Besi Strip adalah? Kenali Jenis dan Fungsinya!

besi strip KPS Steel distributor besi pulau jawa dan bali

Proses pembuatan konstruksi bangunan membutuhkan banyak sekali komponen dan material seperti baja dan besi. Besi strip adalah salah satu material besi yang banyak dibutuhkan dalam pembuatan konstruksi bangunan. 

Tidak hanya digunakan untuk membuat konstruksi, besi strip juga banyak dipakai untuk membuat perabotan rumah atau furniture. Lalu, apa itu besi strip dan apa saja fungsinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Besi Strip adalah?

Besi strip atau juga sering disebut dengan plat strip adalah batang besi yang memiliki bentuk kotak panjang dan gepeng. Plat strip biasanya terbuat dari bahan seperti tembaga, stainless steel, ataupun baja. 

Jenis besi ini memiliki kadar karbon yang rendah dan lebih sering digunakan pada konstruksi ringan seperti pagar atau rangka atap.

Besi strip memiliki ketebalan yang bervariasi yaitu sekitar 2 mm sampai 60 mm dengan variasi lebar mulai dari 10 mm sampai sekitar 600 mm. Adapun panjang besi ini yaitu mulai dari 2 m sampai 6 m. 

Besi ini memiliki sejumlah kelebihan diantaranya yaitu 

  • Tahan lama dan anti korosi. Untuk plat strip yang dilapisi dengan stainless steel atau galvanis, plat strip besi bersifat anti korosi atau tidak mudah berkarat sehingga bisa lebih tahan lama.
  • Kokoh dan kuat. Meskipun memiliki ketebalan tipis namun plat strip ini sangat kokoh terutama yang terbuat dari baja sehingga aman jika digunakan sebagai penyangga langit-langit atau rangka atap.
  • Mudah dibentuk. Besi strip cenderung tipis sehingga mudah sekali dipotong dan dibentuk menggunakan las sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. 
  • Harganya terjangkau. Besi ini juga memiliki harga yang relatif murah dibandingkan jenis besi lain dan sangat mudah ditemukan di berbagai distibutor besi. 
  • Tersedia berbagai ukuran. Besi strip memiliki berbagai ukuran sehingga Anda mempunyai banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. 

Dengan beragam kelebihan tersebut tak heran jika banyak sekali yang menggunakan besi ini baik untuk membuat perabotan, keperluan otomotif atau konstruksi bangunan.

Jenis-jenis Besi Strip

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan besi strip baik untuk konstruksi ataupun furniture, Anda perlu mengetahui jenis-jenis besi strip. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda bisa memilih jenis dan ukuran plat strip yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut jenis-jenis dari besi strip berdasarkan bahan pembuatnya.

  • Plat Strip Hitam

Plat hitam adalah plat besi berwarna hitam polos yang biasa digunakan untuk pembuatan konstruksi, pipa atau tangki. Besi ini memiliki ketebalan yang tipis yaitu sekitar 0,7 mm sampai 200 mm mirip seperti triplek.

Adapun ukuran besi strip hitam yaitu sekitar 120 cm x 240 cm. Bagi Anda yang sedang mencari plat strip hitam berkualitas, Anda bisa mendapatkannya melalui KPS Steel. 

  • Besi Strip Baja

Baja besi strip adalah plat strip yang terbuat dari bahan baja. Baja memang sudah terkenal kokoh, kuat, dan tahan terhadap tekanan dan beban sehingga sangat cocok digunakan untuk pembuatan bangunan atau pada industri otomotif. 

  • Besi Strip Tembaga 

Selanjutnya ada besi strip yang dilapisi dengan bahan tembaga. Bahan tembaga sangat cocok digunakan untuk pembuatan industri listrik atau elektronik karena dapat menghantarkan listrik dengan baik. 

  • Besi Strip Galvanis

Besi strip jenis ini dilapisi dengan bahan seng atau galvanis yang tahan korosi atau tidak mudah berkarat. Plat besi ini biasanya digunakan pada pembuatan rangka atap maupun material kontruksi bangunan.

