Ini 5 Perbedaan Besi WF dan H Beam yang Perlu Anda Pahami

perbedaan-besi-wf-dan-h-beam-harga-besi-baja-wf

Sekilas mungkin seperti tidak terlihat perbedaan besi WF dan H beam, terutama bagi orang – orang awam dan belum mengenal jenis – jenis baja. Karena keduanya memiliki ciri serupa, yaitu bentuknya mirip seperti huruf H.

Bahannya juga sama-sama terbuat dari baja, salah satu bahan material pembuatan bangunan yang kuat dan tahan lama. Baja sering disamakan dengan besi, padahal sebenarnya tidak demikian.

Baja memiliki ketahanan dan sifat anti karat, sehingga membuat konstruksinya lebih kokoh. Ada banyak sekali material bangunan yang memiliki bahan dasar berupa baja, mulai dari WF, H beam, wiremesh, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun di antara berbagai jenis tersebut, WF dan H beam memiliki rupa yang mirip, sehingga banyak orang mengiranya sama.

Perbedaan Besi WF dan H

WF sendiri merupakan singkatan dari Wide Flange, sedangkan H beam sendiri merupakan kependekan dari Hot Rolled. Untuk melihat perbedaannya sebenarnya cukup gampang, yaitu dengan menyandingkannya secara berdampingan, namun bisa juga dilihat dari berbagai sisi.

Berikut ulasan perbedaan besi WF dan H beam yang perlu Anda pahami:

1. Secara Penampakan

Secara penampakan apabila disandingkan secara berdampingan akan terlihat jelas perbedaannya, Wide flange seperti namanya akan terlihat lebih lebar dibandingkan dengan Hot Rolled. Selain itu secara bentuk WF lebih terlihat seperti balok, sedangkan H beam terlihat seperti kubus.

2. Perbedaan Dimensi

Apabila diukur secara dimensi, akan terlihat jelas perbedaannya, pada bagian sisi – sisi kupingnya cenderung sama yaitu sekitar 100 mm. Sedangkan untuk lebarnya, besi H beam memiliki lebar sama yaitu 100 mm sementara besi WF lebarnya 200 mm.

Baca Juga: Ragam Ukuran Besi WF yang Perlu Diketahui SSebelum Membeli

3. Popularitas di Masyarakat

Meskipun keduanya memiliki bentuk serupa, tetapi secara popularitas sangat berbeda. Di pasaran masyarakat cenderung lebih mengenal WF dibandingkan H beam. Karena fleksibilitas dan penggunaannya di konstruksi ringan lebih sering dibandingkan jenis H beam.

4. Kualitas

Secara kualitas, keduanya tidak memiliki perbedaan signifikan, bahkan dikatakan sesuai apabila penggunaannya tepat. Penggunaan Wide flange biasanya digunakan sebagai kerangka rumah dan rangka ringan, sedangkan hot rolled digunakan pada rangka jembatan atau gedung tinggi.

5. Fungsi yang Berbeda

Keduanya secara dasar memiliki fungsi sama yaitu sebagai penopang atau pembuat kerangka pada sebuah konstruksi. Namun memiliki fokus berbeda, WF lebih banyak digunakan pada konstruksi seperti bangunan rumah, sedangkan H beam lebih banyak pada jembatan atau gedung tinggi.

Tips Memilih Besi WF dan H untuk Membangun Hunian Anda

Perbedaan besi WF dan H beam yang paling utama adalah penggunaan atau fungsinya, namun secara kualitas sebenarnya sudah optimal. Tetapi apabila ingin membeli besinya harus memahami beberapa tips berikut, agar bahan yang digunakan benar – benar berkualitas.

Tips pertama adalah memastikan ketika membeli harus mengetahui besar beban konstruksinya. Semakin berat bebannya, maka memerlukan jenis, ukuran, dan ketebalan yang lebih besar, sehingga tidak hanya memilih jenisnya, tetapi juga ukurannya.

Tips kedua adalah memastikan mengetahui kedua fungsinya secara benar, apabila Anda masih ragu, bisa berkonsultasi ke tempat pembelian besinya, seperti KPS Steel. Sebagai distributor, memahami bagaimana fungsi dan penggunaannya.

Tips ketiga adalah memastikan membeli produk besinya dari supplier atau distributor terpercaya. Melalui distributor terpercaya menyediakan baja berkualitas tinggi, aman untuk konstruksi Anda.

Baca Juga: Manfaat dan Kegunaan Besi WF yang Cocok untuk Segala Konstruksi

Salah satu distributor terpercaya tersebut adalah KPS Steel. Konstruksi harus mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari bahan penyusun, jenis bajanya, serta besaran bebannya.

Perbedaan besi WF dan H beam juga bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih bahan konstruksinya, terlebih apabila masih awam dengan berbagai jenis baja.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan beragam besi baja ringan lainnya.

Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu