Perbedaan Pipa Schedule dan Medium yang Dipahami Sebelum Membeli

Tidak banyak orang tahu mengenai perbedaan pipa schedule dan medium sehingga kebanyakan menganggap semuanya sama. Padahal, secara kasat matanya saja, keduanya terlihat berbeda karena masing-masing pipanya memiliki karakteristik sendiri.

Jika dilihat dari pemanfaatannya, setiap jenisnya akan digunakan pada industri dengan fungsi yang berbeda seperti instalasi, furniture, atau lainnya.

Sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui seperti apa pipa yang dibutuhkan. Karena tidak boleh sampai salah beli, jika sampai terjadi kesalahan pipa-pipa mungkin akan terbuang percuma karena kurang sesuai.

Mengetahui Apa Itu Pipa Schedule

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan pipa schedule dan medium, Anda perlu memahami pengertian dari masing-masing material. Pipa schedule seringkali digunakan sebagai saluran untuk mengalirkan air atau cairan serta gas ke gedung komersial.

Pipa sch atau schedule hydrant juga difungsikan sebagai alat penyuplai air bersih. Sementara jika dilihat dari fisiknya, fungsi dari pipa-pipa ini adalah menjadi struktur penyangga bangunan atau floordeck rumah.

Pipa Schedule mempunyai 2 varian yakni sch 40 dan 80. Angka-angka tersebut bukanlah hanya penulisan tak bermakna, tapi ada arti dari kedua angkanya yang berkaitan dengan ketebalan dan kegunaannya.

Pada varian pertama, angka 40 merupakan nilai maksimum dari tekanan udara agar pekerjaan salurannya optimal. Sementara angka 80 sama-sama merupakan nilai maksimum tekanan udara sehingga variasi kedua lebih bertekanan besar.

Perbedaan pipa schedule dan medium juga terletak pada ukuran diameter sama seperti variasi 40 80. Ukuran dan diameter pada variasi 80 memiliki ketebalan hingga 8 NPS, sementara 40 lebih tipis.

Selanjutnya dalam hal kegunaan, variasi 40 digunakan untuk mengalirkan udara dan difungsikan sebagai pipa pada industri kimia. Sedangkan variasi 80 difungsikan dalam proyek konstruksi besar seperti tiang, rangka, fluida.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pipa Baja di Berbagai Industri

Apa Itu Pipa Galvanis Medium

Pipa galvanis medium juga memiliki dua variasi seperti sch, yakni A dan B. Perbedaannya sendiri sangat jelas terlihat terutama pada ketebalan, ketebalannya sendiri dimulai dari 1 milimeter.

Sebelum mengetahui perbedaan pipa schedule dan medium, ketahui dahulu perbedaan-perbedaan diantara kedua variasi galvanis. Seperti pada variasi A memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan dengan B.

Dari pemanfaatannya, kedua pipa ini memiliki fungsinya masing-masing yakni variasi A digunakan pada proyek skala besar. Sedangkan variasi B akan difungsikan sebagai instalasi listrik, namun dalam skala lebih kecil.

Meskipun memiliki dua variasi, namun keunggulan yang dimilikinya tetap sama. Selama pipa-pipa tersebut melewati proses yang sama, yakni galvanisasi maka sifat dan karakteristiknya akan tetap diturunkan.

Misalnya seperti karakteristik daya tahan dan kekuatannya yang membuat pipa-pipanya sulit dihancurkan atau pecah.

Ketahanannya terhadap korosi juga jadi perbedaan pipa schedule dan medium. Selanjutnya adalah galvanis difungsikan sebagai pelapis baja sehingga mengurangi sifat korosif besi dan membuatnya menjadi tahan lama meskipun di outdoor.

Keduanya juga dimanfaatkan sebagai sistem saluran air luar ruangan. Ini memang sudah menjadi fungsi dasar, sehingga keduanya bisa difungsikan sebagai saluran air tersebut.

Perbedaan Pipa Schedule dan Pipa Galvanis Medium

Antara pipa schedule dan pipa galvanis memiliki perbedaan ukuran. Contohnya seperti schedule yang memiliki variasi pipa 40 dan 80, sedangkan pada galvanis bervariasi A B.

Ukuran pipa normal merupakan perkiraan pengukuran diameter luarnya, ini bukan diameternya, tapi nomor pada referensinya. Misalnya ukurannya adalah 3 maka, diameter luar aktualnya adalah 3.500 inci.

Namun, jika ditanya perbedaan pipa schedule dan medium terdapat pada proses pembuatannya. Seperti galvanis, maka proses yang diadopsi dalam pembuatannya adalah galvanisasi atau pelapisan logam seng pada permukaannya.

Sedangkan pada schedule hydrant atau sch mengadopsi proses forging di mana bilet yang telah dipanaskan akan diletakkan dalam cetakan. Setelah diletakkan, nantinya besi panas akan dipukul atau ditempa menggunakan palu.

Penggunaannya juga jadi perbedaan pipa schedule dan medium, karena masing-masingnya telah dibuat sesuai kegunaannya. Hal ini dilakukan agar keduanya bisa menjalankan tugas dengan baik semestinya.

Pada schedule difungsikan sebagai produk konstruksi serta pengaplikasian rangka, serta mengalirkan fluida. Hampir sama seperti galvanis, namun yang menjadi perbedaan adalah pipanya ini juga digunakan dalam pembuatan knalpot kendaraan.

Baca Juga: Cara Menghitung Diameter Pipa Besi dengan Akurat

Baik schedule maupun medium, KPS Steel menyediakan kedua pipanya tersebut. Dengan harga terjangkau, namun kualitas bahan pembuatan tetap menggunakan yang terbaik di kelas pasaran. Anda bisa memesannya langsung kepada kami.

Jika Anda membutuhkan pipa schedule, pipa hitam atau pipa galvanis atau kebutuhan terkait besi lainnya, Anda bisa mempercayakan kami, KPS Steel. Kami merupakan penyedia atau supplier baja dan besi terpercaya khususnya di wilayah Jabodetabek sejak 2011.

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu