Cara Menentukan Tebal Cor Bondek untuk Dak Rumah

tebal cor bondek kps steel distributor besi jakarta

Apakah Anda pernah mendengar istilah cor bondek? Bondek juga sering disebut sebagai floordeck yang merupakan bahan material lembaran dan dibuat dari galvalum dengan lapisan alumunium, dan digunakan untuk membuat plafon. Ketika menggunakan material ini, tentu saja tebal cor bondek harus diperhatikan dengan baik. 

Biasanya material ini dipergunakan untuk mengecor lantai dua di sebuah bangunan. Bondek juga sering disebut dengan metal decking.

Apa itu Cor Bondek?

Cor bondek merupakan teknik yang dipergunakan agar dapat membantu proses dak beton dengan posisi di lantai atau dak beton di atas. Material yang digunakan adalah lembaran yang dibuat dari galvalum dengan lapisan aluminium atau galvanis. 

Sesuai dengan namanya, cor bondek menjadi pengganti triplek yang sering diaplikasikan di rumah-rumah. Pada penerapannya, tebal cor bondek harus diperhatikan dengan baik. Teknik cor bondek juga tergantung dari galvalum atau alumunium yang menjadi alas daknya. 

Inilah alasan mengapa material tersebut dibuat dari baja dengan tinggi kurang lebih 5 cm, dan mempunyai bentuk gelombang dengan panjang cukup bervariasi karena dapat disesuaikan dengan ukuran yang didak. 

Cor bondek umumnya digunakan untuk berbagai macam konstruksi bangunan seperti jembatan, jalan, parkiran gedung bertingkat dan yang lainnya. 

Kelebihan Cor Bondek

Penggunaan cor bondek banyak dilakukan karena sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Berikut adalah daftar-daftarnya:

1. Menjadi Pengganti Bekisting

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh cor bondek adalah menjadi pengganti dari bekisting yang umumnya dibuat dari triplek. Bila menggunakan triplek, saat cor beton sudah mengering, triplek harus dilepas. 

Namun, ketika menggunakan teknik bondek, bekisting tidak perlu dilepas. Sehingga bekisting dapat menjadi satu kesatuan di dalam struktur lantai. 

2. Menghemat Tiang Untuk Perkuatan

Kelebihan lain yang dimiliki cor bondek adalah dapat menghemat tiang yang digunakan sebagai perkuatan. Dengan tebal cor bondek yang sudah disesuaikan, dan dibuat dari galvalum yang kuat, penggunaan bondek tentu saja dapat menghemat perancah. 

3. Hasil Cor Beton Lebih Rapi

Ketika mengaplikasikan cor bondek, kemungkinan bondek bocor sangat kecil. Bahkan, bila dibandingkan dengan triplek dan bekisting, kemungkinan kebocorannya jauh lebih tinggi triplek. 

4. Lebih Ekonomis dan Efisien

Pengerjaan bondek tidak membutuhkan waktu lama, bahkan terkesan sangat cepat. Beda dengan bekisting yang dibuat dari kayu. Ketika menggunakan bekisting yang dibuat dari kayu, pengerjaanya jauh lebih lama. Hanya dengan memilih tebal cor bondek yang sesuai, pemasangan bisa langsung dilakukan.

5. Volume Cor Beton dan Dak Berkurang

Bondek merupakan satu kesatuan dengan struktur dak, sehingga ketebalannya bisa dikonversi maupun diturunkan. Hal ini dapat mengurangi cor beton hingga 25% dari jumlah volume awal. 

6. Ukuran Diameter Besi Tulangan Dak Berkurang

Berkurangnya diameter besi di tulangan dak bisa berkurang karena dikonversi dengan bondek. Pengerjaannya juga bisa menjadi lebih cepat, bila besi konvensional diganti dengan wiremesh.

Cara Menentukan Tebal Cor Bondek untuk Rumah

Sebenarnya, ukuran tebal dari cor bondek sangat bervariasi. Ukuran tebalnya mulai dari 0,65 mm 0,70 mm, 0,75 mm hingga 1 mm. tetapi cor bondek yang sering digunakan adalah 1 mm serta 0,75 mm. bukan hanya variasi tebal, tetapi ada pula variasi panjang. Panjang yang dimilikinya mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter serta 6 meter. 

Dalam pengaplikasiannya, nantinya bondek disangga oleh balok baja atau balok biasa. Sehingga tujuan metal decking dengan menggunakan cor bondek adalah membantu atap menahan panas agar tidak masuk ke dalam ruangan. 

Cara ini cocok digunakan untuk gedung bertingkat, sebagai plafon atap serta lantai beton. Menariknya lagi, beberapa orang memperlihatkan bondek serta menggunakan cat untuk finishing agar terlihat lebih indah. Tetapi ada pula yang membiarkan warna aslinya, sehingga tetap bersinar. 

Agar dapat melakukan perhitungan dengan tepat, kita dapat mengambil contoh bila bidang yang nantinya dipasang bondek mempunyai panjang 5 meter serta lebar 7 meter, kemudian ukuran bondek yang akan dipergunakan adalah 1 meter X 6 meter X 0,75 mm. 

Dari panjang serta lebar objek tersebut, diketahui luas permukaannya adalah 35 meter persegi. Dari ukuran bondek yang digunakan, perhitungan kebutuhan bondek adalah 35 dibagi 6, sehingga hasilnya adalah 6 bondek. 

Perhitungan ini dapat dikatakan akurat, sehingga tidak berlebihan dan tidak kurang, karena sesuai dengan luas permukaan yang nantinya akan dipasangi bondek. Bila ukurannya penuh, bondek yang Anda beli sudah mencukupi. 

Tetapi, bila bondek yang dibeli sudah dipotong dengan cor sloof, bondek yang Anda beli bisa lebih sedikit. Sebisa mungkin, pastikan bondek yang dibeli tidak kurang, bila bondek tersebut lebih sedikit, hal ini tidak menjadi masalah karena dipotong cor sloof. 

Sedangkan, untuk menghitung cor dak bondek, contohnya Anda ingin melakukan cor ketebalan 10 cm, semen yang dibutuhkan adalah 24 sak, dengan beton kurang lebih 2,4 colt serta batu split 3 colt. Dari perhitungan, diperoleh perbandingan lembar bondek dan semen adalah 4 kali dari kebutuhan pasir beton. 

Tips Pemasangan Cor Bondek

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, tetapi pemasangan cor bondek harus diperhatikan dengan baik. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Sebelum memesan bahan-bahan besi cor bondek dari supplier besi terpercaya, pastikan tebal cor bondek terlebih dahulu. Lakukan pengukuran lokasi dengan presisi, agar dapat menghindari pemotongan bondek dalam jumlah yang banyak. 
  • Untuk pemasangan antar tiang, maksimal adalah 1,5 meter. 
  • Kemudian, pastikan elevasi seluruh balok yang digunakan untuk tumpuan rata atau sama. 
  • Pasang bondek dengan arah struktur ke bentangan balok yang paling pendek. 
  • Jangan lupa, pasang penguat bondek berupa bolt atau besi yang digunakan untuk memastikan bondek tidak bergeser saat proses pengecoran tersebut dilakukan. 

Harga Cor Bondek 2023

Di pasaran, harga cor bondek ini bervariasi menurut ketebalan cor bondek. Berikut harga dari cor bondek ini:

  • Bondek 0,65 mm dibanderol dengan harga Rp94 ribuan.
  • Bondek 0,70 mm dibanderol dengan harga Rp100 ribuan.
  • Bondek 0,70 mm dibanderol dengan harga Rp105 ribuan.
  • Bondek 0,75 mm dibanderol dengan harga Rp110 ribuan.
  • Bondek 0,75 mm dibanderol dengan harga Rp112 ribuan.

Namun, tentu saja harga di atas dapat berbeda untuk daerah lain. Oleh sebab itu, pastikan melakukan survey terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian, agar nantinya Anda dapat memperoleh harga yang terbaik. 

Selain melakukan perhitungan tebal cor bondek dengan tepat, pastikan memilih produk besi yang tepat. salah satu pilihan tempat untuk melakukan pembelian besi adalah KPS Steel. KPS Steel merupakan toko besi yang paling lengkap di Jakarta.

KPS Steel menyediakan berbagai macam besi serta baja ringan berkualitas, bahkan berstandar SNI, sehingga Anda dapat membuat cor bondek yang benar-benar kokoh. Untuk memilih produk yang tepat, kunjungi produk kami. Sedangkan untuk melakukan pemesanan, kunjungi kontak kami sekarang!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait