Mengenal Karakteristik dan Kegunaan Besi Tempa

karakteristik dan kegunaan besi tempa

Salah satu jenis besi adalah besi tempa. Simak artikel berikut untuk mengenal karakteristik dan kegunaannya.

Jenis-jenis dari material logam memang sangat beragam, salah satunya adalah material besi. Jenis dari besi sendiri juga cukup beragam dan biasanya berbeda dari segi proses pembuatan, karakter, sampai penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan Tali Sling

Namun pernahkah Anda mendengar besi tempa? Besi jenis ini banyak dijumpai, dan untuk bisa mengenalnya lebih jauh maka bisa menyimak ulasan di  bawah ini.

Karakteristik Besi Tempa

Besi jenis ini disebut juga dengan istilah wrought iron dan merupakan salah satu jenis besi yang proses pembuatannya dari penempaan yang tentu saja berbeda dengan jenis besi lain yang umumnya dibuat dengan proses peleburan. Adapun karakter yang dimiliki dari besi yang ditempa ini antara lain:

  • Dibuat dari besi kasar yang kemudian ditambahkan beberapa senyawa, paling jamak dijumpai adalah senyawa P, Si, Mn, C, dan juga senyawa belerang.
  • Kandungan pengotor sekitar 5% yang lebih rendah 1% dibanding besi kasar atau pig iron yang sebesar 6%.
  • Memiliki struktur berserat yang berasal dari terak yang dimasukan selama proses penempaan, dan tercampur merata di seluruh bagian besi.
  • Terbilang cukup lunak karena kandungan pengotor lebih sedikit, kandungan karbon rendah, dan memiliki titik lebur yang tinggi.
  • Tahan terhadap korosi berkat kandungan terak di dalamnya.
  • Serat pada besi bisa mengindikasi adanya kelebihan beban karena akan tampak retak di awal sehingga bisa dilakukan penanganan sejak dini sebelum perangkat rusak.
  • Mudah dibentuk karena sifatnya yang ulet sekaligus lunak.
  • Sifat mekanik yang dimiliki besi jenis ini sangat bergantung dari bentuk fisiknya.
  • Bentuk umum dari besi jenis ini adalah lembaran, pelat, batangan, pipa, billet, bentuk struktural, dan juga batangan.

Kegunaan dari Besi Tempa

Setelah mengetahui karakteristik dari besi tempa maka bisa langsung mengetahui apa saja kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Lebih detailnya dari penggunaan besi jenis ini adalah sebagai berikut:

1. Dipakai untuk Pembuatan Pipa

Sifat besi yang mengandung terak ini salah satunya adalah tahan terhadap korosi atau bebas karat. Sehingga sering digunakan untuk pembuatan pipa air, dan beberapa perusahaan juga menggunakannya untuk pembuatan pipa uap. Selain itu sifatnya juga mudah dibentuk sehingga pembuatan pipa menjadi lebih mudah.

2. Digunakan untuk Pembuatan Baut

Besi yang ditempa juga sering digunakan untuk pembuatan baut dari berbagai ukuran dan kegunaan. Sifatnya yang mudah dibentuk membuatnya mudah dibentuk dalam ukuran kecil. Meskipun begitu besi ini tetap kuat sehingga cocok dijadikan baut untuk menyatukan satu atau beberapa benda.

3. Dibuat Paku Keling

Kegunaan berikutnya dari besi tempa ini adalah dijadikan paku keling. Paku keling sendiri merupakan jenis paku yang  terdiri dari kepala dan batang. Penggunaan dari paku keling ini umumnya untuk menyambung pelat besi dengan cara dikeling.

4. Dibuat Tali Pengikat

Besi yang dibuat dengan cara ditempa ini juga bisa dan sering digunakan untuk pembuatan tali pengikat. Tali jenis ini akan sangat familiar dijumpai di lingkungan perkapalan.

5. Dijadikan Kerangka Atap

Sifatnya yang tahan korosi namun tetap kuat sekaligus mudah dibentuk membuatnya cocok dijadikan kerangka atap. Khususnya untuk atap yang terbuat dari material kayu agar tidak mudah rusak atau roboh.

6. Dibuat Tapal Kuda

Sejak zaman dulu tapal kuda memang dibuat dari besi yang ditempa, hanya saja untuk masa sekarang memang sudah menjadi pemandangan langka. Sebab proses pembuatan tapal kuda cenderung lama dan kebetulan pemilik kuda pun hanya kalangan terbatas.

7. Dibuat Pagar

Besi yang ditempa memang sering dibuat menjadi pagar rumah atau bangunan apapun. Sebab sekali lagi karena sifatnya yang kuat, tahan korosi, dan mudah dibentuk.

Saat ini besi tempa memang sudah tidak diproduksi secara komersial, namun beberapa perusahaan terlihat masih membuatnya.

Baca Juga: Cara Menentukan Besi Profil untuk Keperluan Anda

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu