Kenali Lebih Dalam Kegunaan Pipa Furniture

Kenali Lebih Dalam Kegunaan Pipa Furniture

Berbicara mengenai bahan konstruksi bangunan, maka Anda tidak akan lepas dengan kehadiran pipa furniture.

Pipa yang terbuat dari bahan utama polivinil klorida dan digunakan untuk aliran air dalam sebuah bangunan. Karena memiliki manfaat yang cukup banyak, maka pipa ini sering dicari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bangunan.

Baca Juga: Atap Baja Ringan. Bagaimana Cara Pemasangannya?

Selain mudah didapatkan, pipa ini juga dijual dengan harga yang murah. Anda bisa membelinya di toko bangunan. Tidak hanya itu saja, namun pipa jenis furniture juga mudah dalam proses pemasangannya.

Apa Saja Kegunaan Pipa Furniture?

Ada beberapa kegunaan pipa furniture dalam sebuah bangunan, diantaranya adalah:

1. Untuk supply air bersih

Kebutuhan sanitasi  dalam rumah tangga harus diimbangi dengan pasokan air  bersih yang cukup. Kondisi air yang bersih tidak hanya terlihat jernih saja,  namun juga terhindar dari bahan kimia yang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Pipa jenis furniture terbuat dari bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau zat lain. Sehingga aliran air dalam pipa yang dialirkan kedalam rumah tetap terjaga kebersihannya dan aman digunakan, baik untuk air minum, memasak, mandi, mencuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

2. Saluran pembuangan

Selain digunakan untuk mengalirkan air bersih, pipa ini juga biasa digunakan sebagai saluran air pembuangan seperti air hujan, air cucian piring, air kotoran lainnya menuju septic tank dan sebagainya.

3. Kecepatan aliran stabil

Dengan permukaan pipa yang licin maka dapat memberikan manfaat tersendiri dalam sebuah konstruksi bangunan yaitu untuk menjaga aliran air agar tetap stabil. Karena bahan yang licin, pipa akan terhindar dari benda-benda kecil yang tajam dan mampu merusak pipa. Sehingga pipa menjadi lebih awet, tahan lama dan tidak perlu bolak balik membersihkan atau mengganti pipa.

4. Pelindung kabel listrik

Pipa furniture tidak hanya berfungsi sebagai aliran air, namun kabel listrik yang ada di dalam atau di luar dinding juga dapat dirapikan dan disembunyikan menggunakan pipa ini agar lebih aman. Dengan begitu, maka rumah akan terlihat lebih rapi karena kabel tidak berserakan dimana-mana yang mengganggu pemandangan mata.

5. Meredam api

Manfaat lain penggunaan pipa jenis furniture yaitu untuk meredam api. Karena pipa terbuat dari bahan yang tidak menghantarkan panas. Jadi, jika terdapat percikan api atau terjadi kebakaran maka api tidak akan mudah merembet ke area lainnya.

Namun api akan berhenti pada titik pipa yang dipasang dan bisa dibilang bahwa pipa ini sangat aman karena dapat mencegah terjadinya kebakaran dalam rumah atau bangunan lainnya.

6. Saluran septic tank

Pipa ini sangat cocok digunakan sebagai saluran septic tank karena permukaannya yang licin. Maka air dan kotoran akan terbuang dengan lancar dan terhindar dari mampet. Dengan bahan pipa yang kuat juga mampu mengurangi risiko pipa mengalami pecah dan menyebabkan saluran pembuangan ke septic tank terganggu.

Jika hal ini terjadi, maka akan menyulitkan pemilik rumah karena harus dilakukan pembongkaran yang tentunya membutuhkan tenaga dan biaya. Dengan menggunakan pipa tersebut, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dan dapat menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan.

Baca Juga: Cara Menjaga Atap UPVC Agar Tahan Lama

Dengan mengenal pipa furniture dan beberapa kegunaannya, tentunya Anda akan memilih pipa tersebut untuk kebutuhan rumah tangga atau bangunan lainnya dengan harga murah. Namun perlu Anda ketahui, antara toko yang satu dengan yang lain bisa saja menawarkan harga berbeda karena masing-masing toko memiliki kebijakan. Untuk menemukan bahan pipa terbaik, KPS Steel sebagai distributor menyediakan bahan pipa berkualitas, Anda dapat melihat-lihat produknya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu