Ini Dia Pemanfaatan Besi untuk Furniture

Ini Dia Pemanfaatan Besi untuk-furniture

Material yang digunakan untuk pembuatan furniture atau perabot tentunya tidak hanya dari kayu saja.

Saat ini ada ada berbagai material yang digunakan untuk dijadikan sebagai perabot. Salah satu jenis material yang digunakan adalah besi, yang sangat cocok untuk membuat perabot dengan konsep modern dan juga kontemporer.

Lalu, apa saja jenis perabot yang umum dibuat dari material besi? 

Baca Juga: Tips Memilih Besi Untuk Interior Rumah Industrial

Pemanfaatan Besi untuk Pembuatan Furniture

Pemanfaatan besi memang semakin meluas, tidak hanya untuk memperkuat konstruksi bangunan saja. Namun juga dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai jenis perabot rumah tangga. Baik itu perabot indoor maupun outdoor yang kemudian menjadikannya tampil lebih modern.

Material besi di dalam perabot juga menjadikannya awet, kuat, dan tahan lama karena memang besi tahan rayap tidak seperti material kayu. Adapun pemanfaatan besi ini untuk pembuatan perabot atau furniture juga terus berkembang seiring berjalannya waktu. Contoh pemanfaatanya sendiri untuk saat ini antara lain: 

1. Dibuat Menjadi Meja dan Kursi 

Pemanfaatan besi yang pertama untuk pembuatan perabot adalah djamin meja dan juga kursi. Tidak akan sulit menemukan meja maupun kursi yang material penyusunnya adalah besi. Sebab material besi sendiri memang cocok untuk pembuatan kedua jenis perabot tersebut. 

Dimana bisa menghadirkan meja dan kursi dengan desain lebih modern dan dinamis, yang cocok diaplikasikan di rumah bergaya modern. Selain itu, kekuatan meja dan kursi menjadi lebih baik karena daya tahan besi memang unggul dibanding material kayu apalagi plastik. 

2. Dijadikan Buffet 

Pemanfaatan yang kedua dari besi adalah untuk pembuatan buffet, baik itu buffet untuk pakaian maupun untuk perabot. Penggunaan material besi menjadikan buffet lebih kokoh dan dari segi tampilan pun perlu diakui lebih menarik.

Apalagi besi ini bisa diberi warna putih maupun hitam, sehingga kesan modern dan minimalisnya semakin terasa. 

3. Dibuat Dipan 

Saat ini pamor furniture dari material besi memang naik daun, padahal pemanfaatannya sudah dilakukan sejak lama. Salah satunya adalah dimanfaatkan untuk pembuatan dipan atau ranjang. Ranjang dari besi sudah ada sejak lama, hanya saja kebanyakan mengusung desain klasik khas Eropa. 

Lain dulu lain pula dengan sekarang, desain dipan dari besi mengusung desain lebih modern. Kebanyakan memakai tema minimalis yang membuatnya cocok ditempatkan di ruangan yang mungil. Selain itu, ranjang dari besi pun dijamin lebih kuat sehingga lebih awet dibanding ranjang dari kayu. 

4. Dibentuk Menjadi Aneka Jenis Rak 

Material besi juga dimanfaatkan untuk pembuatan aneka jenis rak, dimana termasuk ke dalam furniture yang memiliki banyak fungsi. Rak ini dengan desain yang dibuat sederhana bisa digunakan sebagai rak buku, rak sepatu, rak untuk pajangan ruangan, dan lain sebagainya.

Rak dari besi juga cenderung banyak disukai karena lebih kuat dan cocok untuk rumah bergaya modern. 

5. Dibuat Gantungan Baju 

Pemanfaatan lainnya dari besi juga sering dimanfaatkanuntuk pembuatan gantungan baju, yang tentu dibutuhkan oleh siapa saja. Sehingga nyaris tidak ada rumah tanpa gantungan baju. Ketika dibuat dari material besi maka gantungan baju ini akan lebih kuat, dan tentunya bisa dipakai untuk meletakan lebih banyak baju tanpa khawatir patah. 

6. Jenis Besi yang Umum Digunakan

Pemanfaatan besi untuk pembuatan perabot memang cukup luas, hanya saja tidak semua jenis besi cocok dijadikan perabot. Umumnya, perabot-perabot yang disebutkan di atas terbuat dari beberapa jenis besi berikut: 

  • Stainless steel. 
  • Besi tempa. 
  • Aluminium. 

Ketiga jenis besi tersebut memang yang paling umum digunakan untuk pembuatan furniture. Masing-masing juga punya kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu dipetimbangkan masak-masak untuk disesuaikan dengan kebutuhan di rumah. 

Baca Juga: Kegunaan Besi Hollow Untuk Interior Rumah

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu