Ragam Ukuran Besi WF yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

ukuran-besi-wf-jual-besi-jakarta-kps-steel-tabel-berat-besi-wf

Raagam ukuran besi WF (Wide Flange) sangatlah bervariasi jadi Anda bisa memilih besi WF sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk menemukan berbagai jenis besi, khususnya untuk konstruksi.

Ukuran standar dari besi WF ini adalah 12m, meski begitu ada banyak ukuran besi yang bisa kita jumpai. Perbedaan ukuran ini akan berpengaruh pada harga jual dari besi tersebut jadi pastikan Anda tidak salah dalam memilih ukuran.

Mengenal Apa Itu Besi WF

Sebelum membahas tentang ukuran besi WF, ada baiknya kita mengetahui pengertian, fungsi dan bahan pembuatannya terlebih dahulu. WF merupakan singkatan dari Wide Flange yang menunjukkan ciri fisik dari jenis besi yang satu ini.

Besi WF adalah lempengan baja dengan kekuatan tinggi sehingga sering digunakan untuk sebagai penahan beban dan tarik. Jika dilihat sekilas, tampilan besi WF ini hampir sama dengan besi H-beam.

Meskipun tampilan fisiknya serupa, tapi keduanya juga memiliki perbedaan di mana besi WF memiliki gaya tarik dan tekan yang lebih tinggi. Di pasaran, besi WF terbagi menjadi tiga jenis, yaitu WF 1, WF H, dan WF Beam.

Fungsi Besi WF yang Perlu Dipahami

Besi merupakan salah satu material yang paling sering digunakan dalam pembuatan konstruksi, termasuk besi WF. Biasanya, jenis besi ini digunakan sebagai material pembuat rangka gedung karena memiliki kekuatan yang bagus.

Jenis besi ini sering digunakan sebagai pondasi rumah bangunan karena kekuatan tekan dan tariknya lebih seimbang jadi banyak proyek konstruksi yang membutuhkan material besi ini. Perbedaan ukuran besi WF, ternyata tidak mengurangi kualitas yang dimilikinya.

Tapi, Anda tetap harus menyesuaikan ukuran tersebut dengan kebutuhan konstruksi. Beberapa konstruksi yang sering menggunakan jenis besi ini, antara lain pembuatan gudang, gedung, jembatan dan bangunan lainnya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan ketersediaan variasi besi.

Baca Juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Material Besi Hollo

Bahan Dalam Pembuatan Besi WF

Berdasarkan fungsinya, kita sudah tahu bahwa besi WF memiliki kekuatan yang bagus sehingga bahan pembuatannya pasti juga memiliki kekuatan yang bagus juga. Material penopang beban berat ini tidak boleh terbuat dari bahan yang rapuh.

Bayangkan saja jika bahan ini terbuat dari bahan yang rapuh, maka besi WF tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Besi WF tidak dapat menopang beban yang ada di atasnya, bahkan bisa menyebabkan keruntuhan pada bangunan konstruksi.

Pada umumnya, besi WF terbuat dari balok baja yang dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk besi yang kuat dan kokoh. Proses pembuatannya akan melibatkan canai panas atau hot rolled steel.

Setelah itu, ukuran dari besi WF disesuaikan dengan standar dan variasi yang sudah ada sehingga Anda tinggal memilih ukuran mana yang lebih sesuai.

Ragam Ukuran Besi WF yang Bervariasi

Kebutuhan besi WF yang sangat tinggi di bidang konstruksi membuat produsen menyediakan berbagai macam ukuran dan berat yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa memilih ukuran besi mana yang sesuai kebutuhan konstruksi.

Pada umumnya, panjang besi WF tersedia dalam ukuran 12m jadi Anda bisa memotong atau menyambungnya. Sedangkan, untuk dimensi besi WF tersedia dalam banyak variasi, begitu juga dengan beratnya.

Ukuran besi paling kecil adalah 150x75x5x7mm dengan berat 168kg. Sedangkan ukuran paling besar adalah 900x300x16x28mm dengan berat 2.916kg.

Di antara kedua ukuran tersebut, Anda akan menemukan banyak pilihan ukuran dari besi ini. Harga jual dari besi jenis ini dipengaruhi oleh ukuran dan beratnya jadi Anda harus bisa memilih ukuran yang tepat.

Baca Juga: Fungsi Lisplang dan Variasi Desainnya untuk Bangunan

Bagi Anda yang membutuhkan besi WF untuk keperluan konstruksi, maka percayakan saja pada kami. Kami menyediakan beragam ukuran besi WF dengan kualitas terbaik jadi jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi wide flange di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu