Tabel Ukuran Pipa Besi Hitam KPS Steel untuk Segala Kebutuhan

Tabel Ukuran Pipa Besi Hitam KPS Steel untuk Segala Kebutuhan KPS Steel distributor besi jakarta

Dalam pembahasan kali ini kami akan menyajikan tabel ukuran pipa besi hitam yang kegunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika pada kebutuhan rumahan jenis pipanya dari plastik, maka untuk kepentingan bangunan besar, seperti pabrik pipanya besi.

Biasanya penggunaan jenis material ini untuk mengalirkan gas maupun air untuk kepentingan tertentu. Biasanya pemasangan material satu ini dikubur di dalam tanah dan dapat dipastikan bahwa materialnya tahan terhadap berbagai serangan teknis/ non teknis.

Tabel Ukuran Pipa Besi Hitam KPS Steel

Dalam rangka mendukung proses pembangunan di lapangan, Anda harus memilih pipa dengan ukuran akurat. Informasi terkait keakuratan tersebut mesti disesuaikan dengan kebutuhan dan informannya bisa langsung dari pekerja ahli di lapangan.

Sebagai informasi lebih jelas, kami sajikan berbagai dimensi melalui tabel ukuran pipa besi hitam secara lengkap. Adapun keterangan dimensi tersebut meliputi angka-angka berikut ini:

Ukuran OD (mm) Tebal (mm) Berat Tanpa Soket (Kg/M) Berat dengan Soket (Kg/M)
½’ 21.4 2,6 1,22 1,23
¾” 27,0 2,6 1,58 1,59
1” 33.7 3,2 2,44 2,46
1 ¼” 42,4 3,2 3,14 3,17
1 ½” 48,3 3,2 3,62 3,66
2” 60,2 3,6 5,09 5,16
2 ½” 76,0 3,6 6,52 6,64
3” 88,7 4,0 8,47 8,63
4” 113,9 4,5 12,10 12,40
5” 140,6 4,8 16,20 16,70
6” 166,1 4,8 19,20 19,80
         

Berbagai informasi dari tabel ukuran pipa besi hitam tersebut dapat menjadi referensi jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika melakukan proses konstruksi untuk bangunan besar, tentu kesalahan harus dibuat seminimal mungkin bahkan tidak ada.

Kepentingan pemasangan pipa untuk mengalirkan selain air dan penempatannya di bawah tanah menjadi tantangan tersendiri. Tantangan tersebut harus menjawab atau memberikan solusi agar material dapat tahan terhadap berbagai resiko kerusakan di bawah tanah.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pipa Baja di Berbagai Jenis Industri

Fungsi Pipa Besi Hitam dalam Dunia Konstruksi

Sebagai salah satu material pembangunan, tentu benda yang satu ini memiliki peranan penting. Baik tujuan konstruksinya untuk keperluan hunian maupun bangunan komersial dan lainnya, size tepat menjadi kunci kecepatan pekerja di lapangan.

Kegunaan atau fungsinya dalam bidang konstruksi adalah untuk membantu pengaliran cairan dan gas. Detailnya, peranan penting dari berbagai dimensi dari tabel ukuran pipa besi hitam adalah:

1. Media Pengaliran Air

Air merupakan satu hal yang sangat penting dan penggunaannya bisa untuk membersihkan tubuh, benda, maupun sebagai air minum. Berbeda dengan pemasangan pipa biasa pada bangunan pemukiman, untuk pabrik membutuhkan material khusus berbahan dasar besi.

Air adalah kebutuhan utama semua manusia. Baik untuk kepentingan rumah tangga maupun kepentingan lainnya. Untuk itu, di rumah maupun di kantor, instalasi pipa air mesti diperhatikan betul agar tidak mudah mengalami kerusakan atau istilahnya minim perawatan.

Mendapatkan sumber air jernih merupakan sebuah keberuntungan ketika Anda membangun konstruksi di perkotaan. Keberuntungan tersebut harus diimbangi dan dijaga dengan pemilihan material terbaik supaya tidak mengurangi manfaatnya.

2. Media pengaliran Oli

Beberapa pabrik juga barangkali membutuhkan oli untuk mendukung kerja maksimal mesin. Semakin berkualitas pilihan material yang dipilih maka semakin terjamin keamanan pengaliran oli dari satu sumber ke berbagai tempat lainnya.

Jika oli digunakan untuk kelancaran mesin maka saat keliru memilih pipanya dapat berbahaya bagi banyak orang. Jadi, pastikan memilih keseluruhan material berkualitas sejak awal.

3. Media Pengaliran Gas

Terakhir, bisa berbagai tabel ukuran pipa besi hitam dapat menjadi media pengalir gas yang baik. Gas berbahaya sekalipun akan aman mutasinya setelah Anda memasang material tepat untuk bangunan. Ketepatan memilih gas sama dengan upaya mengamankan semua orang.

Untuk mengalirkan air, gas, dan juga oli, pihak konstruksi pabrik dapat memanfaatkan pemasangan pipa besi hitam melalui tangan ahli di lapangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir berlebih setelah mempercayakan semuanya kepada ahlinya.

Selain menjalankan peranan utamanya, ternyata material ini juga kerap dimanfaatkan untuk menyangga lampu jalanan. Selain itu, penggunaannya juga tepat sebagai penyangga bangunan, seperti rumah maupun bangunan lainnya.

Jenis material satu ini juga bisa Anda gunakan untuk menyangga kanopi selayaknya ketika digunakan untuk menyangga tiang lampu. Berbagai informasi dimensi dari tabel ukuran pipa besi hitam di atas dapat menjadi acuan memilih material yang tepat.

Setiap pembangunan tentunya membutuhkan dimensi berbeda, semua disesuaikan dengan kepentingannya masing-masing. Jika awam dan bingung memilih ukuran tepat maka Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya dan pastikan ahli tersebut juga dapat dipercaya.

Dalam istilah konstruksi, untuk menyatakan ketebalan pipa disebut dengan istilah schedule. Berbagai jenis ketebalan atau schedule ini dibedakan menjadi tiga jenis, pertama jenis standard, kedua ekstra strong atau XS, dan ketiga double ekstra strong atau XXS.

Para kontraktor besar pasti sudah tidak asing dengan jenis material satu ini. Penggunaannya yang sangat fungsional untuk kepentingan bangunan besar membuat pipanya digemari oleh banyak kontraktor. Karena dapat membantu kerja kontraktor dengan efektif di lapangan.

Melalui berbagai dimensi yang sudah dijelaskan tersebut, Anda dapat mencari tahu jenis paling cocok untuk mendukung proses pembangunan. Kami hadirkan tabel ukuran pipa besi hitam KPS Steel sebagai referensi sebelum Anda membeli salah satunya.

Jika Anda tertarik untuk membeli pipa besi hitam untuk berbagai keperluan konstruksi, pastikan memilih KPS Steel. KPS Steel menyediakan beragam jenis besi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk info selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pipa Schedule dan Medium yang Perlu Diketahui

Anda juga dapat mengikuti informasi terkini seputar dunia konstruksi melalui blog KPS Steel. Lakukan pemesanan secara online untuk produk yang Anda butuhkan melalui link ini.

Bagikan Artikel :
Menu