Inspirasi Rangka Atap Baja Ringan Model Miring dan Cara Pasangnya

rangka-atap-baja-ringan-model-miring-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Rangka atap baja ringan model miring semakin diminati saat ini. Khususnya untuk hunian tipe minimalis modern. Salah satu alasannya adalah penampilan rumah jadi makin dinamis dan unik. Selain menambah estetika, juga memaksimalkan sirkulasi udara dan mengurangi panas dari luar masuk. Tentu lebih nyaman meski tidak ditambah plafon di bawahnya.

Lebih kuat menahan tekanan dari atas misalnya hujan lebat atau turunnya salju. Kemudian bagian sisi lain yang tidak ditutup dapat difungsikan sebagai loteng. Menambah ruang dalam rumah anda. Terdapat berbagai inspirasi yang umum digunakan untuk membuat bentuk miring tersebut. Tidak hanya pada satu sisi anda bisa membuat lebih dari satu.

Baca Juga: Kelebihan Rangka Besi Kanal Sebagai Material Rangka Atap

Inspirasi Rangka Atap Miring

Rangka atap baja ringan model miring bisa dibuat beberapa modifikasi. Supaya lebih terlihat unik tanpa mengesampingkan fungsi dan faktor keamanan. Berikut beberapa bentuk sebagai inspirasinya.

1. Miring ke samping

Miring ke samping, sudah banyak digunakan. Rata-rata rumah untuk hunian dibuat atapnya ke samping kanan dan kiri. Anda bisa menggunakan kemiringan satu sisi saja, sehingga hasil akhirnya nanti salah satu sisi kanan atau kiri lebih tinggi. Ini merupakan konsep modern untuk memodifikasi sirkulasi udara serta isolasi termal. Hasilnya hunian anda lebih sejuk karena sudut paparan sinar matahari lebih maksimal dipantulkan.

2. Miring ke belakang

Menonjolkan bagian rumah dari tampilan depan. Seolah tidak memiliki penutup atap dan hanya berupa bangunan dinding. Model ini lebih unik, umumnya untuk hunian daerah subtropis yang tidak terlalu mementingkan kanopi teras depan.

3. Miring ke depan

Paling banyak digunakan untuk teras sebagai kanopi. Dibuat sudut seperti ini supaya air hujan langsung turun ke luar area utama rumah. Bisa langsung dihubungkan dengan selokan, menghindari tampias.

Langkah Memasang Rangka Atap Baja Ringan Model Miring

Memasang atap miring perlu dipersiapkan dengan matang. Anda harus membuat beberapa perhitungan supaya setiap bagian presisi dan aman termasuk untuk bagian yang tidak diberi atap. Berikut caranya.

1. Sudut ring balok

Pastikan bagian ini dalam keadaan siku, permukaannya harus rata. Fungsinya sebagai penopang beban rangka serta penutup. Salah memperhitungkan sudut bisa berakibat fatal dan berpengaruh pada kualitas dan masa pakai bangunan. Perhatikan perbandingan antara panjang kaso dengan kuda kuda. Harus sesuai supaya tidak terlalu miring dan sebaliknya terlalu tegak. Dalam hal ini anda bisa meminta bantuan tenaga ahli supaya perhitungan tepat.

2. Jarak baut

Jarak setiap baut mulai dari tepi dan sambungan batang minimal 2x garis tengah baut. Sedangkan jarak antar baut satu dengan lainnya adalah 3x diameter. Ini sesuai dengan standar keamanan pemasangan rangka atap baja ringan. Tidak dianjurkan memasang baut pada titik berat batang. Ini akan menambah berat beban tumpuan. Sebaiknya memasang pada area tepi membagi sudut temu antar batang secara simetris.

3. Pemasangan akhir

Setelah pemasangan balok nok, segera lakukan bracing. Bracing atau pengikatan dipasang pada bagian bawah reng. Lalu dipasang juga pada bagian atas top-chord, kemudian pasang reng sebagai penumpu tutup atap. Cara pemasangan di atas harus didukung dengan penggunaan alat dan bahan berkualitas. Selain hasil akhirnya eksklusif juga menjamin keamanan untuk penggunaan jangka panjang. Anda bisa membeli bahan berkualitas dari kami.

Baca Juga: 5 Rahasia Merawat Rangka Atap Baja RIngan Agar Kuat dan Awet

Kualitas baja ringan kelas dunia dengan berbagai tipe dan ketebalan kami sediakan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu