Kenali Ukuran Besi Hollow untuk Rangka Atap Hunian Anda

ukuran-besi-hollow-untuk-rangka-atap-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Mengetahui berapa ukuran besi hollow untuk rangka atapmemang sangat penting agar proses pemasangannya tidak salah. Sebelum memahami lebih jauh mengenai komponen konstruksi ini mari kita pelajari terlebih dahulu, apa itu rangka atap besi hollow.

Rangka atap besi hollow penting dalam sebuah pembangunan. Sering juga dikenal sebagai besi berongga atau pipa kotak, karena bentuknya terlihat seperti penampang segi empat. Proses pemasangannya tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi rumah, oleh karena itu Anda harus tahu berapa ukuran besi hollow untuk rangka atap tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow Sebagai Rangka Atap

Pada konstruksi bangunan saat ini Besi Hollow sering digunakan dan menjadi pilihan utama. Ada banyak alasan yang mendasarinya, tetapi sebelum Anda melakukan pemilihan ini, usahakan untuk mengenal lebih dulu.

Apa saja kelemahan dan kelebihan dari penggunaan material ini. Mengapa sering dijadikan pilihan dan mampu menggantikan peran kayu? Coba simak jawabannya di bawah ini sekaligus penjelasan singkatnya.

Baca Juga: 5 Rahasia Merawat Rangka Atap Agar Kuat dan Awet

Kelebihan dari Besi Hollow

Salah satu sifat utama besi yang menjadi keunggulan adalah anti rayap. Harus diakui, hewan pengerat tersebut bisa merusak bahkan membuat struktur kayu menjadi patah, hal ini tentu sangat penghuni rumah.

Karena anti rayap daya tahannya mampu lebih lama dibandingkan material lain. Untuk memasangnya, Anda harus tahu ukuran besi hollow untuk rangka atap. Pemasangan yang tidak sesuai ukuran tentu akan mempengaruhi kemampuannya dalam bertahan serta membuat estetika rumah menjadi kurang menarik dipandang. Selain anti rayap, berikut kelebihan lain yang bisa didapatkan.

Tahan Terhadap Api

Salah satu keunggulan dari rangka atap besi hollow yaitu tahan terhadap api. Keunggulan ini tidak dapat ditemukan pada material lain, contohnya kayu. Bila terjadi arus pendek, sehingga menimbulkan percikan api dan membakar rumah. Walau api besar, komponen tersebut masih tetap utuh sehingga, rangka atapnya masih bertahan hanya perlu tambahan sedikit perbaikan.

Mampu Meredam Panas

Bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan, penggunaan material ini memang sangat penting. Selain tahan terhadap api, ternyata mampu meredam panas, jadi cahaya matahari akan terserap oleh besi.

Walau tidak maksimal hanya 50% saja, namun kondisi tersebut sudah cukup bagus. Dengan begini, suhu rumah Anda tentu akan lebih sejuk dan Anda lebih nyaman jika berada di dalam rumah.

Kekurangan dari Besi Hollow

Ukuran besi hollow untuk rangka atap ini juga mempunyai kekurangan yaitu, struktur material terlihat kurang solid. Artinya, belum bisa menahan beban terlalu berat, rentan sekali patah dan hasilnya nanti fatal.

Walau begitu, masih ada alternatif dan solusi lain dapat digunakan, yaitu menggunakan besi dengan ukuran lebih tebal. Selain itu, meski tidak dimakan rayap, material besi bersifat kordapat mengalami karat. Itu sebabnya pengguna harus melakukan perawatan ekstra dengan dengan melapisinya (coating) menggunakan cat anti karat.

Ukuran Besi Hollow untuk Rangka Atap

Setelah mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihannya, saatnya untuk melihat berapa ukurannya. Perlu diketahui bahwa, satu batangnya mempunyai panjang kurang lebih 6 meter, masih kurang panjang? Sambungkan saja, caranya cukup mudah.

Sesuai standar SNI ukurannya yaitu, 50 x 50 x 2 mm. Dari ukuran tersebut bisa dijabarkan menjadi panjang dan lebar penampang 50. Kemudian memiliki ketabalan sekitar 2 mm, ukuran besi hollow untuk rangka atap seperti ini memang sudah bagus dan sering dijual oleh berbagai toko.

Berikut tabel ukuran besi hollow untuk rangka atap.

Jenis dan Ukuran Besi Panjang Ketebalan
Besi Hollow 20 x 20 6 Meter 1,5mm 
Besi Hollow 30 x 15  6 Meter 1,5mm 
Besi Hollow 30 x 30  6 Meter 1,5mm 
Besi Hollow 30 x 30   6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 40 x 20 6 Meter 1,5mm 
Besi Hollow 40 x 20 6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 40 x 40  6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 40 x 40 6 Meter 2,7mm
Besi Hollow 50 x 50 6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 50 x 50 6 Meter 2,7mm
Besi Hollow 60 x 30 6 Meter 1,5mm  
Besi Hollow 60 x 40 6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 60 x 40 6 Meter 1,7mm
Besi Hollow 75 x 75 6 Meter 2,7mm

Penting bagi Anda untuk membeli rangka atap besi hollow di toko yang terpercaya. Hal ini karena pengaruhnya sangat besar, terhadap konstruksi Anda. Ini dilakukan agar kualitas besi hollow yang dibeli merupakan kualitas yang baik.

Penggunaannya yang akan dijadikan sebagai rangka tentu harus diperhatikan kualitas besinya agar tahan lama dan tidak membahayakan penghuni.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan antara Besi Hollow dengan Besi Tabung

Apalagi, dari segi perhitungan pembangunan cukup terjangkau dan mampu menghemat waktu. Tertarik untuk membelinya tetapi, masih bingung mau beli dimana yang benar berkualitas? Kunjungi KPS Steel, kami menyediakan besi hollow sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai beragam jenis besi. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu