Kenali Besi Tulangan Beton untuk Konstruksi

Besi Tulangan Beton dikenal akan kekuatanya menahan gaya tarik yang besar. Bagi Anda yang menggeluti bidang konstruksi bangunan, pasti pernah mendengar tentang besi tulangan beton.

Besi jenis ini biasa disebut sebagai besi beton dan sering digunakan untuk kegiatan konstruksi. Jika Anda ingin mengetahui tentang besi jenis ini secara rinci, jangan beralih ke halaman lain. Pasalnya di bawah ini akan dibahas tentang besi beton selengkapnya. 

Pengertian Besi Tulangan Beton

Besi tulangan beton merupakan salah satu jenis besi yang berfungsi sebagai penambah kekuatan tarik, sehingga beton mampu menahan gaya tarik. Dengan begitu, kemampuan beton dalam memikul beban ataupun gaya yang bekerja akan semakin bertambah banyak. 

Jenis-Jenis Besi Tulangan Beton

Besi beton terdiri dari beberapa jenis, yang memiliki bentuk berbeda. Adapun jenis-jenis besi beton dapat Anda lihat di daftar berikut ini:

1. Besi Beton Polos

Besi beton jenis pertama yang akan dibahas adalah besi beton polos. Besi beton jenis ini memiliki permukaan yang halus dan juga licin, serta memiliki bentuk penampungan bundar mulus.

Anda bisa menemukan besi jenis ini dengan mudah di pasaran, bahkan ada pula yang menjualnya secara ecer. Ketika menggunakan besi beton jenis ini, Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat hendak membengkokkannya, karena besi beton polos memiliki sifat lentur.

Tak perlu takut besi akan patah ketika dibengkokkan, sebab besi beton jenis ini memiliki ketahanan tekanan minimal 240 Mpa.

2. Besi Beton Ulir

Selanjutnya ada besi beton ulir atau juga disebut sebagai deformed bar yang memiliki tonjolan dengan sirip. Tonjolan tersebut ada di seluruh permukaan besi, sehingga memiliki daya ikat yang kuat dan juga tinggi.

Namun, untuk mendapatkan besi ini sedikit sulit, dan Anda tidak bisa membelinya secara ecer seperti besi beton polos. Tak sama seperti besi beton polos, besi jenis ini memiliki sifat yang kurang lentur, sehingga Anda akan sedikit kesulitan ketika hendak membengkokkannya.

Hal ini juga akan berimbas pada proses pemasangan yang akan membutuhkan waktu cukup lama daripada pemasangan besi beton polos. 

Baca juga: Kegunaan Besi Beton yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

Keunggulan Besi Tulangan Beton

Seperti besi jenis lainnya, besi beton juga memiliki banyak keunggulan. Tentu saja keunggulan tersebut menjadi daya tarik tersendiri, sehingga besi ini banyak digunakan oleh orang-orang. Berikut keunggulan-keunggulan besi beton:

  • Dapat membuat pondasi bangunan menjadi lebih kuat, sehingga bisa berdiri tegak sesuai dengan konstruksi yang telah dirancang sebelumnya.
  • Besi beton memiliki daya tahan yang bagus, sehingga dapat bertahan  pada temperatur suhu tinggi sekalipun. Dengan begitu, besi ini sangat cocok digunakan pada bangunan bertingkat ataupun bangunan high rised building.
  • Dengan menggunakan besi jenis ini, Anda dapat menghemat biaya perawatan karena keawetannya terjamin. 
  • Karena memiliki kekuatan level tinggi, bangunan yang sudah jadi atau selesai dibangun akan sulit untuk dihancurkan kembali. 

Fungsi Besi Beton

Besi beton memiliki fungsi yang penting pada konstruksi bangunan, yakni digunakan sebagai rangka utama guna menyusun bangunan, baik itu bangunan sederhana maupun bangunan bertingkat-tingkat. Selain itu, besi beton juga sering digunakan sebagai pengikat besi lainnya, karena memiliki daya ikat yang cukup tinggi dan kuat. 

Harga Besi Beton

Untuk persoalan harga, besi beton dijual dengan rentang harga yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh ukuran dan juga spesifikasinya.

Anda bisa mendapatkan besi jenis ini dengan kisaran harga mulai dari Rp15.000,- hingga yang termahal Rp153.000,- per pcs. Itulah beberapa informasi tentang besi beton atau besi tulangan yang sangat penting bagi dunia konstruksi bangunan.

Tentu saja hal informasi di atas dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada Anda tentang jenis-jenis besi yang digunakan pada proses pembangunan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Menganal Karakteristik dan Kegunaan Besi Tempa.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Material Besi Beton, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu