Mari Pelajari Lebih Lanjut Tentang Tangga Putar Besi!

Di antara berbagai jenis tangga, tangga putar adalah salah satu yang memiliki bentuk dan karakter yang paling unik. Tangga melingkar bahkan memiliki banyak varian yang berpotensi memberi solusi sirkulasi vertikal sekaligus menambah nilai estetika pada ruang/bangunan.

Salah satu tangga putar yang cukup populer dan digemari adalah tangga putar dari material besi. Lewat artikel ini kami akan mengajak Anda untuk menelusuri kelebihan tangga putar besi berikut proses pembuatan dan pengaplikasiannya. Yuk, kenali tangga putar yang artistik ini!

Kelebihan Tangga Putar Besi

Alasan pemilihan tangga putar besi di antaranya karena tangga ini hanya memerlukan sedikit ruang. Ukuran terkecil bahkan hanya memerlukan ruang kurang dari 2 meter persegi.

Jadi, tangga ini sangat cocok diterapkan di area terbatas, seperti rumah minimalis, akses ke loteng, atau tangga darurat.

Baca Juga: Aplikasi Material Besi Pada Gaya Industrial

Secara khusus tangga putar besi juga memiliki beberapa kelebihan berikut.

  • Karakter unik menampilkan kesan artistik. Pilihan warna finishing memengaruhi tampilan terhadap ruang—kesan elegan, maskulin, modern.
  • Relatif kuat dan kokoh serta tahan lama.
  • Cocok untuk desain apa pun di area interior maupun eksterior.
  • Biaya pembuatannya relatif ekonomis.
  • Pemasangannya relatif mudah dan cepat.
  • Ruang di bawahnya masih dapat dimanfaatkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Tangga Putar Besi

Untuk merencanakan tangga putar besi yang fungsional sekaligus artistik dan bisa Anda dapatkan di PT KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta, ada beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan.

1. Varian Tangga Putar

Pilihan varian tangga putar besi dapat disesuaikan penempatannya. Ada yang didukung konstruksi dinding, menggunakan pilar pada bagian tengah, dan sebagainya.

2. Material Yang Dibutuhkan

Berbagai jenis besi dapat dipilih dan dikombinasikan sesuai desain dan biaya. Misalnya, besi pipa bulat untuk tiang utama; plat bordes untuk anak tangga; besi as, ulir, atau hollow untuk railing/balustrade; dan sebagainya. Kombinasi dengan material lain, seperti kayu, juga dapat dilakukan jika diinginkan.

3. Keamanan Dan Kenyamanan

Tangga melingkar memiliki risiko bahaya bagi anak-anak dan lansia; atau jika seseorang melewatinya dengan tergesa-gesa. Demi keamanan dan kenyamanan perhitungan maupun pengerjaannya harus dilakukan oleh ahlinya serta mengikuti standar yang ada.

Misalnya, hindari mengurangi jarak ketinggian anak tangga; pastikan ketersediaan railing/balustrade dengan kisaran tinggi 90-100 cm; dan sebagainya.

4. Perakitan Dan Pemasangan

Perakitan tangga putar besi dapat dilakukan di bengkel las. Sementara dilakukan perakitan, lokasi penempatan harus sudah disiapkan dengan baik. Lubang void di lantai atas telah dibuat sesuai ukuran tangga, dan lantai bawah bersih dari gangguan.

Baca Juga: Kuda-Kuda Baja: Membangun Ketangguhan Untuk Atap

Apakah Anda tertarik mengaplikasikan tangga putar besi di rumah Anda? Silakan menghubungi KPS Steel distributor besi Jakarta untuk mendapatkan material besi berkualitas yang dibutuhkan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besiMulai dari besi beton, besi kanalhingga besi hollow.

Bagikan Artikel :
Menu