Memahami Jenis-jenis Reducer Pipa Besi dan Kegunaannya

reducer pipa besi kps steel distributor besi jakarta

Ketika sedang melakukan proses pembangunan, salah satu bahan yang cukup umum dan sering dipakai yaitu pipa besi. Ada beberapa jenis fitting pipa besi, salah satunya yaitu reducer pipa besi.

Fitting pipa besi yang satu ini terdiri dari dua jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan atau konstruksi.

Informasi tentang kedua jenis reducer ini menjadi penting bagi Anda yang akan memanfaatkan fungsinya, jadi pastikan Anda mengetahuinya!

Jenis-jenis Reducer Pipa Besi dan Kegunaannya

Jika melihat dari namanya, maka fitting pipa yang satu ini berfungsi sebagai reducer atau yang memiliki sifat mengurangi. Reducer bertugas untuk mengurangi aliran fluida, sehingga dapat dipasang di berbagai area yang membutuhkan fungsi ini.

Sifat mengurangi di sini maksudnya hanya ukuran pipanya saja yang berkurang. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tugasnya adalah menghubungkan pipa dengan diameter yang berbeda. Sebagai contoh, untuk menyambungkan pipa dengan diameter yang lebih kecil dengan pipa lain yang diameternya lebih besar.

Tentunya, tidak semua pipa memiliki diameter yang sama, sehingga reducer pipa besi menjadi hal yang penting untuk berbagai kebutuhan. Menjadi penting juga memilih bahan yang berkualitas, misalnya dengan memakai berbagai produk dari KPS Steel.

Ada dua jenis reducer yang bisa dimanfaatkan, yaitu reducer concentric dan reducer eccentric. Secara umum, kedua jenis reducer di atas dibuat dari bahan stainless steel dan carbon steel. 

Ada dua metode yang umum digunakan dalam pembuatan reducer, yaitu proses dengan memakai las atau welded dan proses tanpa memakai las atau seamless.

Kedua jenis reducer pipa besi ini memiliki kegunaan yang berbeda, simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas untuk mengetahui lebih jelas tentang keduanya.

1. Reducer Eccentric

Jenis pertama yaitu reducer eccentric yang banyak diproduksi dengan jenis outlet yang berbeda, mulai dari ukuran kecil, menengah, hingga yang paling besar terletak di ujung.

  • Fungsi Reducer Eccentric

Pipa yang memiliki ukuran diameter lebih besar, bisa disambungkan dengan pipa lain dengan ukuran diameter yang lebih kecil dengan memakai reducer ini.

Selanjutnya, reducer pipa besi yang satu ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi getaran dan noise.

Dengan berkurangnya gangguan tersebut, maka berbagai gangguan lain yang terkait juga dapat diminimalisir. Aliran fluida pun bisa menjadi lebih lancar dan aman untuk dimanfaatkan fungsinya.

  • Contoh Pengaplikasian Reducer Eccentric

Dalam pengaplikasiannya, reducer jenis pertama ini banyak dipakai untuk berbagai pembangunan dengan sistem perpipaan horizontal.

Jika melihat dari segi pemasangan, maka reducer jenis pertama ini bisa dibilang lebih mudah. Selain itu, dari segi perawatan juga lebih mudah dibandingkan jenis kedua yang selanjutnya akan dibahas.

2. Reducer Concentric

Reducer pipa besi jenis kedua yaitu reducer concentric. Untuk kegunaan dan contoh pengaplikasiannya, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  • Fungsi Reducer Concentric

Reducer ini memiliki fungsi atau peran dalam menghubungkan tabung atau pipa yang memiliki sumbu sama. Reducer concentric dapat memberikan saluran kerucut untuk menyambungkan dua pipa bertekanan yang memiliki perbedaan dimensi.

Kedua ujung reducer memiliki perbedaan diameter berbeda, ada yang lebih besar dan ada yang lebih kecil. Lalu, digabungkan dengan transisi bentuk kerucut untuk menggabungkan dua ukuran diameter tersebut.

Jika dijelaskan secara sederhana, maka reducer ini dapat menghubungkan dua jenis pipa yang memiliki perbedaan diameter.

Ada berbagai spesifikasi dalam jenis ini, misalnya perubahan diameter secara tunggal dan secara ganda. Koneksi antara ujung pipa dan reducer bisa digeser untuk mengulang konfigurasi, sehingga hasil sambungannya akan lebih baik dan kuat.

  • Contoh Pengaplikasian Reducer Concentric

Pada berbagai perpipaan dengan sistem vertikal, reducer concentric umum dipakai. Biasanya, reducer ini sering dimanfaatkan untuk menyambungkan berbagai jenis pipa yang memiliki jarak dengan pompa.

Tujuannya adalah supaya dapat menghindari adanya udara di dalam pipa yang terjebak dan mengganggu aliran.

Selanjutnya, karena reducer concentric dapat mengalirkan jenis fluida yang bersifat mengikis atau abrasif, sehingga banyak digunakan untuk area-area yang membutuhkan ketahanan tinggi terhadap korosi atau karat.

Untuk area tersebut, pengaplikasian reducer concentric akan membuat sistem perpipaan menjadi lebih aman dan tahan lama.

Itulah berbagai penjelasan tentang jenis-jenis reducer besi pipa. Ada dua jenis reducer yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan pembangunan atau konstruksi. Tentunya, pemilihan jenis reducer ini perlu disesuaikan dengan sifat dan fungsi dari setiap jenisnya.

KPS Steel Pusat Pipa Besi Terlengkap di Jakarta

Ketika akan melakukan pembangunan atau renovasi, pengetahuan sejenis ini menjadi semakin penting untuk Anda. Pemilihan dan pengaplikasian reducer dapat dilihat dari sistem perpipaannya, apakah memakai sistem vertikal atau horizontal. 

Selain itu, dapat dilihat juga dari sifat area di sekitarnya, sehingga tidak salah pilih dalam penggunaannya.

Dengan adanya informasi yang cukup, maka Anda bisa mengatur berbagai kebutuhan dengan lebih optimal. Selanjutnya, setelah diaplikasikan, berbagai sistem perpipaan juga bisa berfungsi dengan lebih aman.

Baca Juga: Apa itu Sambungan Tetap pada Konstruksi Baja

Setelah mengetahui informasi tentang jenis-jenis reducer pipa besi, jangan lupa untuk memilih produk konstruksi yang tepercaya dan berkualitas. KPS Steel yang merupakan toko besi dan konstruksi terlengkap di Jakarta bisa membantu Anda dalam hal tersebut, pastikan Anda mendapat produk terbaik yang berkualitas dari kami!

Bagikan Artikel :

Butuh Pipa Besi untuk Keperluan Konstruksi?

Artikel Terkait