Inspirasi Partisi Ruangan dari Besi Hollow, Cara Pasang dan Harganya

Partisi Ruangan dari Besi Hollow KPS Steel distributor besi jkarta

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan partisi ruangan dari besi hollow? Untuk saat ini ada berbagai macam desain sekat atau partisi ruangan yang menarik untuk Anda terapkan di hunian Anda.

Pada dasarnya partisi digunakan untuk memisahkan satu ruang dengan ruangan lainnya. Partisi dapat dibentuk dengan berbagai macam bahan, yang salah satunya yaitu besi hollow.

Selain untuk memisahkan ruangan, partisi juga digunakan sebagai penghias interior rumah. Anda bisa mendesain sekat sendiri atau dibangun berdasarkan desain yang direkomendasikan.

Ragam Jenis Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Partisi yang dibuat oleh designer interior biasanya lebih menarik, dan unik. Hal ini karena sudah disesuaikan dengan tema atau konsep dari hunian Anda. Berikut ini, beberapa inspirasi desain partisi yang direkomendasikan untuk Anda terapkkan di hunian Anda.

1. Partisi Ruangan dari Kaca

Desain partisi ruangan dari besi hollow yang sering ditemukan biasa dilengkapi dengan kaca. Orang suka menggunakan kaca karena tampilannya tampak elegan dan mewah.

Selain itu partisi kaca juga lebih kuat dan tidak mudah rusak karena tebal. Biasanya partisi ini ditemukan di lobi atau ruangan kantor untuk memberikan kesan minimalis mewah.

Variasi desain partisi kaca juga ada banyak, sehingga Anda dapat menemukan inspirasi-inspirasi menarik. Material besi hollow digunakan sebagai kerangka dasar tempat kaca diletakkan.

2. Partisi Ruangan dari Cermin

Selain kaca, cermin juga bisa digunakan untuk model partisi ruangan dari besi hollow. Anda dapat menambahkan lampu LED ke bagian sisi cermin untuk memberikan kesan elegan.

Biasanya partisi cermin digunakan di dalam ruang make up artis, lobi kantor hingga ruangan seni. Tujuan dipasangkan partisi agar sinar dapat memantul ke seluruh bagian ruang.

Bahkan sesuai fungsi utamanya, partisi dapat digunakan untuk tempat bercermin alternatif. Banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan partisi cermin.

3. Partisi Ruangan dari Besi

Untuk partisi ruangan dari besi hollow, Anda dapat menggunakannya sebagai pembatas antar ruang. Partisi lebih simpel dan unik karena terdapat rongga untuk menyesuaikan ruang.

Karena bentuknya berongga, partisi bisa di dekorasi dengan furnitur lain. Bahkan kombinasi partisi besi dengan kayu, glasswool atau multiplek juga terlihat bagus saat diaplikasikan.

4. Partisi Ruangan dari Rotan

Jika  Anda ingin menonjolkan kesan alami, penggunaan partisi ruangan dari rotan merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan. Rotan dapat digunakan sebagai material utama yang dianyam sebagai partisi.

Bentuknya transparan dan unik karena dibuat dengan teknik anyaman tradisional. Uniknya, partisi rotan sangat mudah diwarnai dengan cat berwarna sesuai keinginan.

Fungsi lain cat pada partisi digunakan untuk melindungi lapisan luar agar tidak dimakan rayap. Sekat rotan lebih cocok digunakan untuk dekorasi dalam rumah sebagai pemisah ruangan.

5. Partisi Ruangan dari Kayu

Jenis partisi ruangan yang terakhir yaitu kombinasi dengan kayu. Bentuk partisi bisa menyerupai dinding ruangan, rak buku hingga tempat penyimpanan pribadi.

Untuk kombinasi kayu, partisi bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan besi hollow untuk kerangka dasar sekat yang nantinya akan disesuaikan dengan desain Anda.

Banyak inspirasi desain partisi kayu yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah tampak lebih elegan. Pastikan Anda dapat menyesuaikan ukuran partisi dengan kondisi ruangan.

Jenis-jenis Partisi Ruangan Besi Hollow

Pada dasarnya partisi ruangan dapat dibedakan menjadi 2 kategori pemasangan. Untuk lebih jelas, berikut ini penjelasan singkat mengenai partisi permanen dan non permanen.

1. Partisi Permanen

Partisi ruangan dari besi hollow permanen dipasang mengikuti ukuran rumah Anda. Contoh partisipasi permanen adalah desain kaca, cermin dan kayu yang di gypsum dindingnya.

Anda tidak bisa menggeser, mengubah atau memodifikasinya jika sudah dipasang secara permanen. Jika ingin mengubah, teknisi harus membongkar partisi untuk memodifikasi sekatnya.

2. Partisi Non Permanen

Partisi non permanen bisa dipindah, dimodifikasi dan didekorasi sesuka hati Anda. Biasanya partisi rotan dan besi ringan bisa dibuat non permanen agar fleksibel penempatannya.

Dari segi kegunaan, partisi non permanen bisa menjadi dekorasi, backdrop, tempat pemisah event indoor dan penyimpanan alat sementara.

Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis, Harga, Jenis, dan Fungsinya

Cara Pasang Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Sebelum memasang, Anda harus memperhatikan cara pemasangan partisi berikut ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah elevasi plafon, tepi plafon, rangka gypsum dan compound.

1. Tentukan Elevasi Plafon

Garis titik instalasi partisi disesuaikan di sini. Anda bisa menentukan titik paku kait yang akan menjadi tempat rangka besi hollow. Dengan clip dan hanger, pastikan posisinya tegak lurus.

2. Pasang Rangka Tepi Plafon

Rangka tepi plafon dipasang menyesuaikan titik instalasi. Pemasangan partisi ruangan dari besi hollow rangka utama dan pembagi dilakukan dengan menggunakan pengunci clip.

3. Pasang Papan Gypsum

Pemasangan gypsum dilakukan dengan menyesuaikan rangka utama dan pembagi. Pastikan Anda lihat sambungan kerangka agar bisa dikencangkan dengan sekrup dan mesin bor.

4. Berikan Compound

Pemberian compound dilakukan setelah papan gypsum terpasang di kerangka besi hollow. Jangan lupa amplas, cat dan beri dekorasi agar partisi terlihat bagus.

Ragam Harga Partisi Ruangan

Berbagai jenis partisi bisa Anda beli secara langsung dari toko furnitur. Untuk partisi kaca 10mm bisa dihargai Rp 720.000 sampai Rp 5.000.000 tergantung desainnya.

Ada juga rak susun besi hollow dengan harga Rp 125.000 dengan tampilan minimalis. Untuk sekat partisi mewah berbahan besi penuh dihargai Rp 4.000.000 sampai Rp 7.000.000.

Ragam jenis harga partisi bisa Anda sesuaikan dengan anggaran dana dekorasi pribadi. Pastikan material besi hollow untuk membuat kerangka partisi hunian Anda berasal dari KPS Steel.

Jika Anda tertarik untuk membeli besi hollow, KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta menyediakan beragam jenis besi, termasuk besi hollow yang dapat melengkapi berbagai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Tabel Besi Hollow SNI: Jenis dan Ragam Kegunaannya

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu