Tips Memilih Besi Beton Berkualitas untuk Konstruksi

tips memilih besi beton berkualitas untuk konstruksi bangunan

Di dalam konstruksi bangunan, banyak elemen penting yang dibutuhkan untuk membentuk konstruksi yang berkualitas, termasuk dalam memilih besi beton.

Komponen ini penting karena kemudahaannya yang bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, penting untuk memilih besi beton berkualitas untuk menghasilkan konstruksi yang tahan lama.

Baca Juga: Manfaat Besi untuk Bangunan dan Konstruksi

Beton memang memiliki karakter dan sifat yang sangat cocok untuk digunakan dalam bangunan konstruksi. Beberapa sifat yang kami maksud seperti kuat, biaya pemeliharaan terjangkau, dan tahan terhadap suhu. Tapi, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih beton yang memang betul-betul berkualitas. Perhatikan di uraian berikut ini.

Tips Memilih Besi Beton Berkualitas

Bagaimana cara memilih beton yang baik dan benar? Lihat di ulasan berikut ini.

1. Pilih besi beton berstandar

Sama seperti produk lainnya, beton juga tersedia dengan berbagai macam merek yang dapat dilihat di permukaannya. Apapun merek beton yang ingin Anda gunakan, pastikan ia sudah memiliki SNI (standar nasional Indonesia). Dengan demikian, kualitasnya sudah pasti teruji dan terjamin.

Nomor SNI produk bisa diilihat di permukaan besi beton bagian ujung.  Perlu diketahui, nomor ini sudah dicetak secara permanen jadi tidak akan mudah terhapus. Selain itu, di bagian tersebut ada pula label lain seperti nomor heat, produsen, nomor seri produksi, beserta tanggal produksi. Jadi, sebelum membeli lihat dulu keterangan labelnya ya!

2. Hindari beton yang berkarat

Selain memperhatikan merek dan label, Anda juga perlu melihat kondisi fisik besi beton secara keseluruhan. Jangan sampai memilih besi beton yang sudah menunjukkan tanda korosi. Kadang ada penjual yang tetap menjual besi berkarat dengan harga yang jauh lebih rendah. Anda tetap perlu menghindarinya karena itu akan menurunkan kualitas konstruksi bangunan Anda.

Besi dengan korosi kekuatannya bisa berkurang. Bangunan Anda juga pastinya rentan terhadap adanya bahaya.

3. Lihat ukuran dan bentuk besi beton sesuai kebutuhan

Untuk membangun konstruksi yang sesuai kebutuhan dan berkualitas, Anda perlu menyesuaikan segala karakteristik mulai dari diameter beton sampai bentuk beton yang sesuai.

Di pasaran tersedia berbagai ukuran diameter beton mulai dari 6 mm hingga 25mm. Pilihlah diameter yang sesuai dengan bangunan agar lebih efisien dan kuat. Jangan menekan biaya konstruksi dengan mengorbankan kekuatan bangunan karena tidak jarang developer yang memilih beton berdiameter lebih kecil padahal yang dibutuhkan diameter yang besar.

Untuk besi beton tulangan biasanya ada jenis plain bar dan deformed bar. Deformed bar ditandai dengan bentuknya yang seperti sirip melintang. Ada juga yang memiliki pola tertentu dengan rusuk memanjang. Berbeda dengan plain bar yang permukaannya licin tanpa pola dengan penampang bundar.

Doformed bar biasanya digunakan untuk tulangan memanjang karena disinilah letak kekuatan utama. Proses pengerjaan juga lebih mudah. Sedangkan plain bar digunakan untuk tulangan geser yang biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan berukuran kecil. Dengan memilih bentuk yang sesuai, hasilnya pun akan lebih maksimal.

4. Perhatikan harganya

Setiap produsen akan mematok harga yang berbeda bergantung merek. Kualitas besi beton yang baik juga memiliki harga yang relatif lebih mahal. Demi mendapatkan besi yang bagus, Anda perlu merogoh kocek yang lebih. Tapi, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan besi berkualitas dengan harga terjangkau. Karena itu, perhatikan terus harga besi beton di pasaran.

4 tips di atas bisa Anda terapkan untuk memilih besi beton berkualitas. Jangan lupa untuk mengecek kondisi beton setiap hendak membelinya. Besi beton yang berkualitas, konstruksi bangunan juga akan berkualitas, kokoh, dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

Untuk menemukan material besi beton terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan besi beton berkualitas dengan harga terbaik & terjangkau. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :