Ini Loh Keunggulan Besi Galvanis yang Perlu Anda Ketahui

ini-loh-keunggulan-besi-galvanis-yang-perlu-anda-ketahui

Semua orang menginginkan bangunan yang kokoh dan tahan lama terhadap berbagai kerusakan.

Tentunya, bangunan yang kuat tersusun atas beragam material berkualitas. Salah satunya adalah besi sebagai material utama dalam pembuatan struktur dan juga kerangka bangunan. Dalam bidang pembangunan, jenis besi ada beragam, dan yang paling banyak digunakan adalah besi jenis galvanis.

Galvanis sendiri sebenarnya merupakan bahan pelapis yang terbuat dari zink atau seng yang melapisi permukaan baja, besi, ataupun logam lainnya yang difungsikan untuk memberikan manfaat yang lebih pada konstruksi bangunan dibandingkan tanpa dilapisi oleh galvanis. Bahan bangunan dengan jenis galvanis ini akan membuat konstruksi menjadi lebih terlindungi dari proses pengkaratan, serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Berikut Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

Keunggulan Besi Galvanis untuk Konstruksi Bangunan

Dalam penerapannya, jenis besi galvanis memiliki segudang manfaat yang menunjang bangunan agar kokoh dan tahan lama. Untuk itulah, anda perlu mengetahui beberapa keunggulannya berikut ini:

1. Tahan Lama

Jenis besi ini bersifat tahan terhadap kerusakan apapun karena sifatnya yang melindungi material yang dilapisinya. Oleh karena itu, bangunan yang menggunakan galvanis ini akan tahan lama hingga berpuluh-puluh tahun. 

Untuk bangunan yang dibangun di wilayah perkotaan, besi jenis ini mampu bertahan 20-25 tahun. Sedangkan jika dibangun di wilayah perdesaan, maka akan punya daya tahan lebih lama lagi, yakni hingga 50 tahun. Hal ini disebabkan karena paparan polusi serta kerusakan yang diterima bangunan pada wilayah perkotaan akan berbeda dengan yang ada di wilayah perdesaan. Dalam hal ini, secara tidak sengaja juga akan mengurangi biaya yang keluar untuk perbaikan dari kerusakan yang ada.

2. Harga Galvanis Terjangkau

Dikarenakan jenis besi galvanis ini sifatnya tahan lama, maka tidak banyak biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan perawatan. Pembuatan awal yang praktis dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak juga menjadi alasan jenis besi ini lebih murah dan banyak digunakan untuk pembuatan konstruksi bangunan.

Selain itu, jenis hargapun juga tergantung dari ukuran besi yang digunakan. Semakin tebal besi, maka akan semakin besar harganya.

3. Galvanis Tahan terhadap Karat

Seperti halnya material besi pada umumnya, biasanya mengalami proses pengkaratan apabila dalam kurun waktu yang lama. Namun, lain halnya dengan besi galvanis ini. Sifatnya yang melindungi material yang dilapisinya, membuatnya mampu tahan terhadap karat. Dengan demikian, jenis besi ini biasanya tidak hanya digunakan sebagai bahan utama dalam konstruksi bangunan saja, melainkan juga digunakan pada konstruksi tiang listrik dan saluran air.

3. Material Kuat

Besi jenis galvanis merupakan salah satu material terkuat yang berkualitas untuk digunakan sebagai pondasi awal bangunan ataupun untuk kerangka bangunan itu sendiri karena tidak mudah rusak oleh tekanan dan berbagai perubahan suhu. Ketika proses perakitanpun, jenis besi ini tidak mudah mengalami kerusakan.

Sifatnya yang tahan terhadap benturan menjadikannya sebagai bahan yang cocok untuk berbagai jenis bangunan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah massanya yang berat, sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk mengangkatnya.

4. Galvanis Bisa untuk Dekorasi

Walaupun tergolong sebagai material penyusun konstruksi bangunan, sebenarnya jenis besi galvanis juga bisa diterapkan untuk pembuatan konponen bangunan ataupun interior pelengkap yang fungsinya sebagai dekorasi ruangan seperti pintu, pagar, rak buku, meja, dan lain-lain. Warna perak alami yang dihasilkan membuatnya terlihat lebih artristik dan cocok dijadikan sebagai penghias suatu ruangan agar lebih indah. 

Itulah beberapa kelebihan dari jenis besi galvanis untuk keperluan konstruksi bangunan yang anda inginkan. Selalu tetapkan pilihan terbaik untuk bangunan anda, mulai dari kulitas, harga, hingga manfaat yang diberikan. 

Baca Juga: Kenali Yuk, Perbedaan Besi Wiremesh Dengan Besi H Beam

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi galvanis kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu