7 Kelebihan dalam Penggunaan Atap UPVC Di Properti Anda

7 kelebihan penggunaan atap upvc

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan atap UPVC di properti Anda. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas 7 kelebihan tersebut.

Kemajuan teknologi materil bangunan kian menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Setiap unsur materil bangunan didesain dengan mengikuti tingkat modernitas, kenyamanan, dan keselamatan yang tinggi. Hal itu tampak pada penggunaan atap UPVC yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga: Kegunaan Besi Beton yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kelebihan Penggunaan Atap UPVC 

Tentu saja terdapat beberapa alasan kenapa masyarakat mulai beralih ke UPVC dibanding dengan atap jenis lainnya. Berikut kelebihan yang ditawarkan UPVC yang memikat masyarakat:

1. Memberikan efek sejuk

Dengan iklim tropis, cuaca panas sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sinar matahari yang terik dapat mengakibatkan kondisi yang panas di dalam rumah yang membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman.

Berbagai cara akan dilakukan seseorang untuk mengatasinya, agar kondisi dalam rumah tetap sejuk. Sebagian orang mungkin mampu dalam membeli pendingin ruangan, tapi bagi yang tidak mampu itu menjadi persoalan.

Atap dengan jenis UPCV mengandung bahan (ASA) Acrylonitrile Styrene Akrilat mampu memberikan pelindung terhadap sinar matahari dan ultraviolet sehingga dapat menjadi solusi untuk mengatasi cuaca panas. Dengan bahan yang berkualitas tinggi, atap ini mampu meredam panas dan ultraviolet hingga 3-5ยบ C. Dengan menggunakan jenis atap ini kondisi di dalam rumah akan tetap sejuk dan nyaman. 

2. Merendam suara

Selain kondisi kondisi panas terik matahari dan ultraviolet, hujan juga dapat memberikan rasa ketidaknyamanan bagi penghuni rumah dengan suara bising yang ditimbulkannya.

Bahkan dibeberapa daerah sampai terjadi hujan es yang dapat membahayakan rumah dan penghuninya. Untuk itu diperlukan atap yang dapat benar-benar bisa melindungi dan meredam suara bising air hujan ataupun suara lainnya.

Hujan suatu keberkahan buat kehidupan Anda, akan tetapi suara bising yang ditimbulkan hujan dapat mengganggu kenyamanan Anda. Atap dengan jenis UPVC memiliki struktur yang berongga dan padat sehingga mampu meredam suara bising yang ditimbulkan air hujan hingga 20 desibel. Hal itulah yang dapat membuat Anda nyaman ditengah bisingnya suara hujan.

3. Ramah lingkungan

Persoalan lingkungan jangan dianggap sepele dan sebelah mata. Bagaimanapun juga kehidupan ekosistem harus tetap terjaga demi kehidupan di masa yang akan datang. Untuk itu hadirnya teknologi sebagai upaya untuk menciptakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, termasuk dalam pembuatan atap.

Atap dengan jenis UPVC diproses dengan teknologi tinggi yang menghilangkan unsur plastik dan zat adiktif pada bahan dasarnya. Sehingga bahan yang terkandung dalam atap ini tidak memiliki unsur plastik dan zat adiktif lainnya yang dapat merusak ekosistem alam.

Atap ini juga dirancang sedemikian rupa dengan bahan yang berkualitas dan dapat diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga tidak mencemari lingkungan. Dengan harapan lingkungan terbebas dari limbah.

4. Anti karat

Karat merupakan penyakit yang menggerogoti berbagai jenis peralatan dan perkakas yang berbahan logam. Karat juga dapat mengakibatkan peralatan dan perkakas tidak awet dan bertahan lama. Ada beberapa solusi untuk menghindarkan peralatan dan perkakas dari karat, yaitu dengan memasang lapisan anti karat atau memilih peralatan yang tidak mengandung logam.

Atap dengan jenis UPVC tidak mengandung unsur logam, sangat berbeda dengan jenis atap lainnya. Bahan yang digunakan atap ini dapat menahan tingkat keasaman yang ditimbulkan oleh faktor cuaca. Oleh karena itu atap terbebas dari karat dan kropos. Dengan kata lain atap ini  dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis atap lain. 

5. Terhindar dari kebakaran

Kebakaran merupakan momok yang menakutkan bagi masyarakat. Akibat yang ditimbulkan dari kebakaran bukan hanya kerugian materil tapi juga dapat kehilangan nyawa. Dengan kondisi perumahan yang terbilang rapat, rumah warga sangat rentan terkena kebakaran.

Apalagi dengan prilaku masyarakat yang terkadang ceroboh, sehingga kebakaran selalu menjadi ancaman. Untuk mengurangi penyebab kebakaran yang meluas, atap UPVC salah satu solusinya. Ada dua alasan yang menjadi unggulan UPVC dalam mencegah dan mengatasi efek api yang dapat menimbulkan kebakaran.

Pertama, dengan material yang tidak ada unsur plasitik, sehingga atap ini dapat dapat menghambat jalur api dan mencegah kobaran api agar tidak meluas. Kedua, atap ini dapat menghentikan arus listrik, karena tidak mengandung unsur logam. Artinya kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik dapat terhindarkan.

6. Daya tahan kuat

Dengan bahan yang dikeraskan, atap jenis UPVC sangat kuat dan kokoh sehingga cocok dengan kondisi alam yang ekstrim. UPVC juga tahan terhadap pukulan, benturan dan goncangan sampai mencapai 500 kg. Tidak perlu khawatir lagi dengan atap yang ambruk, karena UPVC memberikan perlindungan yang terbaik. Tidak perlu lagi merasa khawatir dengan curah hujan yang tinggin bahkan hujan es sekalipun.

7. Praktis dan modern

Dengan bentuk yang simple dan fleksibel, atap jenis UPVC mudah dalam pemasangannya. Dengan bahan yang berkualitas, atap jenis ini dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan kondisi rumah sehingga tidak lagi dibutuhkan alat khusus untuk memotongnya.

Disamping praktis, UPVC mengikuti trend arsitektur yang sudah modern. Dengan desain yang futuristik, UPVC memberikan kemegahan pada properti rumah. Makanya tidak salah banyak masyarakat yang sudah beralih dengan menggunakan UPVC di rumahnya.

Dengan menggunakan atap UPVC Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu keselamatan karena dapat meredam api dan goncangan, ramah lingkungan karena dapat diurakan oleh mikroorganisme, dan praktis karena sangat mudah dipasang. Jadi tunggu apalagi? Mulailah terapkan atap UPVC di rumah Anda!

Baca Juga: Mengenal Karakteristik dan Kegunaan Besi Tempa

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu