Harus SNI, Ini Mutu Baja Profil yang Harus Anda Pahami

mutu-baja-profil-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Mutu baja profil menjadi salah satu aspek yang wajib diperhatikan karena berkaitan langsung dengan keamanan selama hingga pasca pembangunan suatu struktur bangunan. Baja profil atau structural steel merupakan salah satu material penting. Material ini digunakan dalam berbagai pekerjaan konstruksi, mulai dari konstruksi bangunan, jembatan, jalan, serta beragam infrastruktur lainnya. Structural steel terdiri atas beberapa jenis dengan bentuk berbeda-beda.

Setiap jenisnya memiliki tujuan penggunaan masing-masing dengan sifat mekanik yang berbeda pula. Untuk menjamin kualitas suatu baja profil, material tersebut harus memenuhi standar tersendiri, yakni Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebaliknya, apabila material structural steel tidak berstandar SNI, maka Anda harus berhati-hati. Karena hal itu menandakan produsennya tidak menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai peraturan pemerintah.

Baca Juga: Perbedaan Besi Profil Jenis T-Beam dan H-Beam

Mutu Baja Profil Harus Memenuhi Standar SNI

SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan satu-satunya standar yang berlaku secara luas dalam skala nasional. Standarisasi ini berfungsi untuk membantu konsumen dalam memilih produk sehingga mendapatkan produk berkualitas. SNI adalah sertifikasi yang dibutuhkan oleh berbagai produk seperti makanan dan minuman, peralatan elektronik, ban kendaraan, sepeda, mainan anak, serta masih banyak lagi. Ternyata standar nasional ini juga diperlukan oleh produk material baja profil.

Hal tersebut bersesuaian dengan aturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Perindustrian No. 43/M-IND/PER/2/2012. Peraturan tersebut menyatakan bahwa structural steel alias baja profil harus berstandar SNI.

Adapun Nomor Pos Tarif / HS untuk SNI mutu baja profil di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Siku Sama Kaki

SNI 07-2054-2006 Baja profil siku sama kaki dengan No HS 7216.21.00.00 dan 7216.40.00.00

Structural steel jenis ini biasanya digunakan untuk balok, batang rangka kuda-kuda, member pada truss, maupun struktur ringan lainnya.

2. I-Beam

SNI 07-0329-2005 Baja profil I-Beam dengan No HS 7216.10.00.00 dan 7216.32.00.00

Structural steel jenis ini juga banyak digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Kegunaannya antara lain untuk tiang pancang, support atas dan bawah pada balok komposit, kantilever kanopi, dan sebagainya.

3. Kanal U

SNI 07-0052-2006 Baja profil kanal U dengan No HS 7216.10.00.00 dan 7216.31.00.00

Structural steel jenis ini pada umumnya diaplikasikan pada struktur tangga, anak balok, balok penutup dudukan atap. Selain itu, material jenis ini juga dapat dipakai untuk bracing pada pekerjaan konstruksi jembatan maupun bangunan.

4. Wide Flange

SNI 07-7178-2006 Baja profil WF dengan No HS 7216.10.00.00 dan 7216.33.00.00

Wide flange memiliki kekuatan tarik dan tekan yang sangat tinggi. Ini membuatnya mampu menahan beban aksial dengan baik. Pengunaan wide flange banyak dijumpai pada tiang pancang, balok, kolom, dan lainnya.

5. H-Beam

SNI 07-2610-1992 Baja profil H dengan No HS 7216-10.00.00 dan 7216.33.00.00

Structural steel jenis H-beam digunakan sebagai material konstruksi berat. Seperti pembuatan kapal, jembatan, rangkan gedung, dan lain sebagainya.

Konsekuensi Jika Baja Profil Tidak SNI

Berdasarkan aturan pemerintah, semua produksi structural steel wajib mengajukan dan memiliki SPPT SNI. Sedangkan apabila tidak memiliki SPPT SNI, maka konsekuensinya adalah sebagai berikut:

  1. Material tersebut dilarang diedarkan kepada konsumen. Produsen pembuat structural steel yang tidak memiliki SPPT SNI harus menghancurkannya.
  2. Apabila structural steel tersebut didatangkan dari luar negeri (impor), maka tidak boleh masuk ke daerah Pabean Indonesia. Baja profil harus dimusnahkan atau bisa diekspor kembali oleh perusahaan yang mengimpornya.

Structural steel alias baja profil memiliki peran penting dalam konstruksi bangunan. Untuk itu, kami menyediakan material berkualitas terbaik dengan mutu baja profil SNI untuk menunjang keamanan dan keselamatan.

Baca Juga: Mengenal Besi Profil Sebagai Material Struktural

Jika Anda membutuhkan besi profil untuk kebutuhan konstruksi, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi profil di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu