Perbedaan Hot Rolled Steel dan Cold Rolled Steel

perbedaan-hrc-dan-crc-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Perbedaan Hot Rolled Steel dan Cold Rolled Steel

Banyak orang masih awam apa perbedaan baja hitam (hot rolled steel) dan baja putih atau yang disebut dengan cold rolled steel. Sehingga kerap kali keduanya dianggap sama padahal ada banyak perbedaan mendasar. Di Indonesia sendiri sering disebut dengan istilah HRC dengan CRC agar lebih mudah dalam penyebutan. Kalau Anda ingin membeli baja secara langsung maka bisa menggunakan istilah tersebut untuk penyebutannya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Model Jendela Teralis Besi Ulir Untuk Hunian Anda

Namun sebelum Anda melakukan pembelian akan lebih baik jika memahami hal-hal yang mendasari perbedaan keduanya. Agar tidak salah membeli sesuai kebutuhan dan bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Beberapa Perbedaan Mendasar HRC dengan CRC

Dari banyaknya perbedaan yang ada antara hot rolled steel dengan cold rolled steel berikut dirangkum 5 poin penting. Tujuannya agar Anda lebih mudah memahami perbedaan yang ada dengan lebih sederhana.

1. Perbedaan Pengertian Dasar

Sebelum membahas lebih mendalam tentang perbedaan keduanya tidak ada salahnya memahami dari pengertian. Hal ini sebagai informasi penting terutama bagi Anda yang belum pernah membeli kedua produk ini. HRC adalah salah satu jenis produk baja yang sering kali disebut dengan baja gulungan hitam. Memiliki fungsi tersendiri dalam bentuk gulungan jelas berbeda dengan produk baja yang biasa Anda temukan.

Sedangkan CRC adalah produk baja yang terkenal dengan sebutan baja gulungan putih. Merupakan plat baja tanpa menggunakan lapisan dan banyak ditemukan untuk digunakan dalam berbagai jenis industri.

2. Dari Proses Pembuatan

Kerap kali spesifikasi atau grade dari kedua produk ini dianggap sangat berbeda padahal sebenarnya sama. Perbedaan paling mendasar sebenarnya hanya ada pada proses pembuatannya sehingga sangat menarik diketahui. Proses pembuatan hot rolled steel adalah dengan menggunakan suhu sangat tinggi. Sedangkan CRC dalam proses pembuatannya menggunakan suhu lebih rendah bahkan mendekati suhu ruangan dengan proses anil setelahnya.

Sebenarnya CRC merupakan proses selanjutnya dari HRC ketika sudah didinginkan kemudian di proses ke tahap anil. Karena prosesnya lebih panjang membuat CRC memiliki kekuatan lebih hingga mencapai 20%.

3. Perbedaan dari Segi Kelebihan

HRC dalam proses produksinya membutuhkan biaya lebih rendah, sifat fisik jauh lebih baik dan dapat dicat atau dilapisi galvanis. Sangat cocok untuk proyek tidak terlalu mementingkan permukaan dan kekuatan material. CRC sangat cocok digunakan dalam pengerjaan proyek yang mengutamakan estetika dan daya tarik visual. Sangat mudah dibentuk, sifat fisiknya lebih baik namun dapat menyebabkan lengkungan karena sifatnya.

4. Perbedaan Penggunaan

Contoh penggunaan CRC secara umum untuk peralatan rumah tangga, perabotan logam, struktural pesawat terbang, peralatan listrik. Juga dipakai untuk automotive body parts, automotive oil filter dan masih banyak lainnya. Sedangkan contoh penggunaan hot rolled steel antara lain gas cylinder/LPG Bottle, Ship Plate & Buildings. Automotive parts & frames, containers, boiler & pressure vessels, general pipe & tubes dan lainnya.

5. Perbedaan Harga Pasar

Mengetahui kisaran harga pasar sangat penting agar Anda bisa tahu berapa harga wajarnya. Dari segi harga pasar sudah pasti ada perbedaan dimana yang CRC harganya jauh lebih mahal dibanding HRC. Untuk CRC atau baja gulungan putih harga di pasaran sekitar Rp 9.500 – Rp 10.500. Dengan ketebalan bajanya sendiri antara 0,20 – 3,00 mm dan lebar 762 – 1.250 mm.

Sedangkan untuk baja gulungan hitam dipatok dengan harga pasar sekitar Rp 8.500 – Rp 9.500. Ketebalan dimiliki ada 3 pilihan yaitu kurang dari 2 mm, 2-3 mm dan diatas 3 mm. Jika Anda ingin membeli HRC dan CRC berkualitas tanpa takut adanya penipuan maka percayakan kepada KPS Steel. Sebagai distributor terpercaya kami menyediakan hot rolled steel dan cold rolled steel lengkap.

Baca Juga: 5 Rahasia Merawat Rangka Atap Agar Kuat dan Awet

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu