusnya

pasang-genteng-metal-KPS-steel-Toko-Besi-Jakarta

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal

Banyak rumah mulai mempertimbangkan pasang genteng metal sebagai atap rumahnya. Selain karena mampu melindungi penghuni di dalam rumah, juga memiliki nilai estetika tersendiri. Ini memungkinkan tampilan rumah terlihat lebih cantik dibandingkan atap tradisional. Sebagai pelindung dari paparan sinar matahari dan guyuran air hujan, tentu pemilihan atapnya harus dipertimbangkan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Pemasangan Atap Galvalum

Terlebih di Indonesia, durasi guyuran hujan dan panasnya cenderung seimbang, sehingga materialnya harus mampu menahan panas serta air hujan. Tantangan berikutnya adalah angin, terkadang gempuran angin yang kuat mampu mengangkat atapnya, selain membahayakan penghuni rumah, juga berbahaya bagi orang – orang di sekitarnya. Karenanya pemilihan atap yang tepat juga mempengaruhi kenyamanan ketika di rumah.

Pasang Genteng Metal, Kenali Dulu Jenisnya

Meskipun terbuat dari metal, perbedaan komposisi, tekstur dan bentuknya ternyata memiliki fungsi serta ketahanan berbeda – beda. Karenanya sebelum memutuskan memasang atapnya, alangkah lebih baik mengenali jenis – jenisnya terlebih dulu.

1. Metal Pasir

Memiliki nama demikian karena teksturnya yang kasar seperti terdapat pasir yang menempel pada atapnya. Lapisan kasar tersebut terbentuk karena campuran bebatuan dengan bahan galvalum. Bebatuan tersebut mampu melindungi dari getaran dan panas.

2. Metal Tembaga

Berbahan tembaga, menjadikannya sebagai bahan paling menarik dan estetis untuk menghiasi eksterior rumah. Karena bahannya yang mahal, penggunaannya juga terbatas, biasanya digunakan sebagai aksen pada atas jendela.

3. Galavanum Steel

Kelemahan genting biasanya adalah karat atau lapuk serta berat. Berbeda dengan bahan galvalum, campuran antara aluminium, seng dan silikon menjadikannya sebagai bahan atap yang kuat serta tahan lama. Kelemahannya adalah cenderung berisik.

4. Stainless steel

Stainless steel merupakan bahan paling baik untuk bangunan di tempat dengan cuaca ekstrem. Selain itu juga digunakan pada tempat yang tingkat polutannya cukup besar, seperti pabrik dan perkantoran. Sifat berat dan anti korosinya membuat bangunannya lebih awet.

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Genteng Metal

Selain jenis – jenisnya, juga harus mengenal tentang kekurangan dan kelebihan dari pemasangan gentengnya, sehingga Anda bisa memutuskan secara hati – hati akan menggunakan genteng metal atau tidak sebagai pelindung atap rumah Anda. Kelebihan pertama dari pemasangan genteng metalnya adalah daya tahannya tinggi. Logam terkenal karena bahannya tidak bisa pecah, rusak, serta lapuk. Pencampuran lapisan logamnya juga bisa melindungi dari potensi terbentuknya karat.

Pada daerah rawan gempa, penggunaan atapnya sangat cocok mengingat bebannya tidak begitu berat. Selain itu pemasangannya juga menempel pada rangka, mengurangi risiko jatuhnya atap ke lantai. Ini juga cocok pada daerah – daerah berangin. Beberapa varian seperti metal pasir, sangat cocok digunakan pada daerah penghujan, karena sifatnya meredam kebisingan. Ini sangat membantu penghuni agar tidak terganggu oleh suara – suara bising, baik ketika sedang beristirahat maupun sedang beraktivitas.

Selain keuntungan tersebut juga memiliki kelemahan mendasar, terutama ketika menerima terik matahari. Pada saat intensitas sinar cukup tinggi, bahannya tidak mampu menyerap panas secara menyeluruh, bahkan hanya mampu menyerap sekitar 70% saja. Ini membuat kondisi di dalam rumah terasa sedikit lebih panas dibandingkan lainnya. Cara mengatasinya adalah dengan memaksimalkan desain dari ventilasinya.

Membuat rumah yang sedikit lebih tinggi juga bisa mengurangi suhu di dalam ruangan. Kelemahan lainnya adalah biayanya cenderung lebih mahal, terutama pada jenis – jenis tertentu seperti tembaga maupun stainless steel. Namun mahalnya biaya juga sepadan dengan kekuatan dari konstruksi atapnya. Atap menjadi salah satu bagian terpenting dari rumah, terutama melindungi dari terik matahari dan guyuran air hujan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Pondasi Cakar Ayam

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu