Inspirasi Model Rumah Minimalis Atap Dak Cor Terbaru

Inspirasi Model Rumah Minimalis Atap Dak Cor Terbaru KPS Steel distributor besi jakarta

Model rumah minimalis atap dak cor sedang populer dan banyak digunakan pengembang. Peminatnya semakin meningkat karena menghasilkan kualitas rumah idaman minimalis namun tampak elegan.

Pembuatannya sendiri merupakan pekerjaan yang cukup menyita banyak waktu, tenaga serta biaya. Dimana beton adalah material utama yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil maksimal.

Model rumah minimalis atap dak cor tidak kalah estetik dibanding jenis lain. Finishingnya bisa menggunakan cat sesuai tema rumah. Anda bisa menonjolkan kesan klasik modern pada hunian dengan hasil tampilan menawan.

Tidak kalah dengan jenis genteng yang selama ini masih banyak dipakai berbagai tipe hunian. Genteng sendiri menonjolkan sisi fungsi sebagai penutup yang ekonomis sehingga terjangkau bagi semua kalangan.

Beton dan genteng sama-sama memiliki fungsi penutup yang baik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam pengaplikasiannya cukup disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan, berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Model rumah minimalis atap dak cor

Kelebihan pertama adalah multifungsi, bisa dimanfaatkan untuk sarana olahraga, tempat berkumpul keluarga, taman, jemuran dan sebagainya. Beton komposisi bahannya sangat kuat dan tidak mudah rusak, tidak terpengaruh oleh angin kencang sekalipun.

Perawatan mudah, bisa menumpu beban pekerja saat membersihkan, melakukan pengecatan dan sebagainya. Sehingga pekerjaan yang dilakukan saat maintenance lebih cepat selesai.

Sedangkan kekurangannya adalah pembuatannya yang cukup rumit sebab harus dipastikan aman dari bocor dan keropos. Rawan terdapat genangan air setelah hujan ini terjadi sebab air tidak langsung mengalir pada bidang miring layaknya menggunakan genteng.

Kekurangan paling jadi keluhan adalah biaya yang diperlukan untuk membuatnya cukup tinggi. Ini masih jadi salah satu alasan mengapa masih banyak yang memilih menggunakan atap genteng tanah liat.

Kelebihan dan kekurangan Genteng

Kelebihan penggunaan atap genteng paling utama adalah dapat diterapkan pada semua tipe bangunan. Bahan tanah liat mampu meredam panas, mempermudah sirkulasi udara dari pori-pori yang ada. Harganya ekonomis dengan proses pemasangan mudah.

Kekurangannya mudah rusak, pecah saat diinjak beban berat. Mudah bergeser akibat angin kencang dan hujan lebat. Warnanya cepat memudar, Anda akan lebih sering memerlukan pengecatan ulang.

Dari kelebihan serta kekurangan keduanya diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa pemilihannya berdasarkan kebutuhan serta budget. Jika ingin kualitas tahan lama dan memiliki budget, sebaiknya memilih atap dak cor.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Industrial 1 Lantai Minimalis Sederhana

Inspirasi Model Rumah Minimalis Atap Dak Cor

Ada berbagai desain yang bisa Anda pilih melalui internet. Bisa dijadikan sebagai referensi sebelum membangun atau merenovasi. Model terbaru tahun 2022 ini kami rangkum dalam pembahasan di bawah ini.

1. Atap datar minimalis

Unsur minimalis modern lebih kuat dengan model seperti ini. Jika biasanya atap miring karena memudahkan air hujan mengalir, kali ini tampilannya lebih unik dan tegas dengan posisi datar.

Bagian atas ini dibiarkan kosong, tujuannya untuk memudahkan saat perawatan. Misalnya membersihkan dari sampah supaya tidak menyumbat saluran air. Namun tetap dilapisi dengan cat supaya lebih rapi dan tahan lama.

2. Model susun

Model sebelumnya masih sangat simple? Anda bisa membuat bersusun, seolah bertingkat 2 namun sebenarnya hanya bagian atas saja sebagai atap. Susunan dibawahnya hanya sebagai pemanis.

Dibuat seolah bertingkat di bagian ventilasi diatas pintu dan jendela. Kemudian model rumah minimalis atap dak cor sesungguhnya bagian paling atas. Bagian ini lebih ditonjolkan dengan posisi dan ukuran lebih menjorok keluar.

3. Model Monokrom

Model rumah minimalis untuk atap dak cor dengan konsep hitam putih. Dominasi warna hitam dari bagian depan. Kemudian dikombinasikan dengan warna putih sebagai pilar-pilar. Untuk bagian atas dicat dengan warna hitam atau abu-abu tua.

4. Atap unik stylist

Model rumah minimalis atap dak cor ini dibuat seperti beberapa tingkat. Dibedakan menjadi 2 atau 3, misalnya bagian kanopi carport kemudian bagian tengah rumah lalu bagian paling belakang dibuat paling tinggi. Selain unik dari tampilan luar model ini menghasilkan sirkulasi udara maksimal pada bagian belakang.

5. Klasik elegan

Masih memadukan antara warna monokrom dengan elemen kayu. Kayu digunakan sebagai balok bagian depan atau samping, menonjolkan warna asli coklat. Selain itu tetap didominasi warna hitam. Bentuknya dibuat miring ke belakang, jadi lebih unik dan modern.

Padukan dengan style rumah farmhouse dimana banyak menggunakan elemen kayu di dalamnya. Seperti lantai dasar, set meja kursi, kitchen set, almari serta kusen pintu maupun jendela.

6. Model rumah minimalis atap dak cor lantai 1 ½

Maksudnya lantai 1½ adalah, ada bagian atap yang difungsikan namun tidak seluruhnya. Misalnya bagian depan sebagai balkon atau taman kecil, belakangnya adalah kamar tidur utama. Namun menonjolkan taman sehingga tampak hanya 1 lantai saja.

Baca Juga: Cara Membuat Atap Limas yang Ideal untuk Hunian Anda

Hunian impian Anda bisa terwujud dengan mudah bersama KPS Steel. Penyedia kebutuhan rangka baja berbagai tipe untuk menunjang struktur bangunan. Anda bisa berkonsultasi terkait kebutuhan model rumah minimalis atap dak cor paling ideal.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu