Proses Pembuatan Dan Manfaat Pipa Hitam

proses-pembuatan-dan-manfaat-pipa-hitam-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Pipa ini memiliki nama lain seperti black steel pipe, carbon steel pipe, dan pipa baja hitam. Pada saat akan membangun konstruksi, terdapat berbagai macam alat pendukung konstruksi, salah satunya adalah pipa hitam.

Alat pendukung konstruksi ini adalah sebuah rongga dengan bentuk lingkaran yang terbuat dari baja atau besi. Material ini memiliki struktur yang cukup kuat sehingga dapat menahan beban di atasnya. Penggunaan material ini dahulu diaplikasikan sebagai saluran gas dan air untuk rumah-rumah yang dibangun sebelum memasuki tahun 1960.

Ukurannya bervariasi dengan diameter yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan konstruksi, mulai dari 0,5 inci hingga 24 inci. Sementara itu, produksi standar material ini memiliki panjang sekitar 6 meter. Untuk ketebelannya, yang sering disebut juga sebagai schedule, pipa hitam ini menggunakan schedule number, seperti 5 dan 5S, 10 dan 10S, dan seterusnya.

Proses Pembuatan Pipa Hitam

Dalam membuat material ini, terdapat proses pengerjaan yang harus dilalui terlebih dahulu. Proses pengerjaanya antara lain; pertambangan bijih, peleburan besi, dan casting iron.

1. Pertambangan Bijih

Bijih atau sering disebut sebagai besi mentah, berasal dari bentuk kental mineral besi yang menjadi bahan utama pembuatan material ini. Kualitas besi berbanding lurus dengan isi logam bijih tersebut. Semakin tinggi mutu bijih maka semakin berkualitas hasil besi.

2. Peleburan Besi

Proses selanjutnya adalah peleburan besi. Bijih yang diperoleh dari hasil pertambangan akan diambil ekstraknya, kemudian akan dimasukkan ke dalam tungku khusus dengan ukuran yang besar. Di dalam tungku ini, kandungan karbon dalam ekstrak bijih akan dikurangi, kotorannya akan dibuang, dan kadar karbon akan dihilangkan sehingga logam yang tersisa siap melalui proses casting iron.

3. Casting Iron

Pada proses ini, logam yang sudah melalui proses peleburan akan dilebur kembali dalam suhu yang lebih rendah. Kemudian, hasilnya akan dibentuk menjadi silinder dengan rongga di bagian tengahnya menggunakan penusuk. Jika proses casting iron telah selesai, pipa hitam yang sudah jadi akan dibersihkan dengan asam sulfat, diminyaki untuk melindungi lapisan pipa, dan dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan Atap UPVC Dan Jenisnya

Manfaat Pipa Hitam

Manfaat yang pipa hitam miliki beragam karena memiliki kekuatan untuk mencapai 10 tahun dari waktu produksi. Berikut penjelasan manfaat pipa hitam dari distributor besi Jakarta, KPS Steel.

1. Bahan Pembuat Furnitur

Pipa hitam memiliki beberapa sifat, seperti anti-karat dan cukup kukuh. Karena sifatnya itu, banyak industri furnitur yang menggunakan material ini untuk membuat berbagai furnitur, seperti kursi, lemari, meja, dan tempat tidur. Bilang ingin menambah keunggulannya sebagai anti-karat, Anda bisa menambahkan kandungan tersebut pada produsennya. 

2. Pipa Konstruksi

Kegunaan lain material ini sebagai pipa konstruksi. Salah satu keunikan bahan ini yaitu mengandung anti-karat. Anti-karat ini berasal dari minyak yang melapisi lapisan material ini pada saat proses casting iron. Untuk pemesanan pipa hitam yang akan digunakan sebagai pipa konstruksi, Anda bisa memesan secara khusus di KPS Steel, distributor besi Jakarta.

3. Saluran Gas Dan Air

Pipa hitam sudah sering digunakan sebagai saluran gas dan air dari waktu yang telah cukup lama. Kandungan anti-karat dan kekuatannya yang menjadi pertimbangan masyarakat pada zaman dulu untuk menggunakan material ini. Selain itu, pipa ini dapat dibentuk dengan mudah pada saat casting iron, sehingga memungkinkannya membentuk berbagai macam pipa hitam yang sesuai dengan kondisi konstruksi.

4. Tiang Penyangga

Karena memiliki struktur yang cukup kuat, produk banyak digunakan sebagai tiang penyangga, baik tiang penyangga kanopi maupun tiang penyangga konstruksi rumah. Selain itu, pipa ini juga digunakan sebagai tiang lampu jalan.

Bagi Anda yang akan menggunakan pipa hitam dengan kualitas terjamin, percayakan kepada distributor besi Jakarta, PT Karya Perkasa Steelindo. KPS Steel telah dipercaya oleh banyak kontraktor bangunan selama puluhan tahun karena selalu menghasilkan material yang berkelas dengan harga yang bersahabat. 

Baca Juga: Contoh Pagar Besi Minimalis Untuk Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa hitam di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu