Mengenal Ragam Fungsi Pipa Galvanis, Keunggulan dan Aplikasinya

Mengenal Ragam Fungsi Pipa Galvanis, Keunggulan dan Aplikasinya KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Fungsi pipa galvanis sangatlah beragam, hal tersebut yang membuat banyak orang menggunakan material ini. Di dunia konstruksi, pipa ini sudah biasa digunakan untuk kebutuhan bangunan.

Sebelumnya, galvanis umumnya dipasang sebagai alternatif pipa timah untuk saluran pasokan air. Kini, penggunaan pipa galvanis lebih beragam. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas ragam fungsi pipa galvanis pada kehidupan sehari-hari.

Fungsi Pipa Galvanis di Kehidupan Sehari-Hari

Pipa galvanis memiliki beragam fungsi yang dapat kita manfaatkan. Banyak fungsi saluran galvanis yang mungkin jarang disadari oleh masyarakat. Misalnya, sebagai material pagar chain link atau hand holder pada tangga yang dibuat dari pipa-pipa besi yang disatukan.

Pipa galvanis seringkali menjadi pilihan sebagai hand holder tangga karena materialnya yang awet dan cukup estetik meski tidak diberi cat tambahan. Selain itu, fungsi pipa galvanis sama seperti pipa-pipa jenis lain yakni sebagai pelindung kabel.

Hal ini dilakukan agar kabel tidak rusak dan terkena paparan air hujan atau disentuh oleh orang yang tentunya sangat membahayakan.

Material galvanis yang baik mempunyai kualitas serta daya tahan yang tinggi, sehingga cocok difungsikan sebagai material pagar. Pemasangan pagar pipa galvanis jelas lebih mudah jika dibandingkan dengan material lain.

Tak hanya itu, pipa galvanis juga digunakan sebagai material pembuatan knalpot pada mobil. Hal ini tentu dikarenakan daya tahannya terhadap karat sangat baik sehingga dipilih jadi bahan baku pembuatan knalpot motor dan mobil.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pipa Baja di Berbagai Jenis Industri

Keunggulan Pipa Galvanis daripada Jenis Pipa Lainnya

Seperti yang kita ketahui, pipa galvanis terdiri dari campuran besi dan logam lain sehingga tidak mudah karat. Itulah sebabnya pipa galvanis banyak digunakan untuk kebutuhan di luar ruangan

Apalagi jika Anda melakukan coating pada permukaannya, tentu ketahanannya akan semakin terjamin dan semakin awer. Selanjutnya, harga pipa galvanis juga lebih terjangkau jika dibandingkan pipa lainnya. 

Selanjutnya adalah perawatannya yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Lapisan dari proses galvanisasi dapat diperiksa dengan mata dan ketebalannya bisa diuji menggunakan metode sederhana.

Melihat dari fungsi pipa galvanis serta keunggulan, tentu sangat menguntungkan penggunanya.

Aplikasi Pipa Galvanis di Kehidupan Modern

Saat ini, pipa galvanis difungsikan sebagai saluran air dan sebagai saluran instalasi sistem kelistrikan, terutama di wilayah perkotaan. Hal ini dikarenakan galvanis bisa meminimalisirkan bahkan hingga mencegah terjadinya gangguan pada instalasi alat penghantar listrik.

Pemasangan instalasi listrik lebih mudah saat memakai pipa-pipa ini karena proses pembongkaran serta menyusunnya kembali tidaklah rumit. Setelah itu, pipa galvanis yang didalamnya sudah berisi kabel listrik biasanya ditanam di dalam tanah.

Jika Anda membutuhkan besi untuk melengkapi kebutuhan konstruksi bangunan, termasuk pipa galvanis, KPS Steel selaku Distributor Besi Jakarta terbaik menyediakan pipa galvanis, pipa besi, dan beragam jenis besi lainnya yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga: 10 Jenis Besi untuk Pagar Rumah yang Cocok untuk Digunakan

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu