Ingin Merakit Gazebo Baja Ringan? Persiapkan Material Ini

Area bersantai di sebuah hunian kini menjadi sudut yang paling penting. Pasalnya semenjak pandemic melanda, dan diberlakukannya work from home, rumah tidak hanya sebagai tempat istirahat saja. Tapi juga sebagai tempat bekerja, dan bersantai ria. Melengkapi bangunan rumah dengan gazebo baja ringan dapat menjadi salah satu alternatif, terutama untuk bersantai. Gazebo ini bisa ditempatkan pada halaman rumah maupun taman belakang rumah, tergantung luas lahan yang tersedia.

Biasanya penggunaan baja ringan lekat sebagai fungsinya untuk rangka atap, namun kini mulai dikembangkan menjadi kerangka sebuah gazebo atau gubug. Dari segi daya tahan, material ini memang memiliki kelebihan yaitu awet dan tahan rayap dibanding dengan kayu. Gubug kecil pada halaman depan maupun belakang rumah biasanya menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan untuk menciptakan suasana asri khas pedesaan.

Gazebo yang dipadu padankan dengan rindangnya pepohonan dapat membentuk sebuah nuansa hangat sekaligus sejuk. Gubuk kecil pada area rumah juga bisa dimanfaatkan untuk area berkumpul bersama teman maupun keluarga ketika hari-hari tertentu. Beberapa perkantoran yang masih memiliki lahan di atas tanah juga tidak mau ketinggalan memanfaatkan lahan sebagai sarana mendirikan gazebo.

Baca Juga: Keuntungan Konstruksi Baja Ringan dalam Pembangunan Rumah

Material Gazebo Baja Ringan

Meski dapat memesan langsung, Anda juga dapat merakit gazebo baja ringan secara manual. Keuntungannya, Anda dapat melakukan custom sesuai dengan keinginan sendiri. Berikut beberapa material yang harus Anda persiapkan sebelum merakit gazebo baja ringan:

  1. Siapkan galvalum dengan ketebalan maksimal sebagai tiang penyangga pada bagian kanan, kiri, depan, dan belakang.
  2. Cari referensi model atau bentuk gazebonya supaya pekerja bisa menyesuaikan kekuatan material dengan model yang diinginkan.
  3. Siapkan galvalum paling tebal, namun kali ini bukan untuk bagian sisinya, tetapi sebagai fondasi atau penopang keseluruhan bangunan gubug.
  4. Selanjutnya bisa langsung menyiapkan sandaran untuk duduk. Bisa dengan memilih sandaran kayu jati, bisa juga dengan memanfaatkan bantal bulu angsa agar semakin nyaman.
  5. Terakhir, untuk proses pembuatan gazebo baja ringan persiapkan lantai atau pijakan saungnya. Biasanya akan lebih estetik dan menarik ketika bagian lantai tersebut berbahan dasar kayu jati.

Nah, itulah beberapa material yang perlu Anda persiapkan sebelum merakit gazebo. Kami menyediakan beragam ukuran baja ringan dan material besi lainnya yang Anda butuhkan dalam merakit gazebo.

Referensi Harga Gazebo Baja Ringan

Sebagai referensi, berikut merupakan daftar harga borongan gazebo berbagai ukuran:

  1. Harga Rp2.000.000-an untuk ukuran 1×1 dan 1×1,5 meter.
  2. Harga Rp3.000.000-an untuk ukuran 1,5×1,5 dan 1,5×2 meter.
  3. Harga Rp4.000.000-an untuk ukuran 2×2 meter.
  4. Harga Rp5.000.000-an untuk ukuran 2,5×2,5 meter.
  5. Harga Rp7.000.000-an untuk ukuran 3×3 meter.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan dan Cara Pasangnya!

Referensi harga tersebut masih sangat mungkin berubah, sesuai kebijakan penjualnya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk baja ringan, besi hollow, dan besi beton di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu