3 Kategori Ukuran Pipa Besi

3 kategori ukuran pipa besi

Salah satu material bangunan yang sampai saat ini masih digunakan untuk keperluan rumahan maupun pembangunan berskala besar adalah pipa besi.

Biasanya jenis pipa ini kerap digunakan karena materialnya yang kokoh, gampang ditemukan, mudah digunakan dan pastinya memiliki berbagai ukuran. Pipa besi umumnya bisa difungsikan sebagai media penyaluran air, lalu untuk rangka bangunan, ada juga yang menjadikannya sebagai penyangga plafon, hingga sebagai bahan dasar pembuatan pintu gerbang.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Beton Berkualitas untuk Konstruksi

Dalam kesempatan ini akan dijelaskan mengenai beberapa ukuran pipa besi, yang ada dipasaran agar tak salah dalam memilih. Sebagai salah satu material inti dalam pembangunan pipa besi memang dihadirkan dalam beberapa ukuran yang berbeda, agar bisa menyesuaikan kebutuhan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ukuran tersebut.

Panjang Pipa Besi

Sebelum membahas mengenai ukuran dari pipa besi, baiknya dibahas dulu mengenai standarisasi yang umumnya digunakan untuk menentukan ukuran dari pipa besi. Umumnya ada dua jenis ukuran yang digunakan pada pipa besi, yang pertama disebut sebagai Nominal Size Pipe, yang biasanya menggunakan ukuran inci untuk pipa besinya. Selanjutnya standard pengukuran pipa yang disebut diameter nominal. Dalam standard ini pengukuran pipa biasanya menggunakan satuan milimeter. Dengan mengetahui ini, harapannya agar Anda tak kebingungan jika membaca keterangan mengenai ukuran pipa.

Ketebalan Pipa Besi

Selain menggunakan standard pengukuran dengan nominal inci dan milimeter, biasanya pipa besi juga dikenal dengan istilah pengukuran ketebalan yang menggunakan skala khusus. Hal ini disebabkan karena saat ini semakin banyak jenis ukuran maupun ketebalan yang dikembangkan oleh pabrik. Biasanya ukuran untuk pipa besi jika dilihat dari ketebalannya, dibagi dalam tiga kategori, yaitu ketebalan standard, kemudian ketebalan extra strong, dan yang paling tebal adalah double extra strong.

Jenis Ukuran untuk Pipa Besi

Dan berikut penjelasan lebih lengkap tentang jenis ukuran dalam pipa besi.

1. Large Bore Pipe

Ukuran pipa besi ini merupakan yang terbesar di jenisnya. Di pasaran ukuran yang masuk dalam kategori large bore pipe, biasanya memiliki angka diameter hingga lebih dari dua inci. Oleh sebab itu sampai saat ini large bore pipe lebih umum digunakan untuk kebutuhan pembangunan yang memiliki skala besar. Misalnya saja seperti keperluan industri, lalu penggunaan dalam kegiatan pabrik, dan lain-lain.

Hal ini didukung dengan karakter bahan besi yang digunakan, yaitu tahan terhadap karat maupun rayap, sehingga dinilai cukup aman sebagai dasar sebuah bangunan besar. Memang ada yang menggunakannya sebagai bahan untuk pembangunan perumahan juga, namun sebenarnya sangat jarang.

2. Small Bore Pipe

Ukuran dalam pipa besi selanjutnya adalah small bore pipe. Jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, jenis ini termasuk yang terkecil, karena hanya memiliki diameter kurang dari dua inci. Namun perbedaannya adalah small bore pipe ternyata memiliki ketebalan yang lebih tinggi daripada large bore pipe. Untuk pipa dengan jenis ukuran ini penggunaannya biasa ditemukan dalam berbagai jenis proyek pembangunan, tak  hanya memprioritaskan yang berskala besar.

3. Tubing

Ukuran selanjutnya untuk pipa besi biasa disebut sebagai tubing. Jika membahas diameternya, bisa dikatakan tubing melampaui diameter milik large bore pipe dan small bore pipe, sebab ia memiliki angka diameter mencapai 4 inci. Namun dibalik itu ternyata tubing memiliki ketebalan bahan yang berada di bawah keduanya. Penggunaan tubing sendiri banyak ditemukan di keperluan industri maupun perumahan. Biasanya digunakan dalam proyek saluran air, kemudian kerangka bangunan, lalu bahan untuk kanopi, baik itu untuk skala besar atau perumahan umum.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan pada Setiap Jenis Besi Plat

Itulah pembahasan mengenai ukuran pipa besi, baik untuk ketebalan, panjang, hingga jenis-jenisnya. Hal terpenting adalah pastikan Anda memilih jenis pipa besi sesuai dengan keperluan Anda. Untuk menemukan pipa besi terbaik, KPS Steel selaku distributor pipa besi menyediakan pipa besi berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu