4 Kegunaan Kawat Seling dan Jenisnya di Berbagai Industri

kawat-seling-KPS-Steel-distributor-besi-jakarta

Kegunaan Kawat Seling dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Anda Ketahui

Kawat seling atau sling adalah suatu material yang kerap digunakan dalam beragam industri. Pada dasarnya, bahan yang juga memiliki nama lain wire rope ini memiliki fungsi sebagai tali. Anda tentu paham apa kegunaan tali secara umum, yakni salah satunya adalah alat penarik maupun pengangkat suatu benda agar lebih memudahkan pekerjaan. Berbeda dari tali biasa pada umumnya, wire rope memiliki ciri khusus.

Baca Juga: Ukuran Plat Eser di Pasaran dan Kegunaannya

Yakni terbuat dari material baja sehingga memiliki kekuatan berkali-kali lipat dibanding tali biasa. Kegunaannya yaitu untuk mengangkat maupun menarik benda yang memiliki beban atau daya sangat besar. Agar benda dengan beban besar tersebut dapat terangkat sempurna tanpa menyebabkan kerusakan, maka harus menggunakan alat penarik khusus. Yakni sling dari baja tersebut. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai beragam kegunaannya.

Beragam Kegunaan Kawat Seling

Penggunaan wire rope sangat luas dan mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan, industri mining, konstruksi, hingga telekomunikasi. Berikut ini beberapa kegunaannya.

Industri Perkapalan

Salah satu penggunaan material tali baja ini yaitu dalam industri perkapalan. Contoh aplikasinya antara lain sebagai penarik supaya kapal dapat menambat ke dermaga atau galangan. Selain itu digunakan juga sebagai alat penarik kapal rusak. Kawat baja ini pada kapal diaplikasikan juga pada crane guna membantu pengoperasian mesin ketika menarik peti kontainer. Pengikatan barang besar pada kapal tongkang juga memanfaatkan material ini.

  • Industri Perikanan

Pada industri perikanan, kawat seling dipakai untuk membantu para nelayan dalam pengangkatan jala ketika menangkap ikan. Jala berukuran besar yang memuat ikan hingga berton-ton tentunya harus memakai tali pengangkat kuat.

  • Industri Gas dan Perminyakan

Aktivitas kerja di industri ini melibatkan banyak pengeboran untuk eksplorasi maupun eksploitasi sumber gas serta kilang minyak. Kawat bajadipakai sebagai komponen drilling line untuk pekerjaan pengeboran.

  • Industri Konstruksi

Pemakaian wire rope dalam konstruksi tentunya sangat beragam. Lift yang Anda naiki ketika berada di gedung-gedung bisa naik turun berkat adanya komponen material ini. Selain itu, digunakan pada pekerjaan jembatan hingga paku bumi.

  • Industri Telekomunikasi

Tower pemancar yang memungkinkan terkirimnya sinyal bisa berfungsi dengan baik berkat adanya guy wire sebagai penstabil antena (tower). Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi jarak jauh secara lancar setiap hari.

Jenis-jenis Kawat Seling Sesuai Fungsinya

Wire rope terdiri dari beberapa macam jenisnya dan memiliki fungsi masing-masing. Oleh karena itu, ketahui apa saja jenis beserta fungsi yang sesuai peruntukkan agar tidak salah. Berikut ini informasinya

Wire Rope Umum

Sama seperti sebutannya, tali baja satu ini memiliki fungsi yang umum dalam banyak industri. Yakni sebagai penarik berbagai benda. Aplikasinya banyak ditemukan pada aktivitas kerja konstruksi, perkapalan, dan lainnya.

  • Wire Rope Stainless Steel

Jenis tali seling stainless steel memiliki daya kekuatan tarik lebih rendah dibanding jenis lainnya. Meski demikian, tipe tali baja ini memiliki keunggulan dari segi tampilan yang berkilau. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai dekorasi.

  • Wire Rope Kinerja Tinggi

Sesuai dengan sebutannya, jenis kawat baja ini memiliki kekuatan kinerja tinggi. Sehingga dipakai dalam berbagai pekerjaan berat, pengoperasian crane baik pada industri konstruksi, oil and gas, dan lain sebagainya.

  • Wire Rope Baja

Jenis ini juga diaplikasikan dalam berbagai pekerjaan berat. Baik itu sebagai komponen alat-alat berat hingga penarik benda dengan beban tinggi. Kegunaannya sering ditemukan pada aktivitas kerja di konstruksi, tambang, dan sebagainya.

Baca Juga: Perbedaan Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih

Pastikan Anda memilih supplier wire rope yang menyediakan jenis-jenis material tersebut secara lengkap serta berkualitas. KPS Steel adalah penyedia berbagai material termasuk kawat seling dengan kualitas unggulan yang siap menjawab kebutuhan Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kawat seling dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu