Takut Salah Pilih? Simak Panduan Pemilihan Ukuran Besi Siku

panduan pemilihan ukuran besi siku

Penggunaan besi siku terus meningkat dan sangat beragam. Simak ulasan berikut untuk tidak salah pilih ukuran besi siku sebelum menggunakannya.

Dalam industri konstruksi, besi siku adalah salah satu komponen yang penting. Besi siku merupakan batang besi yang memiliki penampang siku sebesar 90 derajat. Dengan seiring berkembangnya waktu, penggunaan besi siku terus meningkat dan jenis serta ukuran besi siku sangat beragam.

Baca Juga: Perbedaan Besi Hollow Hitam dan Galvanis yang Patut Disimak

Seperti yang Anda ketahui, besi siku sering digunakan dalam konstruksi bangunan yang ada di sekitar Anda. Di lingkungan perumahan, gedung tinggi, kawasan industri, dan masih banyak lagi. Ukuran besi siku sangat beragam mulai dari panjang dan lebarnya.

Panduan Dalam Memilih Ukuran Besi Siku

Tetapi tahukah Anda, bahwa memilih ukuran untuk besi siku tidak bisa sembarangan? Untuk itu simak panduan berikut memilih ukuran yang tepat untuk besi siku.

1. Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Besi siku banyak digunakan sebagai struktur penyangga agar tidak mudah roboh. Materialnya atau bahan besi siku sangat kokoh dan kuat. Karena inilah besi siku tidak hanya digunakan dalam satu kontruksi saja, tetapi beragam konstruksi. Untuk itu, Anda perlu memilih ukuran untuk besi siku sesuai kebutuhan.

2. Pilih Sesuai Dengan Jenis Yang Akan Digunakan

Jenis besi siku sangat beragam. Ada 3 jenis besi siku yang bisa Anda pilih, yaitu besi siku sama sisi, besi siku tidak sama sisi, dan besi siku berlubang. Sesuai dengan namanya, besi siku sama sisi memiliki panjang yang sama.

Untuk besi siku tidak sama sisi, tentu sisinya tidak sama panjang. Sebagai contoh ukuran 125 mm × 100 mm dengan lebar 10 mm. Sedangkan untuk ukuran besi siku berlubang di setiap sisinya terdapat lubang-lubang yang memiliki fungsi sebagai tempat pelekatan baut.

Kelebihan Dari Besi Siku

Setelah mengetahui panduan untuk memilih ukuran pada besi siku, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja kelebihan dari besi siku itu sendiri.

1. Beratnya Ringan, Tetapi Tetap Kuat

Ukuran dari besi siku berbeda-beda, ada yang kecil, sedang, atau pun besar. Tetapi walaupun demikian, semua besi siku memiliki berat yang ringan. Penampangnya yang berbentuk L dan membentuk sudut 90 derajat inilah yang membuat besi siku tetap kuat dan kokoh.

2. Mudah Dibentuk

Untuk memotong besi siku tidak terlalu sulit. Ini membantu Anda untuk menghasilkan ukuran besi siku yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memotongnya secara manual atau menggunakan gerinda listrik. Dengan menggunakan alat catok, besi siku juga dapat ditekuk secara mudah.

3. Memiliki Dimensi Yang Bervariasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, besi siku memiliki dimensi yang beragam. Standar panjang besi siku biasanya 6 m. Untuk variasi ketebalan besi siku bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan atau keinginan.

4. Mudah Dalam Perawatan

Besi siku dibuat dengan lapisan anti karat. Itu sebabnya perawatan besi siku tidak terlalu jadi masalah. Tetapi untuk bagian-bagian ujung yang sudah terpotong atau tempat lubang baut sambungan perlu diberikan finishing anti karat agar menghindari terjadinya karat.

5. Tahan Lama dan Berkelanjutan

Karena besi siku memiliki lapisan anti karat, tidak heran jika besi siku akan tahan lama dalam pemakaiannya. Besi siku masuk dalam kategori material berkelanjutan atau bisa digunakan kembali. Sebagai contoh, ada besi siku bekas proyek besar, bisa Anda pergunakan untuk membuat rak sederhana.

Tidak heran jika besi siku dipergunakan dalam banyak aspek perindustrian konstruksi saat ini. Ukuran besi siku yang beragam juga memudahkan Anda untuk menentukan yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Jadi, Anda tidak perlu takut lagi salah dalam memilih ukuran untuk besi siku.

Baca Juga: 7 Kelebihan dalam Penggunaan Atap UPVC Di Properti Anda

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu