Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Material Besi Hollo

harga-besi-hollow-distributor-besi-jakarta-kps-steel-besi-hollo

Beli hollo atau hollow structural section ini merupakan salah satu jenis besi yang sering digunakan di beberapa industri, termasuk konstruksi. Sebenarnya, ada banyak jenis besi yang bisa Anda pilih sebagai material dalam konstruksi.

Pemilihan material besi tentu harus sesuai dengan pertimbangan, seperti kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Oleh karena itu, kami akan mengulas lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki hollow structure section.

Kelebihan dari Material Besi Hollo

Jenis besi yang satu ini memiliki fungsi yang sangat banyak, bahkan hampir semua industri membutuhkan material ini. Hal ini tentunya tidak bisa terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya dibanding material atau jenis besi yang lainnya.

1. Risiko Korosi Kecil

Sebagian besar besi pasti akan mengalami korosi, tinggal kualitas yang dimiliki masing-masing besi. Berbeda dengan jenis besi yang satu ini di mana penggunaan cat pelapis pada permukaannya mampu menghambat korosi dengan lebih baik.

Oleh karena itu, jenis besi ini sangat cocok untuk eksterior atau bagian luar suatu bangunan karena tidak mudah mengalami korosi, meski terkena air hujan.

2. Pemasangan Lebih Mudah dan Cepat

Jenis besi ini memiliki bentuk dan tekstur yang fleksibel sehingga mudah dilakukan modifikasi maupun pemasangan. Anda tinggal memotong besi dan melakukan pengelasan saat memasang besi untuk berbagai kebutuhan industri.

Asal memiliki peralatan yang dibutuhkan, pemasangan besi hollo rasanya bisa dilakukan oleh siapa saja jadi tidak membutuhkan keterampilan khusus atau tinggi untuk memasangnya.

3. Nilai Ekonomis Lebih Unggul

Banyak jenis besi yang bisa kita jumpai di pasaran, namun jenis besi yang satu ini relatif memiliki harga yang lebih terjangkau. Jadi cocok bagi Anda yang ingin menekan pengeluaran saat membangun konstruksi.

4. Perawatan yang Mudah

Bukan hanya pemasangannya yang mudah, besi hollo juga tidak membutuhkan perawatan rumit. Oleh karena itu, biaya perawatan yang dikeluarkan juga tidak akan banyak sehingga dapat menekan biaya pengeluaran.

Jenis besi ini memang memiliki cukup banyak kelebihan sehingga bisa dijadikan pertimbangan jika Anda membutuhkan besi. Namun, kekurangan jenis besi ini juga perlu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih.

Baca Juga: Fungsi Lisplang dan Variasi Desainnya untuk Bangunan

Kekurangan Material Besi Hollo yang Perlu Diketahui

Di samping kelebihan yang dimiliki, jenis besi ini juga menyimpan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memilihnya. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi kekurangannya, seperti di bawah ini.

1. Ukuran Panjang Hanya 6 Meter

Jika besi beton memiliki panjang standar 12 meter, tapi jenis besi yang satu ini hanya memiliki panjang 6 meter. Meskipun bisa disambung satu sama lain, tapi akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih saat proses pengelasan.

2. Kekuatan Besi Kurang

Jenis besi yang satu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan dekoratif sehingga kurang cocok untuk penahan atau kerangka konstruksi karena kurang mampu menahan beban yang berat layaknya besi beton dan besi profil.

Itulah mengapa jenis besi ini kurang cocok digunakan sebagai penopang, namun akan lebih cocok sebagai dekoratif atau detail saja.

3. Butuh Cat Anti Korosi

Sebenarnya, jenis besi ini termasuk dalam besi dengan risiko korosi yang minim. Tapi, pada jenis besi hollo yang berwarna hitam membutuhkan cat pelapis tambahan agar tidak mudah terkena korosi jadi Anda harus pandai dalam memilih jenis besi.

Pastikan Anda telah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan jenis besi ini sebelum memilihnya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan industri dengan jenis besi yang akan digunakan.

Baca Juga: Ukuran Besi Galvanis dan Kisaran Harganya 2021

Bagi Anda yang membutuhkan material konstruksi berupa besi dengan berbagai macam varian yang ada, bisa percayakan saja pada kami.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi hollow.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu