Ragam Ukuran Mata Bor di Pasaran dan Fungsinya

Ukuran mata bor kps steel distributor besi jakarta

Ukuran Mata bor merupakan salah satu kunci untuk efektifitas membuat lubang di berbagai macam benda seperti  besi, kayu, logam, dinding dan yang lainnya. ada berbagai macam ukuran mata bor serta jenisnya. 

Sehingga, bila ingin membuat lubang dengan menggunakan mata bor, Anda hanya perlu menyesuaikan benda serta ukuran yang Anda inginkan. Perlu diketahui, berbeda jenis akan berbeda juga fungsi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, pastikan menggunakan mata bor dengan tepat. 

Ukuran Mata Bor Beserta Fungsinya

Berikut berbagai ukuran dari mata bor serta fungsi yang dimilikinya, antara lain:

1. Twist Bits

Pilihan mata bor yang pertama adalah mata bor twist bits. Twist bits sendiri adalah mata bor yang banyak digunakan sekarang ini. Mata bor twist bits ini umumnya digunakan untuk mesin bor tangan serta mesin bor duduk baik dalam bentuk vertikal maupun horizontal. 

Mata bor twist bits juga dapat digunakan untuk membuat lubang di kayu, logam dan plastic. Ukuran mata bor twist bist ini adalah 4 hingga 12 mm. 

2. Masonry Bits

Jenis mata bor yang lainnya adalah masonry bits. Mata bor masonry bits ini umumnya sering digunakan untuk membuat lubang di beton, tembok serta batu. Di bagian ujung mata bor biasanya terdapat pisau yang tajam.

Bahan pembuatan mata bor ini memiliki karakteristik yang begitu keras. Umumnya, ukuran mata bor masonry bits ini adalah 4 hingga 15 mm. penggunaan mata bor masonry bits bukan hanya berputar, tetapi juga dapat memukul. 

3. Spur Bits

Sebenarnya, mata bor spur bits ini juga sering disebut dengan mata bor kayu. Di bagian ujung mata bor, Anda akan melihat bor yang runcing, kemudian tepat di bagian kelilingnya juga ada pisau pengiris. 

Bagian ujung yang runcing di mata bor spur bits memiliki fungsi menjaga mata bor agar tetap lurus, sehingga lubang yang nantinya dihasilkan akan presisi. Umumnya, ukuran dari mata bor spur bits ini adalah 6 hingga 15 mm. 

4. Countersink Bits

Jenis mata bor berikutnya adalah countersink bits. Mata bor countersink bits ini digunakan agar dapat membuat lubang di kayu, dan pengaplikasiannya menggunakan kepala sekrup, sehingga permukaannya akan sama rata. 

Di ujung mata bor countersink bits, memiliki sudut 90 derajat serta memiliki fungsi membuat lubang 45 derajat pada permukaan kayu. 

5. Forster Bit

Jenis lainnya adalah forster bit. Mata bor forster bit ini digunakan untuk membuat lubang engsel di sendok. Ketika ingin mengoperasikan mata bor forster bit, lebih baik operasikan dengan menggunakan mesin bor duduk, agar semakin stabil. 

Bila mata bor dioperasikan menggunakan mesin bor tangan, tentu akan sulit untuk mengendalikan kestabilan posisi lubang serta mata bor. Selain itu lubang yang dihasilkan juga tidak berkualitas. 

6. Hole Saw Bits

Ketika membicarakan mata bor, jenis yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Apalagi bila bukan hole saw bits. Mata bor hole saw bits ini sering disebut sebagai gergaji lubang. 

Hal ini disebabkan karena bentuk mata bor ini layaknya gergaji dengan diameter yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Umumnya, ukuran mata bor ini memiliki diameter 25 hingga 60 mm. 

7. Metal Standar

Mata bor metal standar ini umumnya digunakan untuk mengebor kuningan, plat besi, aluminium serta akrilik. Ada 2 jenis mata bor yang ada di pasaran yakni HSS-Co atau Cobalt, serta High Speed Steel atau HSS. 

Untuk jenis HSS-Co jauh lebih keras bila dibandingkan dengan HSS sehingga penggunaannya akan lebih awet. Sedangkan bila dilihat dari segi harga, jenis HSS memiliki harga yang jauh lebih mahal. 

8. Auger Bit

Mata bor auger bit umumnya digunakan untuk mengebor berbagai macam jenis kayu serta sejumlah material lunak yang lain. Diameter dari mata bor auger bit juga lebih besar bila dibandingkan dengan mata bor standard. 

Umumnya, mata bor auger bit memiliki bentuk ulir tunggal atau yang juga disebut dengan single flute. Selain itu mata bor auger bit juga digunakan untuk mesin bor yang memiliki putaran rendah. 

9. Flat Bit

sebenarnya, mata bor flat bit ini mirip dengan auger bit yang umumnya digunakan untuk pengeboran material lunak dan kayu. Namun, salah satu hal yang menjadi pembeda antara mata bor flat bit dan auger bit adalah mata bor flat bit ini memiliki bentuk pipih rata. 

Mata bor flat bit ini umumnya dioperasikan dengan menggunakan bor tangan manual serta memiliki putaran mesin yang begitu rendah. Tidak disarankan menggunakan bor tangan jenis listrik ketika ingin menggunakan mata bor ini. 

10. Hinge Borring Bit

Jenis mata bor berikutnya adalah hinge borring bit. Mata bor hinge borring bit ini digunakan untuk membuat lubang di kayu atau di material lunak yang lain. Ukuran mata bor ini cukup besar sehingga sering digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang besar. 

Contohnya, saat tidak terdapat diameter yang besar pada  mata bor kayu yang standar, mata bor hinge borring bit ini akan digunakan. 

11. Chisel Bit

Bila ingin menggunakan mata bor untuk membentuk kotak di material kayu, mata bor chisel bit dapat dijadikan sebagai pilihan. umumnya, mata bor chisel bit ini digunakan pada mesin chisel mortise. 

12. Mortiser Bit

Mata bor yang lainnya adalah mortiser bit. Jenis mortiser bit ini sering digunakan saat ingin membuat lubang geser di kayu. Mata bor mortiser bit biasanya dioperasikan di mesin mortising.

13. Router Bit

Router bit umumnya digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk profil di kayu maupun sejumlah material lunak yang lain. Biasanya, mata bor router bit ini juga dioperasikan di mesin trimmer atau router. 

14. Mata Bor Kaca

Jenis mata bor lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah mata bor kaca. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, mata bor satu ini digunakan untuk melubangi kaca. Bentuk mata bor ini layaknya tombak, sehingga sering disebut mata bor tombak. 

Selain menentukan ukuran mata bor yang tepat, pastikan juga menentukan tempat untuk melakukan pembelian mata bor. Jangan melakukan pembelian di tempat yang salah, karena khawatir produk yang dijual tidak sesuai standar. Salah satu toko besi terlengkap dan menjadi solusi mata bor terbaik adalah KPS Steel.

KPS Steel merupakan toko besi yang terlengkap di Jakarta, KPS Steel memiliki berbagai macam jenis mata bor besi Nachi Cutting Tools yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Bukan hanya itu, KPS Steel juga memiliki sejumlah produk besi yang mengantongi standar SNI. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengakses produk kami. Sedangkan, bila ingin membeli produk mata bor besi Nachi, kunjungi produk mata bor nachi. Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan pemesanan melalui kontak kami.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait