Mengenal Atap Alderon Serta Kelebihan dan Kekurangannya

atap-alderon-jual-besi-jakarta-kps-steel

Mengenal Atap Alderon

Atap alderon merupakan salah satu jenis atap yang paling sering digunakan dalam pembangunan rumah minimalis. Sama halnya dengan jenis atap yang lain, alderon juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Atap rumah memiliki fungsi yang sangat penting karena berguna untuk melindungi penghuni rumah dari sinar matahari hingga air hujan. Oleh karena itu, pemilihan atap rumah harus dilakukan dengan tepat agar tidak mudah rusak.

Baca Juga: Ukuran Pagar BRC dan Harga Pasarannya

Pengertian Atap Alderon Dalam Pembangunan Rumah

Pembangunan rumah membutuhkan berbagai komponen dengan fungsinya yang berbeda satu sama lain namun menjadi satu kesatuan. Salah satu komponen yang memiliki fungsi penting dan menyempurnakan fungsi rumah adalah atap. Ada banyak variasi jenis atap rumah yang bisa kita jumpai, mulai dari atap dengan harga murah hingga mahal. Pemilihan material atap tidak boleh dilakukan asal karena atap yang mudah rusak akan membuat masalah di kemudian hari.

Salah satu jenis atap yang memiliki kualitas terbaik adalah atap alderon. Atap ini terbuat dari bahan dasar UPVC dengan ciri khas lembaran yang bergelombang jadi terlihat semakin menarik. Jenis atap ini sangat cocok untuk rumah minimalis, apalagi dengan pengaplikasian atap yang termasuk mudah dan cepat. Untuk itu, proses pemadaman api akan berlangsung lebih cepat apabila terjadi kebakaran.

Kelebihan dari Atap Jenis Alderon

Banyak orang yang mulai tertarik dengan keberadaan atap berjenis alderon ini karena memiliki berbagai kelebihan. Salah satu kelebihan yang paling menarik adalah kuat dan kokoh sehingga aman saat terkena benturan. Atap alderon juga memiliki kemampuan dalam meredam suara dan panas dengan sangat efektif. Dengan penggunaan jenis atap ini, suasana di dalam rumah akan terasa lebih sejuk dan damai sehingga Anda akan merasa nyaman berada di rumah.

Kelebihan lain yang dimiliki jenis atap ini adalah tidak mudah berkarat dan tidak mudah luntur sehingga lebih awet dibanding jenis atap lainnya. Pergantian cuaca tidak akan membuat kualitas atap ini berkurang. Terakhir, jenis atap ini juga bersifat non-combustible sehingga tidak akan mudah terbakar saat terkena sulutan api. Musibah kebakaran mungkin saja terjadi pada siapa saja dan di mana saja, tapi penggunaan atap ini bisa menjadi pencegahan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, jenis atap ini merupakan pilihan yang tepat untuk rumah minimalis idaman Anda. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki jenis atap ini.

Kekurangan Atap Jenis Alderon yang Harus Diperhatikan

Di samping ada kelebihan, jenis atap ini juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan. Hanya saja, jenis atap ini termasuk berkualitas bagus karena kekurangan yang dimilikinya hanya sedikit. Ada dua kekurangan yang dimiliki atap berjenis alderon, yakni pilihan warna terbatas dan harga yang relatif lebih mahal. Pada umumnya, jenis atap ini hanya tersedia dalam dua warna saja, yaitu biru muda dan putih.

Meski begitu, kedua warna ini sangat cocok untuk rumah minimalis dan modern seperti sekarang ini jadi Anda tidak perlu khawatir untuk masalah variasi warna ini. Hanya saja perlu ada proses pengecatan jika ingin mendapatkan warna berbeda. Untuk masalah harga, jenis atap alderon cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis atap yang lain. Hal ini dikarenakan kualitas yang dimiliki atap ini juga sangat memuaskan dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Ragam Ukuran Besi WF yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Jadi, Anda perlu mengeluarkan budget yang lebih untuk mendapatkan jenis atap yang berkualitas baik. Anda tinggal memilih variasi atap yang sesuai kebutuhan, baik itu ukuran, ketebalan dan variasi lainnya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu