Mengenal Ragam Jenis dan Kegunaan Pipa Hitam

mengenal ragam jenis dan kegunaan pipa hitam

Pipa hitam memiliki beragam jenis dan ukuran, serta kegunaan-kegunaan yang berbeda.Apa sebenarnya pipa hitam itu? Pipa hitam merupakan salah satu alat pendukung konstruksi yang cukup penting. Bentuknya dilengkapi dengan sebuah rongga bulat dengan bahan pembuat dari baja atau besi.

Baca Juga: Proses Pembuatan dan Manfaat Pipa Hitam

Pipa ini memiliki beragam ukuran, mulai dari 0,5 inci hingga 24 inci dengan panjang sekitar 6 meter. Ketebalannya juga berbeda-beda, dan diberi istilah schedule. Terdapat beberapa schedule number, misalnya 10 dan 10S.

Jenis-jenis Pipa Hitam

Pipa hitam ini punya beberapa ragam dengan karakteristik yang berbeda. Apa saja? Berikut uraian lengkapnya,

1. Pipa ductile

Jenis pertama adalah pipa ductile yang biasanya dipakai sebagai konstruksi bangunan penyuplai air. Beberapa karakteristiknya adalah kuat, memiliki daya tahan tinggi, dan tahan korosi/karat. Pipa ini sekarang diproduksi dalam berbagai ukuran diameter, bahkan bisa menjadi sambungan yang tahan gempa.

2. Pipa hollow

Sering disebut pipa kotak, pipa ini banyak menjadi bahan pembuatan pagar atau rangka plafon rumah. Karakteristik pipa hollow, antara lain kuat, mudah dipasang, tidak mudah rusak, dan tahan api.

3. Pipa welded

Berawal dari pelat yang dilengkungkan kemudian dilas hingga terbentuk sebuah pipa, itulah asal pembuatan pipa welded. Pipa ini memiliki garis sambungan pelat berupa garis memanjang, meski banyak juga pipa welded yang garisnya telah tersamarkan. Pembuatan pipa ini tidak boleh sembarangan, dan hanya bisa dilakukan oleh perusahaan bersertifikasi.

4. Pipa seamless

Jenis pipa hitam ini tidak memiliki sambungan dan pembuatannya dilakukan dengan melubangi sebuah silinder sampai pipa utuh berhasil dibuat. Anda bisa mengeceknya dengan melihat sisi dalam pipa. Daya tahan pipa ini terbilang tinggi, dan biasanya dihargai lebih mahal dibandingkan pipa welded.

5. Pipa ulet

Pipa ulet terbuat dari campuran besi dan grafit, serta digunakan sebagai pipa besi cor. Dibandingkan pipa cor biasa, pipa ini jauh lebih kuat. Bahkan performa pipa ulet seringkali dianggap bisa menyaingi performa baja. Karakteristik pipa ini, antara lain tingkat korosi rendah dan relatif lebih tahan terhadap benturan.

6. Pipa ERW

Pipa jenis ERW dibuat melalui pengelasan listrik dengan memanfaatkan ketahanan dari kedua permukaan logam. Ada pipa ERW yang biasa digunakan untuk saluran air bersih, saluran gas, konstruksi bangunan, hingga tubing pada pengeboran minyak bumi.

7. Pipa galvanis

Berikutnya ada pipa galvanis yang sering sebagai konstruksi bangunan, drainase, dan interior ruangan. Pipa ini memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi sehingga sering juga digunakan untuk pagar atau pegangan tangga di luar ruangan.

8. Pipa oval

Jenis pipa ini biasanya digunakan dalam industri otomotif, seperti pada knalpot. Selain itu, penggunaannya pada industri furniture untuk kerangka meja dan kursi, serta fashion untuk penggantung pakaian.

Kegunaan Pipa Hitam

Dengan keawetan yang bisa mencapai 10 tahun dari waktu produksi, pipa ini bisa digunakan dalam berbagai hal. Berikut ini beberapa kegunaan dari pipa hitam,

a. Bahan furnitur

Beberapa karakter yang dimiliki pipa ini, seperti tahan korosi dan kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika pipa ini banyak digunakan pada industri furnitur. Penggunaannya mudah dijumpai pada kerangka kursi, meja, lemari, dan sebagainya.

b. Bahan konstruksi

Seperti yang sudah dibahas bahwa pipa ini tahan karat yang berasal dari pemberian lapisan minyak hitam pada saat casting iron. Dengan karakternya itu, penggunaan pipa juga banyak pada bidang konstruksi.

c. Pipa saluran gas dan air

Pipa satu ini memang sudah kerap dimanfaatkan untuk bahan saluran gas dan air sejak lama. Pertimbangannya tidak jauh-jauh dari kekuatan pipa dan ketahanannya terhadap karat. Selain itu, bentuk pipa juga beragam, sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi konstruksi.

d. Tiang penyangga

Dengan strukturnya yang kuat, pipa ini juga digunakan untuk tiang penyangga, seperti pada tiang rumah maupun kanopi. Tidak jarang juga pipa ini digunakan sebagai tiang lampu jalan.

Jadi itulah beragam jenis dan kegunaan dari pipa hitam. Sebagai pipa yang kuat, penggunaan pipa ini memang dominan pada bidang konstruksi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dipakai dalam beberapa aspek lain seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Pipa Hitam dan Pipa Galvanis

Untuk menemukan besi terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan pipa hitam berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa hitam di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu