5 Rekomendasi Bahan Bangunan Tahan Api

Keamanan dan kenyamanan rumah tentu menjadi prioritas bagi penghuninya agar dapat hifup dengan tenang. Itu sebabnya memilih bahan bangunan tahan api menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Pembangunan yang baik bukan hanya memperhatikan estetikanya saja, namun juga harus mempertimbangkan daya tahan dan kekuatan material juga.

Kerusakan material yang disebabkan oleh usia perlahan tapi pasti akan terjadi, namun dengan perawatan yang maksimal hal itu dapat dicegah. Namun, kerusakan bisa saja terjadi karena hal-hal tak terduga di luar kendali penghuni. Salah satunya yaitu musibah kebakaran. Ketika dari awal sudah memilih material yang aman dari paparan api maka selanjutnya Anda bisa lebih tenang.

Baca Juga: Mana yang Harus Dipilih? Besi Hollow vs Baja Ringan

Demi keamanan dan kenyamanan seluruh penghuni rumah maupun gedung, Anda bisa memanfaatkan bahan bangunan tahan api. Simak penjelasan berikut ini selengkapnya.

Daftar 5 Bahan Bangunan Tahan Api dan Keuntungannya

Sebagai referensi, kami memberikan lima daftar material tahan api berikut dengan keuntungan yang Anda dapatkan bila menggunakannya. Pastikan Anda mengenal kelima material berikut sebagai acuan ketika mempercayakan proses pembangunan kepada pihak lain.

Apa saja kelima rekomendasi material konstruksi tersebut? Berikut daftar lengkapnya!

1. Baja Ringan

Baja ringan merupakan salah satu bahan bangunan tahan api terbaik karena memiliki kandungan aluminium zinc dengan kualitas tinggi. Penempatan baja ringan ini untuk konstruksi bagian atap rumah, menggantikan kayu yang mudah rapuh jika dimakan rayap.

Sebagai informasi tambahan, selain baja ringan bisa menggantikan kayu pada bagian rangka atap, besi hollow juga memberikan alternatif substitusi serupa. Perbedaannnya terletak pada berat keduanya. Umumnya, baja ringan lebih ringan dari pada besi hollow.

2. Kaca

Lapisan kaca bagian luar ternyata berperan penting untuk menangkal paparan api. Tidak heran jika pada berbagai gedung, kita kerap melihat konstruksinya didominasi oleh kaca. Ternyata, selain mempertimbangkan estetika, kaca juga bermanfaat sebagai salah satu material tahan panas.

3. Gypsum

Gypsum adalah bahan bangunan tahan api berikutnya yang bisa dijadikan pilihan sebagai material pemasangan plafon. Gypsum memberikan proteksi pasif yang dapat mencegah bahaya adanya korban ketika musibah kebakaran terjadi.

Gypsum memberikan berbagai manfaat pada area plafon rumah maupun gedung. Kelebihannya adalah tampilan desain lebih estetik, dapat dijadikan sekat dinding rumah juga, menjadi ornamen dekoratif pada area dinding terutamanya kamar mandi, dan sebagainya.

4. Beton

Beton digunakan sebagai pelindung baja dalam setiap proses pembangunan. Butuh waktu sangat lama untuk api bisa merambat dan menghabiskan seluruh permukaan beton. Pemasangan beton juga efektif memberikan perlindungan maksimal bagi kokohnya sebuah bangunan.

5. Batu Bata

Batu bata bukan material asing yang ternyata juga memiliki kelebihan sebagai bahan bangunan tahan api seperti keempat material lainnya. Batu bata mampu mencegah dan menghambat aliran panas secara berlebihan serta tahan terhadap paparan api sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran.

Anda bisa membeli batu bata dari toko material terdekat, begitu pula dengan keempat material lainnya. Namun, pastikan toko tersebut memberikan kualitas terbaik dari segi produk maupun pelayanan sehingga Anda mendapatkan kepuasan berbelanja.

Tempat Jual Bahan Bangunan Tahan Api Terbaik

Cari toko material lengkap yang terpercaya dan memberikan kualitas produk terbaik? Anda bisa menghubungi kami, KPS Steel dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Hubungi kami untuk informasi pemesanan.

Dapatkan penawaran produk sesuai kebutuhan setelah konsultasi kebutuhan bangunan kepada petugas kami. Lokasi gudang dan kantor utama kami di Jakarta Timur. Lakukan pemesanan secara online ataupun offline. Pilih berbagai bahan bangunan tahan api di KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Tabel Berat Besi Beton dan Ukurannya Sesuai SNI

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk baja ringan, besi hollow, dan besi beton di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu