6 Alasan Konstruksi Atap Baja Ringan Semakin Diminati

konstruksi-atap-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Pada mulanya, penggunaan atap baja ringan hanya digunakan untuk beberapa jenis bangunan. Artinya, masyarakat awam belum terbisa menggunakan konstruksi tersebut karena beberapa alasan. Namun, saat ini justru sebaliknya. Inovasi atap baja ringan bahkan memiliki perkembangan paling cepat diantara material konstruksi lainnya. Hampir setiap konstruksi bangunan saat ini memanfaatkan baja ringan sebagai material atapnya.

Hal tersebut tentu saja cukup menarik untuk diperhatikan. Apalagi, atap baja ringan secara bertahap menggantikan kayu sebagai konstruksi atap. Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Apa alasan terbaik menggunakan atap baja ringan?

Baca Juga: Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan dan Cara Pasangnya!

Beberapa Alasan Konstruksi Atap Baja Ringan Semakin Populer

Ada banyak sekali alasan mengapa baja ringan semakin popular dan diterima masyarakat. Penggunaannya bahkan mengalahkan kayu yang sudah ada lebih dulu. Ternyata, inilah alasan mengapa atap baja ringan semakin popular.

1. Perakitan Mudah dan Praktis

Untuk menghemat dan memaksimalkan waktu pengerjaan, maka setiap hal harus dilakukan secara mudah dan praktis. Baja ringan memberikan hal tersebut karena tidak perlu lagi melakukan pemotongan kasar dan melakukan penyesuaian. Saat ini, banyak produsen yang sudah menyediakan beberapa ukuran baja ringan. Setiap orang hanya perlu memilih ukuran sesuai dengan rangka atapnya. Hal ini akan membuat pekerjaan jauh lebih mudah dari seharusnya.

Rata-rata pengerjaan konstruksi ini bahkan bisa diselesaikan dalam jangka waktu 3 hari. Sedangkan jika menggunakan material kayu akan memakan waktu sampai 1 minggu. Jadi, terlihat jelas perbedaannya, bukan?

2. Memiliki Lapisan Antikarat

Material ini telah dilengkapi dengan lapisan antikarat. Korosi memang musuh alami bagi banyak material logam. Namun, selama ada lapisan antikarat, maka material tersebut tidak akan terkena korosi. Lapisan antikarat yang dioleskan di seluruh permukaan akan melindungi material atap baja ringan dari penyebab-penyebab karat. Jika memang ada bagian lapisan luar yang terkelupas, maka Anda hanya perlu melapisinya kembali menggunakan cairan khusus.

Berbeda dengan kayu yang bisa lapuk karena termakan usia. Jika sudah lapuk, maka akan sangat berbahaya bagi konstruksi rumah. Atap roboh adalah ancaman paling nyata yang harus diperhatikan.

3. Antirayap

Selain tidak akan terkena korosi, konstruksi atap baja ringan juga tidak akan rusak karena rayap. Hal ini karena atap baja ringan terbuat dari material logam di mana tidak akan rusak dimakan rayap. Rayap hanya akan merusak material organis seperti kayu. Meskipun sudah dilapisi dengan lapisan pelindung, kayu bisa kapan saja lapuk. Apalagi jika sudah memiliki usia hingga puluhan tahun tanpa adanya perawatan.

4. Tahan Terhadap Api

Logam tidak akan mudah meleleh sampai pada suhu tertentu. Artinya, jika hanya kobaran api biasa maka tidak akan merusak baja ringan tersebut. Ini jelas akan memberikan perlindungan yang lebih baik. Ada beberapa alasan mengapa baja ringan bisa kebal terhadap api. Salah satunya adalah karena ada campuran aluminium zinc yang membuatnya bermutu tinggi sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan saat terbakar.

5. Lebih Ringan

Jika membandingkannya dengan beberapa material lain, baja ringan jelas memiliki bobot paling ringan. Faktanya, material baja ringan tersebut hanya memiliki bobot antara 50 sampai 150 pon per perseginya. Ini akan memberikan dukungan kepada sloof tulangan yang menahan beban bangunan secara keseluruhan. Tidak salah memang jika kemudian banyak orang lebih memilih material tersebut untuk konstruksi atap.

6. Efisiensi Energi

Dari beberapa penelitian, menggunakan rangka atap ini akan menghemat biaya pendinginan sebesar 30% setiap bulan. Selain itu, material ini bahkan juga bisa didaur ulang jika memang sudah tidak digunakan kembali.

Baca Juga: Penyebab Rangka Atap Baja Ringan Berbunyi

Jika Anda membutuhkan baja ringan untuk membuat konstruksi atap, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai baja ringan di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu