Cara Mengelas Besi Hollow Agar Kuat dan Tidak Bolong

cara-mengelas-besi-hollow-KPS-Steel-Distributor-besi-jakarta

Cara Mengelas Besi Hollow

Bagi Anda yang terbiasa berkutat dengan alat-alat bangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan besi hollow. Karena material ini sangat umum digunakan dalam banyak konstruksi, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Walaupun demikian, cara mengelas besi hollow tidak bisa sembarangan, lho! Diperlukan teknik tertentu dalam mengelas besi hollow.

Dengan teknik yang benar, besi akan tersambung dengan baik tanpa celah, seperti lubang halus. Bagaimana cara mengelas besi hollow yang baik dan tepat supaya tidak menghasilkan lubang? Simaklah artikel berikut ini selengkapnya!

Baca Juga: Perbedaan Hot Rolled Steel dengan Cold Rolled Steel

Langkah-Langkah Mengelas Besi Hollow

Cara mengelas besi hollow sebenarnya tidak begitu sulit namun Anda perlu mempersiapkan beberapa alat. Berikut alat-alat yang Anda butuhkan dalam mengelas besi hollow.

Bahan-Bahan yang Perlu Dipersiapkan

1. Besi Hollow yang Akan Disambungkan

Pastikan untuk memilih besi dengan kualitas terbaik, untuk memudahkan proses pengelasan atau penyambungan.

2. Besi Lain untuk Percobaan

Dapat digunakan untuk tes pengelasan pertama kali, sekedar mengecek las listrik yang akan digunakan. Sehingga jika terjadi korsleting atau kesalahan lain, maka hal itu tidak akan merusak besi hollow yang anda miliki.

3. Las Listrik

Gunakan las yang paling mudah penggunaannya, dan juga memiliki komponen mesin yang masih memungkinkan untuk digunakan.

4. Sumber Listrik yang Memadai

Pastikan sumber listrik yang akan digunakan memiliki daya yang mencukupi, dan dapat dijangkau dengan mudah. Jika memang stopkontak jauh, anda bisa mengakalinya dengan memasang kabel sambungan.

5. Elektroda / kawat untuk las listrik

Sediakan sesuai kebutuhan, tergantung banyaknya besi hollow yang akan disambung. Untuk setiap satu sambungan dengan ukuran 5 x 5 sentimeter, umumnya membutuhkan sebuah atau dua buah elektroda.

6. Gerinda tangan / Gergaji tangan

Fungsinya adalah untuk menghaluskan atau membersihkan bagian ujung besi hollow yang akan disambung, sehingga akan menghasilkan sambungan yang terbaik.

7. Meteran dan Pensil Besi

Digunakan untuk mengukur panjang besi yang akan disambung, dan penanda supaya besi yang akan disambung memiliki ukuran yang tepat dan presisi.

8. Safety Kit (Kacamata, Masker, Sarung Tangan, dll)

Dengan adanya alat-alat ini, diharapkan proses pengelasan berlangsung lebih aman dan tidak membahayakan untuk orang yang melakukan proses ini.

Tata Cara Mengelas Besi Hollow

Jika seluruh peralatan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan baik, maka anda dapat langsung masuk ke cara mengelas besi hollow sebagai berikut.

  1. Sebelum memulai mengelas besi hollow, terlebih dahulu kenakan safety kit untuk menjamin keamanan kerja.
  2. Hubungkan gerinda listrik dengan sumber listrik yang terdekat dan bisa diakses dengan mudah.
  3. Lakukan pengecekan kualitas pada besi hollow yang akan disambungkan. Ukur bagian yang akan disambung dan lakukan pemotongan seperlunya. Jangan lupa untuk menghaluskan atau merapikan bagian ujungnya mengggunakan gerinda.
  4. Pasang las listrik serta pasangkan kawat pada tempatnya, kemudian hubungkan pada sumber listrik. Jangan lupa mengecek las listrik pada posisi off sebelum dihubungkan dengan stop kontak. Lakukan pengelasan pada besi yang akan dijadikan percobaan terlebih dahulu.
  5. Setelah selesai melakukan proses pengetesan, anda bisa langsung mulai mengelas pada besi hollow yang akan disambung. Lakukan proses pengelasan dengan teknik tiga titik ukuran kecil, kemudian dibalik dan dilas lagi. Lakukan cara ini pada semua sisi besi hollow tersebut.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan bagian yang kurang halus, supaya hasil sambungannya bagus dan sempurna. Lakukan semua cara ini pada besi lainnya.

Mengelas besi hollow memang memiliki tingkat kesulitan medium. Tapi jika dilakukan dengan benar, maka hasil yang maksimal tentu akan didapatkan. Nah, jika Anda ingin beli besi berkualitas kunjungi saja KPS Steel distributor besi terbaik dengan jaminan kualitas dari produknya. Demikianlah penjelasan mengenai cara mengelas besi hollow dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Rahasia Merawat Rangka Atap Agar Kuat dan Awet

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu