Kelebihan Besi Dibandingkan Kayu Dalam Konstruksi

keunggulan besi dibandingkan kayu dalam konstruksi kps steel jakarta indonesia

Mengapa penggunaan besi lebih baik dibandingkan menggunakan kayu di dalam konstruksi?Besi merupakan komponen yang terpenting dan sering digunakan dalam pembangunan.

Hal tersebut merupakan salah pergeseran di dalam dunia konstruksi, yang dimana sebelumnya lebih sering menggunakan kayu. Mengapa pergeseran tersebut dapat terjadi?

Karena profesional yang bekerja dalam bidang konstruksi mulai menyadari kelebihan besi dibandingkan kayu. Apalagi saat pembangunan rumah, besi dapat memberikan daya tahan dan kekuatan lebih besar dibandingkan penggunaan kayu.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Besi Cepat Karatan, Waspadalah!

Berikut ini adalah berbagai alasan mengapa penggunaan besi di dalam konstruksi lebih baik dibandingkan kayu.

1. Anti Rayap dan Tahan Cuaca

Keunggulan pertama yang ditampakkan oleh besi adalah bahannya yang anti rayap dan tahan terhadap segala cuaca.  Bangunan rumah tentu akan menghadapi perubahan cuaca yang tidak bisa dikondisikan.

Bisa dibayangkan apabila Anda menggunakan kayu sebagai bahan konstruksi, perubahan cuaca selama bertahun-tahun akan membuatnya rapuh dan lapuk.

2. Lebih Mudah untuk Mendapatkannya

Untuk mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik untuk bahan konstruksi tidaklah mudah. Jikalau pun ada akan membutuhkan biaya yang mahal. Oleh karena itu, dibuat inovasi dengan menggunakan besi sebagai bahan konstruksi.

Dimana untuk mendapatkannya relatif lebih mudah. Banyak toko bangunan yang menyediakannya dengan harga yang terjangkau.

3. Kekuatannya Lebih Kokoh

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh besi terletak pada kekuatannya. Kayu merupakan bahan yang mudah lapuk ketika dimakan usia.

Sebelum besi digunakan sebagai bahan konstruksi, penggunaan kayu terbukti memakan lebih banyak biaya, karena harus dilakukan pergantian atau perawatan kayu secara berkala agar lebih awet untuk menopang bangunan rumah.

4. Tidak Mengalami Penyusutan

Pelapukan yang terjadi pada kayu membuatnya mengalami penyusutan. Akibatnya, harus dilakukan penggantian agar bangunan bisa tetap berdiri.

Berbeda bila menggunakan besi yang pasti tidak akan mengalami penyusutan pada ukurannya.

5. Tidak Mudah Menyerap Air

Besi juga dikenal sebagai bahan yang tidak mudah menyerap air. Keberadaan air yang menimpa kayu secara kontinu jelas akan membuatnya cepat busuk atau pun layu.

Sebab itulah banyak yang mencari alternatif lainnya sebagai pengganti kayu untuk bahan bangunan. Hingga akhirnya ditemukan besi dan baja sebagai bahan konstruksi bangunan yang lebih awet dan kuat.

6. Mampu Memikul Beban yang Berat

Bahan konstruksi haruslah mempunyai kekuatan lebih. Dimana hal tersebut tidak akan bisa dilakukan oleh bahan kayu.

Oleh karena itu besi mulai banyak digunakan karena dapat memikul beban yang berat.

7. Biaya Perawatan Rendah

Perawatan besi akan lebih mudah dan murah. Berbeda dengan bahan kayu, apabila telah mengalami pelapukan kayu harus segera diganti.

Yang tentunya akan memakan biaya yang lebih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Pipa Konstruksi yang Paling Sering Digunakan

Kekuatan sebuah bangunan biasanya ditentukan beberapa faktor. Salah satunya adalah bahan bangunan yang digunakan. Kelebihan yang dimiliki besi dibandingkan kayu menjadi sebab utama mengapa kini banyak yang beralih.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakanberagam jenis pipa besiMulai dari besi beton, besi kanal, besi profil hingga besi hollow.

Bagikan Artikel :
Menu