  • Besi Strip Aluminium

Jenis strip besi ini dibuat dari material berbahan aluminium. Karena terbuat dari bahan alumunium, strip besi ini tahan karat, tahan panas dan cenderung lebih ringan. 

  • Besi Strip Stainless Steel

Terakhir ada besi strip yang terbuat dari bahan stainless steel. Bahan stainless steel tahan terhadap korosi sehingga besi bisa awet sampai bertahun-tahun. 

Fungsi Besi Strip

Besi strip adalah besi yang memiliki bentuk seperti papan kayu yang panjang dan pipih. Besi ini tidak hanya digunakan pada konstruksi bangunan namun bisa juga digunakan untuk pembuatan perabotan. Berikut beberapa fungsi besi strip.

  • Sebagai Bahan Pembuatan Perabotan

Pertama, Anda dapat menggunakan besi strip untuk membuat furniture seperti kursi, meja, rak, ataupun sebagai teralis pada jendela, pintu, dan furniture lainnya. 

Besi strip sangat kokoh dan dapat memberikan ketahanan pada furniture di rumah Anda sehingga lebih tahan lama. Agar lebih menarik, Anda bisa mengecat besi strip dengan warna cat sesuai dengan selera Anda.

  • Sebagai Bahan Pembuatan Tangga

Berikutnya Anda juga bisa menggunakan besi strip untuk membuat bordes atau railing tangga rumah Anda. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan karena besi ini tergolong kokoh dan tahan terhadap tekanan. 

Besi strip dapat dibentuk dengan mudah sehingga Anda bisa membuat desain railing sesuai dengan selera Anda. Kemudian Anda bisa mengecatnya dengan warna sesuai desain interior rumah Anda. 

Penggunaan besi strip pada railing tangga bisa memberikan kesan minimalis dan kokoh.

  • Sebagai Pagar 

Selain dapat digunakan untuk pembuatan railing, besi strip juga bisa digunakan untuk pembuatan teralis pagar. Sama seperti untuk pembuatan railing tangga, Anda juga bisa membuat desain teralis yang menarik seperti vertikal, artistik, dan sebagainya. 

Besi strip adalah besi yang tahan terhadap korosi sehingga pagar Anda tidak akan mudah rusak dan tahan lama meski sering terkena air hujan ataupun panas matahari. 

  • Sebagai Hiasan atau Aksesoris

Berikutnya Anda bisa membuat hiasan atau ornamen rumah dengan menggunakan besi strip. Beberapa contohnya seperti membuat rak hias, rak pot bunga, rak handuk, penyangga rak buku, dan ornamen lainnya. 

Anda bisa menggunakan besi strip untuk menjadi rak secara keseluruhan atau mengkombinasikannya dengan kayu.

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Plat Besi dengan Mudah dan Akurat

  • Sebagai Rangka Atap dan Kanopi

Pembuatan rangka atap rumah tidak hanya bisa menggunakan kayu namun juga bisa menggunakan besi. 

Besi strip adalah material yang kokoh dan tahan karat sehingga Anda bisa membuat rangka atap rumah Anda dengan menggunakan besi ini. 

Selain digunakan sebagai rangka atap, Anda juga bisa menggunakan besi strip sebagai rangka atap kanopi rumah Anda. Anda bisa mengkombinasikan rangka besi ini dengan atap berbahan kain, alderon, kaca, dan sejenisnya.

Selain fungsi di atas, Anda juga bisa menggunakan besi strip sesuai dengan kebutuhan Anda yang lain. 

Lengkapi kebutuhan besi strip Anda bersama supplier besi dan baja terpercaya KPS Steel. KPS Steel adalah distributor Besi Pulau Jawa dan Bali yang menyediakan beragam jenis besi termasuk besi strip baik untuk keperluan konstruksi, perabotan maupun ornamen.

KPS Steel menyediakan besi strip dengan beragam ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan dan deskripsi produk, Anda bisa hubungi kami

Pelajari beragam informasi terkini seputar besi dan konstruksi bangunan melalui artikel KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait