Mari Mengenal Stainless Steel 304 sebelum Menggunakannya

stainless steel 304 kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Dalam berbagai jenis industri, penggunaan bahan stainless steel tentunya sudah tidak asing lagi, bahkan seringkali dianggap sebagai salah satu bahan dasar dalam berbagai kebutuhan. Salah satu jenis yang umum dipakai adalah stainless steel 304.

Seri tersebut sangat mudah ditemui di pasaran, karena penggunaannya memang terbilang masif, misalnya untuk industri makanan. Mari ketahui lebih lanjut tentang seri stainless steel yang satu ini, termasuk spesifikasi dan keunggulan. Pelajari juga berbagai seri lainnya di artikel ini, sehingga Anda lebih paham tentang bahan stainless steel ini.

Apa itu Stainless Steel 304?

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang seri ini, mari dibahas sekilas tentang apa itu stainless steel. Secara umum, stainless steel adalah salah satu jenis bahan baja yang terkenal dengan kemampuannya menahan risiko karat atau oksidasi, sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan berbagai jenis alat.

Jika dilihat dari bahan pembuatnya, maka stainless steel terbuat dari beberapa unsur dari bahan logam, lalu dileburkan dengan komposisi tertentu sehingga menjadi sebuah bahan baru yang memiliki berbagai keunggulan.

Selanjutnya, sesuai dengan penjelasan di awal, jenis stainless steel yang paling umum digunakan yaitu seri 304. Di Indonesia, inilah jenis stainless steel yang paling banyak dan paling mudah ditemui di pasaran.

Kegunaannya pun beragam dan pasti sangat sering Anda temui, misalnya dalam hampir semua jenis alat farmasi, konstruksi, manufaktur, penerbangan, hingga pengolah makanan sehari-hari.

Spesifikasi Stainless Steel 304

Jika melihat dari segi spesifikasinya, maka stainless steel yang satu ini memiliki komposisi bahan pembuatan sebagai berikut:

  • Bahan karbon sebanyak 0.08%
  • Bahan sulfur sebanyak 0.03%
  • Bahan silicon sebanyak 1%
  • Bahan nikel sebanyak 8% sampai 10.5%
  • Bahan fosfor sebanyak 0.045%
  • Bahan magnesium sebanyak 2%
  • Bahan chromium sebanyak 18% sampai 20%

Dengan berbagai komposisi di atas, maka terciptalah bahan stainless steel yang memiliki berbagai keunggulan sehingga sangat sering dimanfaatkan untuk berbagai pembuatan alat.

Anda dapat memilih stainless steel dari KPS Steel Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali, karena kualitasnya telah terjamin dan sesuai dengan standar. 

Keunggulan Stainless Steel 304

Ketika suatu bahan banyak digunakan, bahkan menjadi kebutuhan penting dalam berbagai industri, maka hal tersebut dapat menandakan bahwa bahan tersebut memang memiliki berbagai keunggulan.

Ada berbagai keunggulan dari stainless steel 304 yang sebaiknya Anda ketahui, supaya dapat lebih mempertimbangkan penggunaan bahan yang satu ini.

1. Mudah dalam Perawatannya

Keunggulan pertama yang sangat patut dipertimbangkan yaitu Anda tidak perlu repot-repot dalam melakukan perawatan untuk bahan yang satu ini. Tidak diperlukan perawatan yang sulit atau kompleks dalam hal ini.

2. Tahan Lama

Selain mudah untuk dirawat, ternyata bahan ini juga memiliki daya tahan yang baik, sehingga dapat menjadi bahan yang awet. Hal ini tentunya dapat memberikan berbagai keuntungan bagi orang-orang yang dapat memanfaatkannya dengan baik.

3. Tahan untuk Berbagai Suhu

Salah satu tantangan berat dalam memilih bahan pembuatan suatu alat yaitu ketahanannya terhadap suhu. Jika Anda memilih bahan baku pembuatan alat berupa bahan yang tidak tahan panas, maka hal tersebut dapat membuat Anda perlu lebih hati-hati dalam menggunakan alat tersebut.

Namun tentang saja, seri stainless steel, yang ini dapat meminimalisir risiko tersebut, karena bahan ini memang tahan untuk berbagai suhu. Anda dapat menggunakan bahan stainless steel seri ini di suhu yang rendah maupun tinggi.

