Kenali Yuk, Perbedaan Besi Wiremesh Dengan Besi H Beam

Dalam dunia konstruksi bangunan, ada dua jenis material yang sering digunakan Besi Wiremesh dan Besi H Beam. Kedua material tersebut digunakan untuk kebutuhan memperkuat struktur. Dua material tersebut adalah besi wiremesh dan besi H beam.

Meski penggunaannya sama-sama untuk struktur, namun fungsi kedua material tersebut sangat berbeda.

Perbedaan Besi Wiremesh dan H Beam

Wiremesh dan H beam memiliki cukup banyak perbedaan. Yang paling terlihat adalah dari sisi wujud, aplikasi, dan ukuran. Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar dari wiremesh dan H beam:

1. Bentuk Besi Wiremesh dan H Beam

Dari sisi bentuk, kedua jenis material ini jelas berbeda. Wiremesh adalah besi yang dibentuk dengan anyaman, sehingga membentuk lembaran dengan struktur persegi. Sementara H beam berbentuk panjang seperti balok, dengan bentuk huruf H pada penampangnya. 

2. Aplikasi

Perbedaan berikutnya dalah dari sisi penggunaan. Besi wiremesh biasanya menjadi elemen penguat untuk struktur beton.

Beton yang dituang ke dalam kolom, biasanya memiliki wiremesh di bagian tengahnya. Tujuannya adalah agar bagian dalam beton tidak mudah retak saat kering.

Dengan demikian, pada hasil akhirnya, wiremesh tidak nampak dari luar. Sementara, H beam adalah material yang sifatnya struktur yang menopang secara langsung.

Besi H Beam sering dijadikan pondasi untuk dak beton atau beranda. Karena aplikasinya yang struktural, H beam cukup mudah dilihat dengan mata telanjang.

3. Ragam Penggunaan

Besi wiremesh tersedia dalam banyak pilihan ukuran. Wiremesh yang berukuran besar biasanya digunakan untuk kolom beton yang besar, seperti beton jalan raya, beton dinding, dan lahan parkir.

Sedangkan ukuran lainnya bisa dipilih untuk dijadikan pagar bangunan, beranda, hingga kawat nyamuk. H beam juga sebetulnya tersedia dalam berbagai ukuran.

Hanya saja, tidak banyak ragam penggunaan besi berbentuk H ini. Kegunaannya relatif terbatas pada struktur bangunan saja. Karena kemampuan topangnya yang sangat tinggi.

4. Karakteristik

Karena bersifat lembaran, wiremesh pada umumnya lebih fleksibel daripada besi H beam. Karena fleksibilitasinya itu, bisa digulung dan tidak memakan banyak tempat untuk logistik maupun penyimpanan.

Sementara, H beam biasanya dipesan dalam bentuk yang cukup panjang. Sehingga membutuhkan kendaraan angkut yang panjang untuk mengakomodir ukurannya.

H beam juga membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih luas. Oleh karena itu, pada proyek yang berskala kecil, H beam biasanya diletakan begitu saja di areal proyek.

Baca Juga: Pilihan Besi untuk Renovasi Rumah Menjadi Bertingkat

5. Cara Pembuatan

Besi wiremesh dibuat dari kawat baja. Kawat tersebut kemudian dianyam sehingga membentuk lembaran. Pada pertemuan permukaan yang dianyam, biasanya dilakukan pengelasan, agar ikatannya lebih kuat.

Sementara H beam dibuat dengan metode roll. Pada metode ini, baja dimasukan ke sebuah alat penggiling bersuhu sangat tinggi ntuk membentuk ukuran dan ketebalan yang diinginkan. Itu sebabnya, besi H beam juga disebut dengan hot rolled steel.

6. Proses Kerja Konstruksi

Pada umumnya, wiremesh lebih fleksibel dalam penggunaannya di dunia konstruksi. Pasalnya, wiremesh tergolong material tambahan, sehingga dengan mudah bisa dipotong untuk menyesuaikan kolom betonnya.

Sementara H beam, relatif harus dipesan sesuai ukurannya. Karena H beam agak sulit dipotong. Sehingga, sejak awal memang harus disiapkan dengan ukuran yang dibutuhkan.

7. Harga Besi Wiremesh H Beam

Karena pada dasarnya memang wiremesh dan H beam sangat berbeda penggunaannya, tentu saja kedua jenis material ini berbeda juga dari sisi harga. Tentunya, harga tersebut tergantung pada ukuran yang Anda butuhkan.

Demikian tadi, beberapa perbedaan mendasar antara wiremesh dan H beam. Tentunya, meskipun banyak perbedaan, biasanya besi wiremesh dan besi H beam selalu ada dalam setiap proyek konstruksi

Karena, keduanya memiliki peran yang penting dalam hal memperkuat struktur bangunan.

Baca Juga: Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi, mulai dari besi wiremesh hingga besi H beam.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu