Harga Atap Baja Ringan Terbaru & Cara Hitung Biaya Pasangnya

harga-atap-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Harga atap baja ringan tiap merek tentu berbeda. Namun, terlepas dari itu semua banyak orang mulai menggunakannya sebagai material utama.

Tentu ada banyak alasan dibalik keputusan tersebut. Atap baja atau juga disebut genteng metal memiliki kelebihan berupa lebih kokoh.

Dari sisi estetika, genteng metal juga dianggap lebih baik dari genteng konvensional. Bahkan, harganya juga jauh lebih baik.

Meskipun bobotnya lebih ringan, tapi bisa bertahan hingga puluhan tahun. Menariknya, genteng metal juga mampu menahan beban berat. Namun, sebelum membelinya maka perhatikan beberapa hal berikut.

Tips Memilih Atap Baja Ringan

Pada dasarnya, tidak sulit untuk memilih atap baja ringan atau genteng metal. Namun, tentu ada beberapa tips yang harus Anda pahami. Dengan begitu, Anda bisa memiliki genteng metal berkualitas.

1. Memiliki lapisan antikarat

Genteng metal yang baik harus mampu bebas dari karat. Bagian atap rumah akan bersentuhan secara langsung dengan cuaca. Itulah mengapa lapisan antikarat menjadi sangat penting bagi atap baja.

2. Ada garansi

Selain lapisan antikarat, atap baja juga harus memiliki garansi. Umumnya, took akan menawarkan garansi selama 1 tahun. Namun, beberapa toko menawarkan garansi yang jauh lebih lama.

3. Dibekali software

Software untuk mendesain struktur baja ringan harus ada. Tujuannya adalah mempermudah pekerjaan sehingga konstruksi bisa cepat selesai. Oleh sebab itu harus dilengkapi juga dengan paku self-drilling hingga bracing.

Harga Atap Baja Ringan

Perlu diketahui bahwa harga untuk genteng metal tidak selalu sama. Setiap produsen akan memberikan penawaran harga yang berbeda-beda.

Untuk mempermudah anda, ambil contoh atap baja dengan merek BlueScope Zacs ®. Merek ini menyediakan 3 varian seperti Bare, Cool, dan Natural. Ukuran dari merek ini sendiri adalah 1 meter.

Sedangkan untuk harganya sendiri ada pada angka Rp 200-an ribu. Merek lain adalah Mega Truss dengan ketebalan 0,22 mm.

Mega Truss memiliki harga lembar lebih murah. Umumnya, Mega Truss bisa didapatkan dengan harga Rp 100-an ribu saja.

Jika ingin membeli dengan harga per meter, maka bisa memilih merek Jayawan. Harga atap baja ringan dari merek ini jauh lebih murah. Rata-rata harga per meter tidak sampai Rp 100.000.

Cara Menghitung Kebutuhan Atap Baja Ringan

Lalu, bagaimana untuk menghitung kebutuhan genteng metal tersebut. Sebenarnya, ada rumus sederhana yang bisa dipakai. Bahkan, rumus ini sendiri sudah ada sejak lama sebelum dunia konstruksi lebih modern.

Rumusnya sendiri bisa Anda pahami sebagai berikut:

(P bangunan + overstek genteng {kedua sisi}) x (L bangunan + overstek genteng {kedua sisi})/cos derajat.

Sebagai contoh, jika panjang bangunan adalah 12, lebar15 dan overstek 2 dengan kemiringan 40 derajat (0,766). Maka cara menghitungnya adalah (12+2+2) x (15+2+2)/0,766 = 396 m2.

Baca Juga: Cara Pemasangan Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Ringan

Jika sebelumnya adalah menghitung biaya kebutuhan genteng metal, maka saatnya menghitung biaya keseluruhan. Memasang genteng metal juga membutuhkan biaya, setidaknya adalah biaya tukang dan kebutuhan lain.

Rumus sederhananya adalah:

(V atap x harga baja ringan per m2) + (V atap x harga penutup atap per m2).

Dengan adanya rumus ini maka Anda bisa menghitung kalkulasi biaya pemasangan genteng metal. Jika tidak sesuai dengan perhitungan, maka hal tersebut biasanya disebabkan karena beberapa faktor lain.

Namun, setidaknya rumus tersebut akan membantu dalam pemasangan. Anda juga bisa melihat berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Ini mencegah adanya pemborosan yang tidak berarti.

Baca Juga: Ragam Inspirasi Rangka Atap Baja Ringan Model Miring

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk atap di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu