Kenali Ukuran Plat Eser di Pasaran dan Kegunaannya

ukuran-plat-eser-dan-kegunaannya-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta-Jenis-Besi-Plat

Ukuran Plat Eser di Pasaran dan Kegunaannya

Salah satu material yang sering digunakan dalam industri konstruksi hingga fabrikasi ialah plat eser. Ini merupakan bahan dari besi yang sering Anda jumpai sehari-hari yakni pada barang-barang hingga bangunan gedung. Besi merupakan bahan yang memiliki kekuatan serta ketahanan tinggi sehingga dimanfaatkan untuk berbagai industri mulai dari konstruksi, otomotif, manufaktur, dan lain sebagainya.

Bentuk fisik logam besi yang digunakan sebagai material juga beragam. Misalnya bentuk batangan, kotak, hingga pipih alias lembaran. Kali ini kami akan mengulas tentang material besi lembaran yang disebut dengan plat (plate).

Baca Juga: Apa Bedanya Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih? Simak Penjelasannya!

Plate sendiri terdiri dari beberapa macam jenisnya. Salah satu yang paling banyak digunakan ialah eser plate dengan ukuran beragam. Sebelum memulai pekerjaan Anda dalam industri apapun, ketahui terlebih dulu ukuran eser plate yang dibutuhkan sehingga cocok sesuai peruntukannya.

Ukuran Plat Eser Berdasarkan Kebutuhannya

Eser plate merupakan material dari besi atau baja yang berbentuk pipih alias lembaran. Karena bersifat lembaran, maka bahan satu ini memiliki dimensi tinggi, lebar, serta panjang tersendiri. Material ini memiliki bentuk fisik lembaran pipih seperti triplek. Perbedaannya adalah triplek menggunakan kayu sebagai bahannya. Sedangkan eser plate dibuat dari material besi atau baja melalui serangkai proses.

Lempengan eser ini juga dikenal dengan sebutan base plate dengan standar dimensi panjang lebarnya yaitu 4 x 8 feet. Ukuran tersebut setara sekitar 122 cm x 244 cm. Sedangkan ketebalannya terdiri dari beberapa variasi. Bahan dari baja tersebut memiliki beragam spesifikasi. Meski demikian, jenis spesifikasi yang lebih umum dan dominan digunakan oleh para pengembang antara lain JIS G3131 SPHC, JIS G3101 SS400 hingga ASTM A36.

Pada dasarnya ukuran panjang dan lebar plat inisama, yakni 122 cm x 244 cm. Yang membedakan antara satu dan lainnya adalah ukuran ketebalannya (tinggi). Ketebalan jenis plat ini yaitu 5, 6, 8, 10, dan 12 mm bahkan hingga 200 mm. Anda perlu menentukan ketebalan berdasarkan kebutuhannya. Semakin tebal ukurannya, maka harganya juga semakin tinggi.

Harga suatu lempengan eser biasanya turut mempengaruhi kualitasnya. Untuk itu, jangan cepat tergiur dengan harga murah. Sebaiknya pilihlah distributor penyedia plat besi dan baja berkualitas serta terpercaya.

Karakteristik dan Kegunaan Plat Eser

Setelah mengetahui tipe-tipe ukurannya, perlu Anda ketahui juga seperti apa karakteristik dan juga kegunaan material satu ini. Karena terbuat dari material baja atau besi, maka tidak heran bahan ini memiliki kekuatan tinggi. Secara fisik, material satu ini berbentuk pipih lembaran seperti triplek namun tentunya mempunyai kekuatan yang jauh lebih kuat.

Permukaannya berwarna hitam, maka banyak juga disebut plat besi hitam.Berkat kekuatannya, pelat eser sangat cocok digunakan untuk beragam pekerjaan dan industri. Misalnya berfungsi sebagai sambungan konstruksi supaya strukturnya lebih kuat dan aman jika nantinya sudah digunakan.

Selain sebagai material penyambung, bahan tersebut juga sering digunakan untuk dudukan baja profil. Karakteristiknya yang berbentuk pipih menjadikan bahan ini mudah dibentuk. Sehingga banyak juga digunakan di industri otomotif. Yakni untuk pembuatan berbagai kendaraan sehingga kendaraan tersebut menghasilkan struktur kuat serta aman bagi pengemudi beserta seluruh penumpangnya.

Jenis plate eser juga dipakai pada konstruksi outdoor (luar ruangan). Karena memiliki lapisan berkualitas sehingga strukturnya tetap kokoh serta tahan lama meskipun dipakai untuk outdoor. Dari segi perawatan, material ini juga memiliki keunggulan yaitu perawatannya mudah.

Sebagai distributor material besi terpercaya, KPS Steel selalu menghadirkan pelat besi berkualitas untuk kebutuhan pekerjaan Anda. Selain plat eser, kami juga menyediakan bahan besi lainnya secara lengkap sehingga bisa didapatkan semuanya disini.

Baca Juga: Inspirasi Kursi Besi dan Jenisnya untuk Dekorasi Rumah

Kualitas material adalah jaminan yang kami prioritaskan. Sehingga Anda dapat memiliki plat eser maupun jenis lainnya yang terbaik. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai plat eser dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu