Tutorial Cara Pemasangan Bondek yang Baik dan Benar

tutorial-cara-pemasangan-bondek-yang-benar-distributor-besi-jakarta-kps-steel

Cara pemasangan bondek perlu diperhatikan agar hasil coran kokoh dan tampilannya halus. Biasanya langkah tersebut diterapkan saat Anda hendak membangun maupun merenovasi rumah bertingkat modern. Saat hendak renovasi rumah menjadi bertingkat tentunya Anda membutuhkan bondek saat proses pembangunan. Fungsinya sendiri adalah sebagai media yang menopang dan membungkus material coran bangunan bertingkat.

Penting bagi tukang bangunan dan pemilik hunian agar memahami pemasangan plat besi penopang coran. Simak bagaimana memasang media penyangga coran yang baik dan benar di dalam artikel ini.

Baca Juga: Macam-Macam Ukuran Bondek untuk Konstruksi Rumah

Pengertian Media Bondek Coran Rumah

Apakah Anda sudah mengenal dan memahami media bondek yang satu ini? Bondek sering dikaitkan sebagai media penopang coran rumah bertingkat agar menghasilkan tampilan kokoh dan tidak mudah retak. Dahulu orang menggunakan papan yang terbuat dari triplek maupun kayu untuk menopang material coran. Namun seiring waktu media tersebut dianggap kurang maksimal untuk membungkus coran.

Oleh sebab itu banyak orang tertarik menggunakan media bondek karena dianggap lebih praktis. Namun hasil yang maksimal didapat berdasarkan cara pemasangan bondek yang baik dan benar. Sebaliknya langkah memasang yang kurang tepat justru membuat hasil coran tidak rata. Tidak hanya itu pemasangan yang keliru dapat menimbulkan kebocoran material cor saat proses pembangunan.

Bondek sendiri dapat disebut sebagai pengganti papan penopang dan pembungkus material coran. Fungsinya dapat menahan beban coran yang perlahan berubah menjadi beton pada hunian bertingkat. Penggunaan media yang satu ini juga menguntungkan dari segi penghematan waktu. Pemasangannya lebih cepat selesai jika dibandingkan dengan bahan tradisional seperti kayu pembungkus material cor.

Kendati pemasangannya terbilang cepat namun hasil coran yang dibungkus menggunakan bondek dipastikan rapi. Terlebih jika Anda maupun tukang profesional memasangnya dengan langkah yang tepat dan benar.

Cara Pemasangan Bondek yang Baik dan Benar

Bagaimana memasang media penyangga dan pembungkus material coran beton pada hunian? Yuk, cermati tutorial memasang plat beton yang baik dan benar berikut ini agar menghasilkan coran kokoh dan halus.

1. Pasang balok penyangga permanen

Langkah pertama adalah memasang balok penyangga yang terhubung dengan lantai rumah. Dengan demikian balok penyangga ini sifatnya permanen dan terbuat dari material cor yang kokoh.

2. Pasang kawat penyangga dengan tepat

Sebaiknya pasang kawat pada bagian tepian penyangga dengan jarak antar kawat sekitar 1,5 meter. Fungsinya untuk mengikat tulang besi penyangga lantai dan memudahkan pemasangan bondek.

3. Pasang plat pembungkus coran dengan benar

Cara pemasangan bondek yaitu menempatkan bagian atas dan bawah dengan benar. Pasang bagian atas yang cenderung menonjol halus dengan jarak tepian balok sekitar 2,5 cm.

4. Tutup area bondek yang berlubang

Maksimalkan langkah Anda dengan menutup beberapa bagian bondek yang masih berlubang dan kurang sempurna. Biasanya bagian yang berlubang difungsikan sebagai tempat penyangga kolom cor lantai atas rumah.

5. Tutup bagian tepian bondek yang berlubang

Jika Anda masih mendapati tepian bondek yang berlubang sebaiknya segera tutup. Salah satu caranya ialah dengan menutup menggunakan semen pada bagian bondek yang masih berlubang.

6. Kunci bondek menggunakan paku khusus

Keenam ialah mengunci bondek menggunakan paku khusus di samping atau pinggiran. Penguncian dapat diarahkan ke lubang-lubang kecil pada bondek agar menambah kekuatannya saat menahan beban material cor. Setelah langkah di atas berhasil diterapkan Anda bisa langsung menutupinya dengan material cor. Jangan lupa untuk merapikan bagian bawah bondek agar lapisan cor tidak berantakan.

Baca Juga: Manfaat Mengganti Besi Tulangan dengan Wiremesh

Jadi, membangun rumah dengan bantuan media plat pengampu coran bondek lebih mudah bukan? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu