Mengenal Apa itu Jasa Konstruksi dan Jenis-Jenisnya

perhitungan konstruksi bangunan kps steel toko besi jakarta

Jasa konstruksi adalah berbagai jenis layanan jasa untuk membantu konstruksi, mulai dari  perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Namun sebelum Anda memilih jasa ini, ketahui dulu informasi lengkapnya berikut ini.

Terdapat beberapa jenis jasa yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai informasi terkait, maka Anda dapat menggunakan jasa sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Apa Itu Jasa Konstruksi?

Jasa konstruksi adalah kegiatan usaha yang meliputi layanan konsultasi untuk perencanaan konstruksi, layanan pelaksanaan berbagai kegiatan konstruksi, serta jasa untuk melakukan berbagai pengawasan terkait konstruksi yang sedang dikerjakan.

Dengan kata lain, jasa ini menyangkut berbagai proses konstruksi, dari perencanaan hingga kegiatan setelah konstruksi selesai. Selain pembangunan, berbagai layanan dapat diberikan, termasuk pemeliharaan, instalasi, dan perbaikan.

Terdapat jenis-jenis jasa sesuai dengan layanan yang akan digunakan untuk proyek konstruksi. Jasa ini juga dapat digunakan untuk membangun berbagai sarana dan prasarana, baik oleh pemerintah maupun swasta.

Dalam praktiknya, jasa ini sering dipakai untuk proyek seperti pembangunan gedung, pabrik, jalan, jembatan, rel kereta api, pelabuhan, dan bandara.

Untuk dapat melakukan berbagai kegiatan usaha dalam bidang jasa ini, maka diperlukan berbagai perizinan penunjang. Perizinan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini yaitu terdiri dari Nomor Induk Berusaha, SBU Konstruksi, dan SKK Konstruksi.

Jenis-jenis Jasa Konstruksi

Jika merujuk pada Undang-undang yang berlaku, maka terdapat beberapa jenis jasa untuk konstruksi. Jasa ini dapat dipakai untuk berbagai jenis pembangunan, sesuai dengan kebutuhan.

1. Jasa Perencana Konstruksi

Jasa konstruksi pertama adalah jasa perencana konstruksi. Ini merupakan penyedia jasa yang dinyatakan profesional dan telah ahli dalam merencanakan konstruksi.

Jasa ini dapat berupa perorangan atau melalui badan usaha. Dia atau mereka harus mampu membuat dokumen perencanaan bangunan sebagai bentuk kerjanya. Bisa juga, dokumen tersebut diwujudkan dalam bentuk fisik lainnya sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

Biasanya, perencana konstruksi ini sering disebut dengan Konsultan Perencana. Tugasnya meliputi berbagai kegiatan perencanaan umum, survei lokasi, perencanaan untuk operasi, studi kelayakan untuk proyek, serta studi pengembangan.

Selain itu, perencana konstruksi juga bertugas untuk menyusun berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk kontrak kerja konstruksi serta berbagai pemeliharaan kedepannya.

2. Jasa Pelaksana Konstruksi

Jasa konstruksi selanjutnya yaitu jasa pelaksana konstruksi. Pelaksana konstruksi ini sering disebut dengan istilah Kontraktor Konstruksi serta bertugas menjadi manajer proyek atau kepala proyek.

Sesuai dengan namanya, layanan yang diberikan oleh jasa ini yaitu layanan pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Bagiannya meliputi berbagai rangkaian kegiatan konstruksi. Mulai dari berbagai kegiatan persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir, akan diurus oleh layanan ini.

Jika dijelaskan secara sederhana, kontraktor ini memiliki tugas untuk mengerjakan dan membentuk bangunan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.

Bentuk bangunannya tergantung dari perencanaan. Selain berbentuk banguna, dapat pula memiliki bentuk fisik yang lain.

3. Jasa Pengawas Konstruksi

Terakhir, ada pengawas untuk jasa konstruksi. Jasa ini dapat berupa perorangan atau badan usaha yang harus sudah dinyatakan profesional serta ahli dalam bidang pengawasan konstruksi. Pengawas konstruksi ini disebut juga dengan Konsultan Pengawas atau Supervisor Engineer.

Sesuai namanya, lingkup kerja dari jasa ini adalah melakukan berbagai pengawasan dalam proses pembangunan konstruksi. Pengawasan ini dilakukan dari awal pembangunan dimulai hingga pembangunan berakhir.

Itulah ketiga jasa yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan konstruksi. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu tentang bahan bangunan. 

Terdapat berbagai jenis bahan bangunan yang sering digunakan, salah satunya besi. Pastikan Anda memilih besi yang bagus dan sesuai untuk konstruksi Anda. Distributor Besi KPS Steel dapat membantu Anda dalam hal ini.

Selanjutnya, pada pelaksanaan kerja dari proyek konstruksi, terdapat berbagai pihak yang terlibat untuk mendukung terlaksananya pembangunan dengan maksimal.

Terdapat berbagai jasa pelaksana konstruksi yang dapat digunakan untuk mewujudkan rencana konstruksi. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing bidang jasa yang dapat membantu proses pembangunan.

4. Arsitektur

Jasa arsitektur mencangkup berbagai ruang lingkup kerja. Ruang lingkup kerja dari bidang ini adalah arsitektur interior bangunan, bangunan komersial, arsitektur untuk berbagai jenis lanskap, berbagai jenis fasilitas olahraga yang berada di luar gedung, perumahan tunggal, dan perumahan multi hunian.

Arsitektur juga dapat mencakup ruang lingkup bangunan berteknologi sederhana, menengah, dan tinggi. Selain itu, termasuk juga pemasangan berbagai aksesoris bangunan dan pekerjaan dinding.

Pekerjaan terkait jendela dan perawatannya juga termasuk dalam ruang lingkupnya. Misalnya, untuk jendela logam, kayu, dan kaca.

5. Sipil

Selanjutnya, ada bidang sipil dengan berbagai ruang lingkup yang cukup luas. Ruang lingkup dari jasa ini yaitu dapat mencangkup berbagai sektor pembangunan yaitu struktur bangunan beragam jenis gedung, jalan raya, jalan layang, jalur kereta api, terowongan, bandara, drainase, serta saluran konstruksi untuk pabrik dan tambang.

Berbagai sarana dan prasarana sumber daya air juga menjadi bagian dari jasa sipil. Bagian ini meliputi jaringan irigasi, pengairan, atau bendungan.

6. Elektrikal

Berbagai bagian yang terkait dengan kelistrikan, menjadi ruang lingkup dari bidang jasa elektrikal. Pastinya, hampir semua jenis bangunan membutuhkan sistem listrik di dalamnya, termasuk perawatannya. Maka dari itu, bidang ini menjadi penting.

Ruang lingkupnya yaitu berbagai instalasi listrik, penangkal untuk petir, instalasi instalasi pembangkit tenaga listrik, pembangkit tenaga listrik dengan berbagai energi baru, jaringan distribusi dan transmisi tenaga listrik, serta instalasi kontrol dan instrumentasi.

Bidang ini juga menyangkut bagian telekomunikasi yaitu bagian sentral telekomunikasi, bangunan pemancar radio, telekomunikasi untuk menjadi sarana bantu navigasi udara dan laut, serta sinyal dan telekomunikasi kereta api.

7. Mekanikal

Jasa selanjutnya yaitu bidang mekanikal yang pekerjaannya menyangkut berbagai jenis mekanik untuk bangunan. Ruang lingkupnya terdiri dari berbagai jenis instalasi yaitu instalasi industri, instalasi fasilitas produksi instalasi tata udara atau AC. Berbagai instansi terkait minyak, gas, dan geothermal juga termasuk di dalam lingkup kerjanya.

Selain itu, bidang mekanikal juga menyangkut konstruksi alat angkut, eskalator, serta lift. Bagian lain yang menjadi bagiannya yaitu insulasi dalam bangunan, perpipaan, dan jasa yang menyediakan berbagai peralatan konstruksi.

8. Tata Lingkungan

Terakhir, ada bidang tata lingkungan yang memiliki berbagai ruang lingkup. Sesuai dengan namanya, berbagai hal terkait lingkungan dapat dikelola oleh jasa ini, sehingga aspek-aspek lingkungan tetap diperhatikan.

Bidang ini mencangkup analisis dampak lingkungan atau Amdal, tata ruang kota, pengembangan wilayah, teknik lingkungan, reboisasi serta berbagai perawatannya, dan pekerjaan pengeboran air tanah.

Selain itu, dapat juga berkaitan dengan berbagai jenis perpipaan. Bagian tersebut meliputi perpipaan minyak, perpipaan gas, perpipaan limbah, serta pastinya berbagai perpipaan air bersih.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Konstruksi Bangunan dan Bagiannya yang Wajib Ada

Toko Besi KPS Steel Solusi Kebutuhan Besi untuk Perusahaan Konstruksi

Jika hendak melakukan berbagai pembangunan sesuai perencanaan, maka salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah bahan atau materialnya. Terdapat berbagai jenis material bangunan yang biasa digunakan, salah satunya besi.

Besi dapat digunakan untuk berbagai jenis konstruksi. Selain itu, besi juga biasa dipakai untuk berbagai keperluan lain yang mendukung bangunan.

Untuk mendapat hasil pembangunan, maka berbagai bahannya perlu dipertimbangkan dan dipilih dengan baik, termasuk dalam memilih bahan besi. Penting jenis besi yang sesuai dan berkualitas, sehingga konstruksi Anda dapat diselesaikan dengan maksimal sesuai fungsi yang diinginkan.

Untuk mendukung jasa konstruksi dan berbagai keperluan pembangunan, Distributor Besi KPS Steel dapat menjadi solusi untuk Anda. Tanpa ada pembelian minimum, Anda dapat memilih berbagai jenis besi sesuai keperluan. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi selengkapnya mengenai beragam jenis besi yang kami sediakan, hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Bangunan untuk Keperluan Konstruksi?