Hal ini pula yang membuatnya banyak digunakan untuk alat makan, karena berbagai jenis alat memasak memerlukan ketahanan yang baik terhadap suhu panas ataupun dingin. Dengan begitu, maka Anda bisa memanfaatkan alat makan ini untuk berbagai jenis masakan, tanpa perlu khawatir bahannya akan rusak.

4. Mudah Dibentuk

Dalam stainless steel ini, terdapat kandungan nikel yang mencapai 8%, sehingga hal ini dapat memberikan keuntungan tersendiri, yaitu kemudahan untuk dibentuk.

Nikel adalah jenis logam yang terbilang elastis, namun  tetap memiliki sifat keras. Gabungan dari kedua sifat ini membuatnya sangat cocok untuk dibentuk menjadi berbagai keperluan industri, misalnya berbagai jenis alat-alat rumah tangga.

Inilah kelebihan yang sangat membuat stainless steel jenis ini menjadi primadona untuk berbagai industri.

5. Tahan terhadap Risiko Korosi

Keunggulan selanjutnya yang juga seringkali menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan bahan yaitu stainless steel ini dapat menahan risiko berkarat atau korosi.

Ketahanan ini dikarenakan adanya kandungan kromium yang terdapat di dalam stainless steel 304. Unsur kromium yang terkandung bahkan mencapai angka 18%, sehingga dapat lebih efektif dalam menahan karat.

Logam kromium adalah salah satu bahan yang dapat menahan proses dari pelapukan, sehingga memang umum digunakan untuk campuran berbagai alat dalam dunia industri.

6. Tampilannya Menarik

Warna silver yang ditampilkan dari bahan ini membuatnya memiliki nilai tambah tersendiri dalam aspek estetika. Selain warnanya yang menarik, terdapat pula kilap yang membuat tampilannya semakin bagus.

Jika ingin mencari bahan yang terlihat cantik, maka stainless steel ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

7. Bisa Dipakai untuk Alat Makan

Sebelumnya, poin ini sudah sempat disinggung, karena ini adalah keunggulan yang sangat patut untuk dipertimbangkan. Ketika akan memilih bahan untuk alat makan, maka ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya yaitu apakah bahan tersebut adalah konduktor atau bukan.

Stainless steel ini dapat menjadi bahan yang cocok untuk menjadi alat makan, karena bukan merupakan konduktor. Maka dari itu, jika Anda memakainya ketika berdekatan dengan sumber listrik atau sumber magnet, maka hal tersebut tidak menyebabkan masalah.

Mengenal Seri Stainless Steel Lainnya

Selain seri 304, sebenarnya masih ada berbagai jenis seri lainnya untuk bahan stainless steel, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Stainless Steel 302

Pertama, ada stainless steel 302 yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan perkakas, misalnya paku, baut, sekrup, dan sejenisnya.

2. Stainless Steel 309

Kedua, ada stainless steel 309 yang memiliki sifat material lebih keras dibanding seri 304 yang sebelumnya banyak dibahas. Maka dari itu, ser 309 ini sering dimanfaatkan untuk alat-alat pemanas yang membutuhkan ketahanan lebih baik, misalnya untuk alat penyangga yang tahan api, atau keperluan dapur lainnya seperti oven.

3. Stainless Steel 316

Selanjutnya, ada stainless steel 316 yang umumnya digunakan untuk membuat berbagai perlengkapan memasak. Bahannya yang keras dan tahan panas membuatnya memiliki keunggulan tersendiri yang patut dipertimbangkan untuk berbagai pemakaian.

4. Stainless Steel  310/S

Stainless steel jenis ini mempunyai ketahanan yang bagus untuk menahan korosi dan suhu panas, sehingga banyak digunakan untuk peralatan yang memerlukan ketahan baik. Contoh alat yang memakai bahan ini yaitu tungku untuk industri, Anda dapat menemuinya di berbagai jenis industri.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya Anda telah lebih mengenal tentang apa yang dimaksud dengan stainless steel untuk seri 304. Berbagai keunggulan memang ditawarkan untuk jenis bahan yang satu ini, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan optimal untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Furniture dari Plat Stainless Steel

Namun, tetap harus dipastikan bahwa Anda mendapatkan produk stainless steel 304 terbaik. Maka dari itu, pilihlah stainless steel dari KPS Steel Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali, karena kualitasnya telah terjamin dan sesuai dengan SNI. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk melihat ragam produk besi berkualitas yang kami miliki. Anda juga dapat menghubungi kami untuk melakukan pemesanan produk secara online.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi?